Mohon tunggu...
KKN MBKM Kel145
KKN MBKM Kel145 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Kkn145upnvjt2022

KKNT-MBKM UPN VETERAN JAWA TIMUR KELOMPOK 145 Karangsari Blitar Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mahasiswa KKNT UPNV Jatim Adakan Branding Produk UMKM

27 Juni 2022   08:20 Diperbarui: 27 Juni 2022   08:39 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Blitar,31,05,2022- Mahasiswa kknt mbkm kelompok 145 dalam salah satu upaya mewujudkan program kuliah kerja nyata mengadakan salah satu kegiatan yang menunjang umkm di Karangsari Blitar. 

Dalam melakukan branding produk mahasiswa kkn tersebut mengusung capaian agar umkm bisa lebih mengembangkan produk jualnya, yaitu dengan pendampingan kemasan, logo, merk, pemasaran.

Dalam menjalankan program tersebut ada dua UMKM yang dipilih yang dipilih yaitu, UMKM jaddah milik pak Bismo dan UMKM jamu milik bu Jumiati. Masing-masing UMKM tersebut di dampingi secara berkala oleh mahasiswa KKN. 

Pada UMKM jaddah milik pak Bismo mahasiswa membantu mulai perancangan design logo jaddah bakar, design kemasan, hingga pembuatan akun sosial media jaddah bakar pak Bismo agar bisa di belanjakan secara online, yaitu melalui platform instagram. 

Setelah perancangan semua konsep di setujui mahasiswa mulai membantu dari proses pembuatan, proses masak, proses pengemasan dan selanjutnya foto produk penjualan di platform instagram.

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Kemudian mahasiswa kkn juga melakukan hal yang sama pada UMKM jamu bu jumiati. Setelah semua konsep an di setujui, mulai dari pembuatan design logo, design kemasan, merk jamu tombo ati, platform penjualan online melalui instagram. Langsung pada tahap proses pembuatan, mengemas produk, foto produk, dan penjualan daring platform instagram.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Demikian dengan adanya branding produk UMKM tersebut dapat meningkatkan mutu persaingan UMKM. Sehingga membantu pemilik UMKM untuk mengembangkan produknya agar lebih di kenal konsumen, serta memperluas pemasaran produk baik secara daring ataupun pembelian di tempat.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun