Mohon tunggu...
KKN KARANGREJO UM
KKN KARANGREJO UM Mohon Tunggu... Desainer - KKN UM 2020

KKN UM Desa Karangrejo 2020

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa KKN Sinambung UM Menggali Potensi Bisnis Jamu Desa Karangrejo Melalui Panduan Pemasaran Jamu Secara Online

24 Juni 2020   22:33 Diperbarui: 24 Juni 2020   22:31 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sinambung Universitas Negeri Malang (UM) yang berada di Desa Karangrejo, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang menggali potensi cikal bakal Desa Wisata Edukasi Jamu Karangrejo dengan membuat sebuah panduan pemasaran jamu secara online.

Memperluas jaringan sangat penting dalam bisnis, karena dapat lebih menjamin keberlangsungannya di masa yang akan datang. Desa Karangrejo dilirik keberadaannya sebagai penghasil jamu yang berada di Kabupaten Malang. 

Buku panduan ini memiliki 3 poin hal penting untuk membantu masyarakat desa mengembangkan teknik pemasarannya secara mandiri, yaitu cara membuat media promosi yang menarik melalui video dan foto produk, cara membuat akun bisnis pada aplikasi Instagram dan Shopee, cara membuat caption bisnis di Instagram dan Shopee.

Penyusunan panduan yang dibimbing oleh Fahrial Amiq S.Or,M.Pd ini dilakukan dengan cara mengumpulkan referensi yang paling relevan, baik dari sumber internet, buku, maupun lainnya. 

Kemudian para penyusun saling menanggapi sub materi yang sudah mereka susun, apakah mudah diterima atau jusru sebaliknya. Karena pada dasarnya panduan bertujuan agar masyarakat secara mandiri pengembangan potensinya di bidang pemasaran. Badan Usaha Masyarakat Desa (Bumdes) Karangrejo juga ikut ambil bagian dalam membimbing para penyusun.

Dalam penjualan sebuah produk perlu adanya media promosi yang mendukung untuk menjadi daya Tarik konsumen terhadap produk yang dijual. Membuat promosi yang menarik ini menggunakan beberapa media penunjang seperti aplikasi editing video dan editing foto yang dapat digunakan dengan mudah dan dapat dijangkau di handphone android. 

Aplikasi yang digunakan sangat bermacam-macam, Namun yang paling direkomdasikan dan paling mudah digunakan adalah aplikasi canva untuk membuat promosi pamflet dan kine master untuk meng edit video promosi. 

Tidak hanya itu di buku panduan ini terdapat cara mengambil foto dan video yang baik terhadap produk yang akan dipromosikan dan juga terdapat tutorial cara menggunakan aplikasi yang sudah direkomdasikan tersebut. 

Panduan membuat promosi ini akan sangat membantu karena terdapat beberapa cara dan teknik membuat media promosi yang akan mudah diaplikasikan oleh masyarakat di desa karangrejo.

Pembuatan akun media sosial Shopee dan Instagram sangat membatu untuk mempromosikan produk diera sekarang ini. Salah satu poin penting dari pemasaran melalui media sosial adalah kemampuannya untuk membangun dan menarik minat masyarakat.Hal ini menunjukkan bahwa salah satu manfaat media sosial adalah sebagai media promosi. 

Di dalam panduan yang sudah dibuat dijelaskan secara rinci cara pembuatan akun Instagram Bisnis dan juga akun penjual di Shopee. Diharapkan penjelasan yang diberikan dapat diterapkan dengan baik sehingga promosi jamu dapat lebih meluas dan masyarakat dapat mengenal lebih dekat jamu yang dihasilkan desa Krangrejo ini. 

Dengan menggunakan media sosial, penjual berkesempatan untuk berinteraksi dengan konsumen baru .Dari sana, Anda bisa membangun dan menarik minat konsumenmelalui komunikasi yang efektif atau konten-konten yang dibagikan. Dengan menggunakan media sosial, penjual dapat melakukan iklan atau promosi secara gratis dan masyarakat dapat dengan mudah mengetahui produk yang dijual.

Kemudian, sub materi yang terakhir adalah cara membuat caption bisnis di Instagram dan Shopee. Menyusun

'caption' yang dalam hal ini adalah keterangan produk yang dicantumkan saat mepublikasikan foto produk, tidak kalah penting perannya dalam menentukan efektifitas pemasaran secara online. 

Kedua media yang dipilih dalam materi ini yaitu (Shopee dan Instagram) memiliki cara yang berbeda. Penyusun menampilkan panduan dari masing masing media. Dengan begitu, masyarakat dapat memahami informasi penting apa saja yang diperlukan dalam memasarkan produk jamu mereka.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun