Halo selamat pagi para pembaca setia kompasiana, selamat hari Senin semuanya. Kembali lagi bersama mimin dengan membahas beberapa informasi penting buat kalian. Kira-kira ada yang tau engga nih, mimin mau membahas informasi apa? Kali ini yang mau mimin bahas adalah mengenai "Agar Sukses Di Dalam Pekerjaan, Berikut Ini Tipsnya." Seperti apa informasinya? Tanpa panjang lebar lagi, yuk simak bersama-sama informasinya di artikel ini.
Masa transisi yang kalian alami dari dunia sekolah ke dunia pekerjaan merupakan salah satu proses yang harus dilewati di dalam kehidupan. Kalian akan memasuki dunia yang sama sekali baru untuk kalian dan dunia tersebut akan terlihat berbeda sekali seperti sebelumnya. Sebagai contohnya adalah ketika kalian masih berada di sekolah, mungkin kalian adalah pelanggannya dengan mengeluarkan uang untuk mendapatkan layanan pendidikan.
Namun untuk di tempat kerja sendiri, kalian adalah penyedia layanannya dan perusahaan akan membayar kalian untuk memberikan layanan tersebut. Di sekolah, kalian memiliki kendali dalam hal waktu. Akan tetapi, di tempat kerja, kendali tersebut sebagian besarnya beralih ke atasan.
Kemudian di sekolah, kalian akan diberi informasi tentang bagaimana mendapatkan kesuksesan di dunia kerja. Namun, tata cara mendapat kesuksesan di dunia kerja merupakan hal yang sulit untuk dijabarkan.
Mempelajari apa yang diperlukan untuk dapat sukses di tempat kerja merupakan hal yang sangat penting. Nah untuk itu, berikut ini adalah tips dalam mendapat kesuksesan di tempat kerja, check this out!
A. Yang pertama adalah menerima status sebagai pemula
Para pelajar maupun mahasiswa yang baru lulus sekolah ataupun kuliah pastinya engga sabar begitu mendapat pekerjaan yang berat. Untuk itu disarankan, jangan langsung menolak untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berat ketika kalian baru masuk kerja.
Mengapa begitu? Karena sebagai pemula, rekan kerja kalian tidak akan langsung percaya untuk memberikan kalian pekerjaan yang memiliki tanggung jawab besar dan itu merupakan ujian yang harus kalian lewati. Kalian baru dapat memamerkan bakatnya setelah membuktikan kemampuannya untuk memberikan kontribusi positif untuk perusahaan.
B. Yang kedua adalah bisa menjaga hubungan dengan bos
Bos yang kalian miliki akan memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan dan perkembangan kalian di tempat kerja. Membangun hubungan kerja yang kuar serta produktif dengannya adalah satu-satunya cara yang paling efektif untuk mempercepat kesuksesan kalian di perusahaan mana pun.
Atas dasar tersebut, ada baiknya nih kalian kenali apa yang disukai bos dan apa yang dia harapkan dari kalian. Kemudian, buatlah itu menjadi prioritas dan lakukan pekerjaan yang diharapkan oleh bos kalian. Selain itu, cari tahu juga preferensi komunikasi dan gaya kerja mereka.
C. Yang ketiga adalah tunjukkan sikap positif
Yang perlu kalian ketahui, sikap adalah segalanya. Maksudnya seperti apa? Maksudnya adalah dengan kalian muncul di tempat kerja setiap hari dan menunjukkan sikap positif merupakan salah satu hal terbesar yang dapat kalian lakukan untuk memulai karier dengan benar.
Lagipula kebanyakan orang lebih suka bekerja dengan seseorang yang ceria, supportif, antusias dan siap belajar. Tidak ada yang akan menggagalkan karier kalian lebih cepat daripada dicap sebagai orang pengeluh atau tukang ngeluh.
D. Yang keempat adalah mau belajar
Yang perlu kalian ketahui selanjutnya adalah pemimpin perusahaan tidak berharap kalian tahu segalanya tentang industri atau perusahaan tersebut. Mereka hanya ingin memiliki pemula yang memiliki kemauan untuk belajar.
Kemudian, luangkan waktu kalian untuk mempelajari apa, mengapa dan bagaimana proyek serta prosesnya. Kalau kalian masih bingung, ajukanlah pertanyaan dan tetap tunjukkan inisiatif melalui riset yang kalian miliki dan jangan lupa akui, perbaiki serta ambil pelajaran dari kesalahan yang kalian buat nih guys.
E. Yang kelima adalah bangunlah etos kerja
Dengan kalian memiliki etos kerja yang kuat menunjukkan bahwa kalian menganggap serius pekerjaan tersebut. Konsisten dalam pekerjaan dan perilaku, karyawan terpercaya yang berkomitmen terhadap kualitas pekerjaannya adalah karyawan yang pantas dipelihara dan dipromosikan.
F. Dan yang terakhir adalah menghormati budaya di perusahaan
Sederhananya adalah budaya merupakan cara kita untuk melakukan sesuatu di perusahaan atau tempat kerja tersebut. Ada beberapa perusahaan yang memiliki budaya yang baik dan adapula beberapa yang memiliki budaya tidak baik.
Perlu diketahui, bahwa kalian tidak dapat mengubah budaya sebuah perusahaan seorang diri. Perubahan budaya organisasi membutuhkan waktu lama dan harus datang dari atasan.
Demikianlah informasi ini dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Sekian dan terima kasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H