Mohon tunggu...
Kimi Raikko
Kimi Raikko Mohon Tunggu... karyawan swasta -

Just Another Days In Paradise \r\n\r\n \r\n\r\n\r\n \r\n\r\n

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Samsung, Amazon dan Iklan Anti Apple Inc.

11 Februari 2012   05:58 Diperbarui: 25 Juni 2015   19:47 802
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13289397761964645616

[caption id="attachment_160439" align="aligncenter" width="640" caption="Smasung Galaxy Note, dari Samsung: Sumber:Flickr.com/samsung"][/caption]

Kesuksesan sebuah gadget di zaman teknologi maju sekarang ini tidak hanya ditunjang oleh performa yang brilian, tetapi juga bagaimana gadget tersebut dipresentasikan kepada konsumen. Apple Inc. merupakan salah satu perusahaan yang sangat sukses di bidang ini. Kehandalan dan kegigihan Steve Jobs dalam memilih iklan yang akan disampaikan kepada konsumen sudah terkenal di mana-mana. Kita bisa melihat iklan Apple Inc. dari dulu selalu berbeda, kontras dengan iklan-iklan lain yang sejenis di bidang teknologi.

Sampai sekarang pun, iklan Think Differrent masih menjadi iklan yang dirujuk banyak orang. Namun tentu saja seiring dengan makin banyaknya saingan, iklan Apple Inc. dicoba disaingi oleh pesaingnya. Pertama sekali, saingan dekat yang selalu mengikuti Apple Inc. ke mana saja adalah vendor Korea, Samsung. Patut dicermati, pertarungan kedua perusahaan ini akhir-akhir ini seperti sebuah cerita yang tidak ada habisnya. Mereka bertarung tidak hanya dalam memperebutkan konsumen, tetapi juga saling klaim paten dan saling menggugat di pengadilan.

Sebagai yang belakangan hadir, tentu saja Samsung sepertinya mengekor kesusksesan Apple Inc. Namun sebuah kesalahan fatal jika dikatakan Samsung tidak berinovasi. Walaupun pada awalnya mereka tidak membuat smartphone canggih, tetapi dengan hadirnya Android, mereka mendapatkan berkah yang tidak ternilai untuk bisa berkompetisi dengan Apple Inc. di bidang smartphone dan kemudian tablet. Nah tentu saja, karena bentuk smartphone hampir selalu saja mirip dengan iPhone, bahkan tablet mereka pun diklaim sebagai tiruan iPad, mereka perlu memberikan presentasi kepada konsumen dengan menayangkan iklan yang paling tidak bercita rasa anti Apple Inc.

Iklan Samsung yang anti Apple Inc. ini sering disebut dengan Samsunged. Dua buah iklan Samsung berikut ini merupakan bukti bahwa Samsung menjalankan iklan Anti Apple mereka dengan melihat sisi-sisi dari Apple Inc. sendiri.

Apa yang menunjukkan iklan tersebut anti Apple Inc? Tidak lain dari kedua iklan tersebut selalu saja ada pagar atau pembatas yang melambangkan bahwa Apple Inc. memang eksklusif dan tertutup. Bila Anda membeli perangkat iDevice, tidak dipungkiri anda harus selalu berurusan dengan Apple Inc.

Kini, iklan anti Apple Inc. juga sudah diterapkan oleh Amazon yang beberapa waktu yang lalu meluncurkan tablet Kindle Fire berharga sangat murah dibandingkan iPad. Iklan ini memunculkan segi kelebihan Kindel Fire yang bisa dibaca di bawah terik sinar matahari dibandingkan iPad yang harus memakai kacamata. Menariknya, iklan ini dirancang dengan kesan yang sangat estetis, di mana seorang perempuan berbikini hitam tengah membaca buku melalui Kindle Fire di sisi kolam renang dengan santai. Seorang pria berjalan di sisinya sambil menutupi sebuah layar tablet agar terhindar dari terik matahari dan ia bisa melihat ke arah tablet tersebut. Coba kita perhatikan iklan tersebut berikut ini.

Di akhir pembicaraan, si perempuan menutupnya dengan memberikan kesimpulan tiga Kindle masihlah lebih murah daripada tablet yang dipegang si pria (iPad). Ini jelas sekali merupakan iklan anti Apple Inc. yang menohok secara langsung.

Nah jika iklan Samsung yang anti Apple Inc. memperlihatkan sisi kebebasan dalam menggunakan smartphone. Amazon melengkapi iklan anti Apple Inc tersebut dengan menonjolkan sisi harga dan sedikit kelemahan iPad yang kurang bagus digunakan di bawah terik matahari. Ini merupakan kombinasi iklan yang cukup bagus dari kedua vendor yang sama-sama mengusung platform Android tersebut.

Sebenarnya, jika kita kembali ke belakang, Samsung tidak hanya fokus di materi iklan yang anti Apple Inc. Beberapa waktu yang lalu, pemeran iklan televisi bagi iPhone 4S Apple Inc. ternyata juga diambil oleh Samsung untuk dijadikan bintang iklan bagi Samsung Galaxy Tab. Iklan ini memperlihat passion yang sama terhadap dua buah gadget yang berbeda. Sayangnya iklan Galaxy Tab sudah dihapus sehingga tidak bisa ditampilkan. Namun saya sendiri sudah menonton iklan tersebut dan bisa memastikan bahwa gadis cilik di kedua video tersebut adalah sama.

Tampaknya pertarungan ke depan, baik secara produk maupun iklan akan semakin menarik dengan masuknya Amazon sebagai pemain baru dalam iklan anti Apple Inc. ini.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun