Mohon tunggu...
KKNK 198CUMEDAK
KKNK 198CUMEDAK Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

KKN KOLABORASI KELOMPOK 198 DESA CUMEDAK UNIVERSITAS JEMBER UNIVERSITAS dr SOEBANDI UNIVERSITAS ISLAM JEMBER ITS MANDALA

Selanjutnya

Tutup

Healthy

KKN Kolaborasi #2: Pemberdayaan Perekonomian Masyarakat Melalui Sosialisasi Produk Pencegah Stunting

20 Agustus 2023   15:42 Diperbarui: 20 Agustus 2023   21:12 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosialisasi Pencegahan Stunting

Melalui data yang diperoleh dari hasil survei oleh mahasiswa KKN Kolaborasi kelompok 198 di Desa Cumedak, tercatat angka stunting sebanyak 68 orang. Angka yang dapat terbilang cukup tinggi yang disebabkan dari beberapa aspek, salah satunya aspek kondisi ekonomi.

Mahasiswa KKN Kolaborasi #2 Kelompok 198 mengadakan sosialisasi Pencegahan Stunting yang dilaksanakan di Balai Desa Cumedak yang didukung oleh Bapak Kepala Desa Cumedak, Bapak Supardi Tofan Santuso bersama para Perangkat Desa, Ibu Bidan Raesa, Ibu Ahli Gizi Ratna. 

Audience yang menjadi sasaran meliputi para ibu yang memiliki anak kurang dari sama dengan 2 tahun sebanyak 12 orang dan ibu hamil kek sebanyak 8 orang. Dalam mensukseskan acara ini, seluruh peserta KKN Kolaborasi #2 kelompok 198 Desa Cumedak ikut ambil alih dalam kegiatan tersebut, mulai dari Master of Ceremony, operator, dokumentasi, hingga pemateri. Dalam pengumpulan audience peserta KKN Kolaborasi #2 kelompok 198 berkonsultasi dengan ibu bidan dan ahli gizi desa Cumedak agar mendapatkan sasaran yang tepat  (02/08).

Kegiatan Sosialisasi
Kegiatan Sosialisasi

Dalam kegiatan tersebut pemateri menjelaskan pengertian,  dampak, penyebab, hingga bagaimana cara para Ibu agar dapat mencegah terjadinya Stunting terhadap anak. Dan dalam kegiatan tersebut mahasiswa memberikan paper pre-test dan post-test serta pembagian doorprize yang bertujuan agar dapat mengukur pemahaman audience terkait stunting. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa juga mengadakan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada para audience dan diakhiri dengan pemberian PMT (Pemberian Makanan Tambahan).

Pemeriksaan Kesehatan Gratis oleh Mahasiswa KKN Kolaborasi #2 Kelompok 198
Pemeriksaan Kesehatan Gratis oleh Mahasiswa KKN Kolaborasi #2 Kelompok 198

Pembagian PMT kepada ibu hamil kek dan anak stunting
Pembagian PMT kepada ibu hamil kek dan anak stunting

Dari hasil kegiatan "Sosialisasi Pencegahan Stunting" peserta KKN Kolaborasi #2 Kelompok 198 menarik sebuah kesimpulan dari penyebab stunting yang terjadi pada desa ini yang mayoritas dikarenakan oleh faktor ekonomi. 

Untuk itu mahasiswa KKN Kolaborasi #2 di desa Cumedak melakukan sebuah kegiatan terkait pemberdayaan UMKM dengan memperkenalkan sebuah produk yang berbahan dasar daun kelor yang nantinya akan diubah menjadi produk teh yang diberi nama KEL-TEA. Dengan tujuan menghasilkan sebuah program One Village One Product, pemberdayaan UMKM melalui produk KEL-TEA ini akan sangat mendukung perekonomian masyarakat desa Cumedak. (15/08)

Praktek dan Sosialisasi Pemberdayaan UMKM dan Pelatihan Pembuatan KEL-TEA
Praktek dan Sosialisasi Pemberdayaan UMKM dan Pelatihan Pembuatan KEL-TEA

Audiens Kegiatan Sosialisasi
Audiens Kegiatan Sosialisasi

Dengan modal yang sangat relatif rendah, produksi produk KEL-TEA atau teh kelor ini akan sangat mudah dijalankan bagi masyarakat yang nantinya akan menjadi target peserta untuk dapat menjalankan usaha ini, baik itu secara perorangan maupun sekelompok masyarakat. Bahan utama berupa daun kelor yang sangat mudah dibudidayakan dan sangat mudah ditemukan ini menjadi salah satu alasan peserta KKN Kolaborasi #2 kelompok 198 yakin untuk menciptakan produk ini sebagai salah satu produk baru yang nantinya dapat dijadikan salah satu produk khas desa Cumedak.

Dukungan dari Bapak Kepala Desa Cumedak yang nantinya akan ditindaklanjuti kepada BUMDES (Budan Usaha Milik Desa) terhadap kegiatan One Village One Product ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat desa Cumedak, karena dengan suksesnya kegiatan pemberdayaan UMKM melalui program One Village One Product melalui produk KEL-TEA ini dapat mencapai target perekonomian yang tinggi. 

Ditambah lagi, para mahasiswa KKN Kolaborasi #2 Kelompok 198 juga memberikan edukasi terkait cara membranding produk dan digital marketing, sehingga dapat mempermudah masyarakat mencapai sasaran konsumen dari seluruh nusantara, wisatawan, hingga ke mancanegara.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun