Mohon tunggu...
Kinari Ghranesia
Kinari Ghranesia Mohon Tunggu... Guru - Tulisan sang guru

Seorang guru yang hobi menulis. Semoga tulisan saya memberi manfaat untuk semua pengunjung blog kompasiana saya.

Selanjutnya

Tutup

Money

Cek Jawaban Pertanyaan Ini Sebelum Memilih Digital Marketing Consultant

23 Agustus 2019   11:44 Diperbarui: 23 Agustus 2019   11:51 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Seorang pembisnis pastilah ingin mendapatkan penawaran terbaik dan hasil berkualitas. Tidak terkecuali ketika Anda ingin memilih Digital Marketing Consultant untuk pengembangan perusahaan di dunia digital ke depannya. Namun banyaknya konsultan pemasaran digital membuat Anda ragu, bagaimana cara menilai yang terbaik. Hasilnya, Anda pun memilih bisnis dengan portfolio yang bagus dan harga yang murah.

Tidak ada yang salah dalam memilih berdasarkan kedua hal itu. Tetapi kami ingin mengajak untuk menggali lebih dalam dari agensi digital marketing ini sebelum tanda tangan kontrak. Siap?

  1. Mencari agen dengan SEO & SEM yang berpengalaman

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization. Sementara SEM adalah Search Engine Marketing. Kalau Anda sedang mencari orang-orang yang bisa meningkatkan "kesadaran" akan layanan atau produk, SEO & SEM adalah sebuah komponen yang tidak bisa kamu abaikan. Bahkan perusahaan harus senantiasa menjaga kualitas SEO untuk bisa bertahan di dunia digital.

Beberapa pertanyaan yang bisa Anda ajukan adalah:

  1. Apa caranya Anda bisa meningkatkan ranking brand kami di mesin pencarian?

  2. Bagaimana Anda bisa identifikasi apa yang pelanggan mau di mesin pencarian?

  3. Apa proses yang Anda lakukan untuk menghasilkan link yang berkualitas tinggi?

  4. Apakah Anda mengikuti peraturan dari Google Webmaster?

  5. Berapa lama kami bisa melihat hasil dari strategi Anda?

  6. Perangkat apa yang kamu gunakan untuk mengetahui hasil sudah tercapai dan berdasarkan apa?

  1. Mencari penulis copywriting atau content writer

Copywriter atau content writer yang bagus akan menarik audience yang tepat untk bisnis Anda. Apalagi kalau Anda memiliki target demografik, usia atau jenis kelamin tertentu untuk layanan atau produk Anda. Copywriting yang bagus tentu sangat dibutuhkan.

Pertanyaan yang bisa Anda ajukan adalah:

  1. Bisakah Anda menunjukkan contoh copywriting sebelumnya?

  2. Bagaimana Anda bisa memastikan copywriters Anda memahami industri kami untuk menulis demi kebutuhan kami?

  3. Bisakah Anda menunjukkan copywriting yang akan Anda gunakan untuk promosi produk perawatan pada gadis berusia 18 tahun dan wanita berusia 30 tahun?

3. Mencari ahli Media Sosial

Social media tidak lagi hanya aplikasi keren yang perlu dimiliki. Bila Anda tidak memiliki akun di platform yang satu ini, Anda telah kehilangan tempat publisitas terbaik dalam membangun "awareness" pelanggan berpotensi Anda.

Pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda ajukan adalah:

  1. Bagaimana Anda akan memanfaatkan situs kami untuk keperluan sosial media kami?

  2. Laporan seperti apa yang bisa Anda bagikan ke kami?

  3. Platform media sosial mana yang perlu kami buat akunnya dan tipe konten seperti apakah yang perlu kami posting?

  4. Bagaimana Anda bisa memastikan social media kami merefleksikan brand kami?

  5. Berikan kami contoh konten untuk media sosial kami

  6. Bagaimana cara Anda mengukur Return on Investment untuk media sosial kami?

  1. Mencari desainer situs

Situs adalah komponen yang penting dalam dunia digitalisasi bisnis Anda. Ketika Anda salah membuatnya maka Anda akan membuang-buang budget saja. Dan kalau Anda mengembangkannya dengan benar maka Anda akan mendapatkan sumber pendapat baru bisnis Anda.

Pertanyaan-pertanyaan yang bisa Anda ajukan:

  1. Apakah Anda menggunakan template yang sudah ada atau desain kustom?

  2. Bisakah Anda implementasi SEO ke situs kami? Apa sajakah itu?

  3. Bagaimana caranya Anda memastikan konsep situs ini pasti cocok dengan bisnis kami?

  4. Apakah Anda menyediakan wireframe situs?

  5. Bisakah situs ini tetap digunakan ketika bisnis kami berkembang?

  6. Kenapa Anda berpikir kami butuh e-commerce?

  7. Seberapa sering kami boleh meminta perubahan pada situs?

  8. Apakah ada biaya perpanjang atau biaya maintenance?

  1. Pertanyaan umum

Pertanyaan-pertanyaan terakhir ini akan memastikan proses pengerjaan berjalan dengan baik. Ajukanlah pada agensi yang Anda lihat cocok dengan perusahaan Anda.

  1. Bagaimana bisnis kami bisa terlihat menonjol dalam kompetisi?

  2. Apa caranya Anda bisa meningkatkan konversi di situs kami?

  3. Pernah Anda bekerja sama dengan bisnis di industri yang sama dengan kami?

  4. Dengan siapa dan bagaimana kami bisa berkomunikasi bila ada pertanyaa penting?

  5. Apa saja laporan yang bakal Anda berikan?

  6. Bagaimana pemasaran Anda bisa berjalan dengan baik?

Konklusi

Apapun jawaban mereka, Digital Marketing consultant harus bisa menjelaskan jargon-jargon dunia digital ke bahasa yang familiar. Kalau mereka gagal menjelaskannya, hal ini berarti petanda buruk. Mari temukan digital consultant yang terbaik untuk bisnis Anda berkembang.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun