Teknologi merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari di masa ini
Begitupula pada hal yang sering dilakukan dalam kegiatan sehari-hari baik untuk berbagai kebutuhan. Baik kebutuhan pribadi maupun kebutuhan lain.
Selain sebagai kebutuhan tentunya dengan adanya teknologi ini akan mempermudah pekerjaan manusia, salah satunya adalah sebagai media promosi bagi penjual, maupun bagi pemakainya untuk mempromosikan produk maupun jasa yang mereka miliki.
Dengan kemudahan itu, kkn 356 unej berkolaborasi dengan desa wisata organik, dengan menerapkan teknologi informasi sebagai salah satu cara untuk melakukan branding.
Hal tersebut bertujuan untuk mengenalkan kembali secara lebih dalam tentang desa wisata organik yang ada di desa lombok kulon. Dengan harapan dapat  mengembangkan desa wisata menjadi lebih baik lagi.
Setelah beberapa waktu berlalu KKN 356 UNEJ mengamati dan mengklasifikasikan beberapa masalah didapatkan hasil bahwa desa wisata organik yang ada "diam ditempat" dampak pandemi covid, maka dari itu KKN 356 UNEJ mengusung branding desa wisata sebagai program kerja.
KKN 356 UNEJ menemukan beberapa masalah saat melaksanakan program kerja berupa penerapan teknologi dalam branding desa wisata organik.
Salah satu permasalahan yang paling menonjol adalah SDM yang berperan sebagai pengolah masih belum mumpuni dalam penggunaan teknologi maupun branding, hal tersebut di karenakan kurangnya informasi serta pengalaman dari SDM.
Sehingga dengan permasalah tersebut, kkn 356 berusaha untuk mengatasinya dengan melatih sdm yang ada agar dapat mengolah secara mandiri setelah masa bakti KKN 356 UNEJ usai.
Dalam pelatihan yang dilakukan tentunya tidak selalu berjalan mulus, KKN 356 UNEJ masih menemui beberapa kendala, seperti perangkat yang tidak memadai, jaringan yang tidak stabil, dan SDM yang masih gagap teknologi.
Akan tetapi KKN 356 UNEJ masih terus berusaha untuk mengatasi keterbatasan yang ada. Salah satunya adalah dengan tetap berusaha melatih SDM yang ada, hingga SDM mampu mengoperasikan secara mandiri media sosial untuk kegiatan promosi.
kurang lebih 3 minggu KKN 356 UNEJ melatih sdm yang ada, didapatkan hasil yang cukup signifikan.
Dimana SDM yang mulanya tidak tahu sama sekali tentang branding dan masih gagap teknologi kini sudah mampu mengimplementasikan bagaimana seharusnya kegiatan promosi dilakukan untuk menarik pengunjung dengan menggunakan teknologi informasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H