Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara tentunya memberikan dampak besar terhadap seluruh aspek kehidupan masyarakat. Salah satu aspek yang terdampak adalah pada bidang pendidikan. Upaya untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di bidang pendidikan, pemerintah mengeluarkan kebijakan dimana kegiatan sekolah itu dilaksanakan secara daring. Dimana hal itu merupakan upaya yang dapat dilakukan pemerintah agar masyarakat terbiasa terhadap model pembelajaran di masa pandemi ini, dengan cara segala bentuk pembelajaran dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing secara daring.
Sebagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia, maka Universitas Pendidikan Indonesia turut berkontribusi dalam pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19. Dalam hal ini Universitas Pendidikan Indonesia memfasilitasi mahasiswa agar turut berkontribusi pada program KKN yaitu, Program Edukasi Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan dan Program Pencegahan Covid-19 pada masyarakat yang dilakukan secara daring.
Kegiatan KKN ini berlangsung tersebar di beberapa daerah domisili peserta KKN di seluruh Indonesia dengan sasaran jenjang pendidikan yang berbeda. Kegiatan KKN ini pula dibentuk dalam kelompok kecil KKN dengan program kegiatan yang sama, namun dalam pengerjaannya dilaksanakan secara daring.
Salah satu kelompok di wilayah Kabupaten Bandung dengan anggota kelompok yaitu Dias Novianti yang berdomisili di Desa Sindanglaya - Cimenyan, Nur Shafa Oktaviani di Bumi Asri – Margaasih, Ervina Yulianti berdomisili di Nagreg, Neli Nur Fitriani berdomisili di Cigiringsing – Girimekar, Dila Mardiana berdomisili di Cipagalo – Bojongsoang, dan Shofa Awaliyatul Adawiyah berdomisili di Rancaekek juga turut serta dalam kegiatan KKN Tematik Covid-19 kolaborasi ini. Dimana kelompok ini memfokuskan sasaran kegiatan pada jenjang Pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) atau Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD).
Program dan kegiatan yang dilaksanakan pada KKN Tematik Covid-19 ini bertujuan untuk mendukung dan menguatkan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang Pendidikan pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru yang dilakukan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah daerah, meningkatkan kepedulian Civitas Akademika UPI dalam pencegahan, penularan dan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan dan mengedukasi masyarakat mengenai pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang Pendidikan.
Program kegiatan KKN yang berlangsung yaitu penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di TK dan PAUD, pendampingan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran di TK dan PAUD, pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring di TK dan PAUD, mendesain serta membuat media pembelajaran daring, membantu administrasi sekolah, membuat video edukasi program penanggulangan Covid -19 di bidang pendidikan. Selama pelaksanaan KKN ini, mahasiswa bekerja sama dengan TK dan PAUD yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal mahasiswa.
Foto-foto berikut merupakan beberapa hasil dari program KKN yang telah dilakukan sejak tanggal 16 November 2020 hingga 22 Desember 2020. Yang mana penyebarannya dilakukan melalui sosial seperti WhatsApp Group, Instagram, dan juga Youtube
Video Tips Tetap Menyenangkan Menemai Anak Selama Belajar di Rumah
Video Adaptasi Kebiasaan Baru untuk diterapkan jika sekolah kembali tatap muka untuk TK dan PAUD
Dari program KKN Tematik Covid-19 yang telah dilakukan ini, berbagai mitra yang bekerja sama sebagai sasaran dari program ini mengatakan bahwa sangat terbantunya kegiatan proses belajar-mengajar di TK dan PAUD tersebut. Dengan adanya mahasiswa yang ikut serta membantu dalam pembuatan media pembelajaran untuk siswa, sangat membantu dalam masalah kurangnya kemampuan guru dalam pembuatan media pembelajaran tersebut. Selain itu, dengan adanya media pembelajaran tersebut membuat suasana belajar lebih variatif dan menyenangkan.
Dengan dibentuk kelompok kecil ini membuat pelaksanaan KKN menjadi lebih mudah karena dalam satu kelompok memiliki program kegiatan yang sama. Meskipun begitu tetap saja dalam pelaksanaannya kami memiliki hambatan yang diakibatkan oleh kendala jaringan internet, kemudian pelaksanaannya yang tidak sepenuhnya daring dikarenakan sebagian besar sekolah TK dan PAUD sudah melakukan pembelajaran secara luring serta kemampuan mahasiswa yang kurang dalam desain saat membuat media pembelajaran.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H