Mohon tunggu...
KINTAN MAHARANI
KINTAN MAHARANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya memiliki hobi menggambar dan juga membaca novel, dan saya merupakan pribadi yang ceria

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kurikulum Yang Belum Sepenuhnya Relavan

21 September 2024   20:10 Diperbarui: 21 September 2024   21:32 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kurikulum merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan yang berperan dalam membentuk kompetensi siswa. Namun, di banyak negara, termasuk Indonesia, kurikulum yang diterapkan seringkali dianggap belum sepenuhnya relevan dengan kebutuhan dunia nyata dan perkembangan zaman.  Kurikulum di Indonesia telah mengalami banyak perubahan seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pendidikan. Berikut adalah beberapa tahap penting dalam perkembangan kurikulum di Indonesia: Kurikulum 1947: Merupakan kurikulum pertama yang diperkenalkan setelah kemerdekaan. Fokusnya adalah pada pendidikan moral dan pembentukan karakter.

Kurikulum 1968: Dikenal dengan nama Kurikulum Pancasila, yang menekankan pada pendidikan berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan pengembangan keterampilan dasar.

Kurikulum 1994: Memperkenalkan pendekatan yang lebih komprehensif, dengan penekanan pada pengembangan keterampilan berpikir dan kreativitas siswa. Kurikulum ini juga memperkenalkan mata pelajaran baru.

Kurikulum 1947: Merupakan kurikulum pertama yang diperkenalkan setelah kemerdekaan. Fokusnya adalah pada pendidikan moral dan pembentukan karakter.

Kurikulum 1968: Dikenal dengan nama Kurikulum Pancasila, yang menekankan pada pendidikan berlandaskan nilai-nilai Pancasila dan pengembangan keterampilan dasar.

Kurikulum 1994: Memperkenalkan pendekatan yang lebih komprehensif, dengan penekanan pada pengembangan keterampilan berpikir dan kreativitas siswa. Kurikulum ini juga memperkenalkan mata pelajaran baru.

Tantangan Dalam Perkembangan Kurikulum

Perkembangan kurikulum di Indonesia dihadapkan pada berbagai tantangan, seperti:  

Kualitas SDM: Ketersediaan guru yang terlatih untuk mengimplementasikan kurikulum baru.

Infrastruktur: Keterbatasan fasilitas dan sumber belajar yang mendukung pelaksanaan kurikulum.

Konteks Lokal: Pentingnya penyesuaian kurikulum dengan kondisi sosial dan budaya setempat.

1. Keterkaitan dengan Dunia Kerja

Salah satu kritik utama terhadap kurikulum saat ini adalah kurangnya keterkaitan antara materi yang diajarkan dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja. Banyak lulusan merasa kesulitan untuk menemukan pekerjaan yang sesuai karena mereka tidak dilengkapi dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh industri.  

2. Pendekatan Pembelajaran yang Kaku

Kurikulum yang ada seringkali bersifat teoritis dan kaku, sehingga siswa tidak diajak untuk berpikir kritis dan kreatif. Pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan berbasis proyek masih jarang diterapkan, meskipun metode ini terbukti lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa.  

3. Perubahan Teknologi dan Informasi

Di era digital ini, perkembangan teknologi informasi sangat pesat. Namun, kurikulum pendidikan masih banyak yang tidak mengakomodasi perkembangan tersebut. Materi yang diajarkan sering kali ketinggalan zaman, sehingga siswa tidak siap menghadapi tantangan di dunia yang semakin berbasis teknologi.

4. Kurangnya Fleksibilitas

Kurikulum yang tidak fleksibel menyulitkan guru untuk menyesuaikan materi dengan kebutuhan dan minat siswa. Hal ini dapat mengakibatkan kehilangan minat siswa terhadap pembelajaran, karena mereka merasa tidak terhubung dengan materi yang diajarkan.  

5. Keterlibatan Stakeholder

Pentingnya melibatkan berbagai kepentingan dalam pengembangan kurikulum juga tidak bisa diabaikan. Kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan industri perlu ditingkatkan agar kurikulum dapat lebih relevan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.  

Kesimpulan

Untuk menciptakan kurikulum yang relevan, diperlukan evaluasi dan pembaruan secara berkala. Kurikulum harus dirancang tidak hanya untuk memenuhi standar akademis, tetapi juga untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia yang terus berubah. Dengan pendekatan yang lebih fleksibel dan interaktif, diharapkan pendidikan dapat lebih relevan dan bermakna bagi siswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun