Penerapan relaksasi pajak 0% untuk mobil baru bila wacana ini direalisasikan, harga mobil baru akan lebih murah dari sebelumnya. Hal ini akan mendorong daya beli masyarakat, tetapi mungkin bisa juga merugikan konsumen yang baru membeli mobil bulan lalunya atau minggu lalunya karena saat kebijakan ini ke luar harga jual mobil turun signifikan.
Mobil bekas menjadi altermatif saat kita ingin memiliki mobil. Biasanya harga mobil bekas lebih terjangkau daripada harga mobil baru dengan merk sama, tetapi  harga mobil bekad berentang pasaran tergantung kondisi dan tahun produksi. Mobil bekas suka lebih kuat dan bandel performanya dibandingkan mobil baru yang beredar di pasaran.
Untuk membeli mobil bekas kita bisa datang ke dealer atau penjual perorangan. Kita akan menemukan perbedaan harga. Karena motivasi dealer  menjual mobil bekasnya hanya untuk mencari keuntungan. Sementara penjual perorangan biasanya menawarkan harga lebih terjangkau, biasanya dia menjual mobil untuk mendapat dana tambahan membeli mobil baru atau mungkin kebutuhan lain yang sangat mendesak.
Untuk membeli mobil bekas sebaiknya kita menawar agar mendapat harga sesuai dana yang kita miliki atau mengurangi harga dari kekurangan mobil itu. Sebab akan banyak kita dapati mobil bekas dijual tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. Hitung-hitungan perbaikan kendaraan dan mengurus surat-suratnya bisa sampai puluhan juta rupiah.
Beberapa tips membeli mobil bekas :Â
1). Membeli mobil bekas sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kita. Kalau akan rutin digunakan bekerja, pilih mobil mungil nyaman dan irit bahan bakar. Kalau mobilnya akan sering digunakan bepergian bersama keluarga, pilih mobil besar. Jangan lupa menentukan fitur apa yang kita butuhkan seperti air bag, AC, power window, ... sehingga kita bisa mencari harga pasar mobilnya. Dari harga pasaran kita bisa menawar lebih rendah di bawah harga tetapi harus logis. Cara tawar-menawar seperti ini biasanya dilakukan di dealer mobil bekas.
Setelah harganya cocok, periksa fisik dan mesin mobil. Pastikan mobil yang kita pilih kondisinya masih sehat semua. Kalau ada kerusakan, kita bisa menawar lagi harganya dengan alasan perbaikan.
2). Cek kondisi mobil bekas dengan cermat. Kita bisa menemukan mobil bekas kualitas bagus dengan harga murah, tetapi harus lebih berhati-hati dan cermat memeriksa kondisi mobil bila harga jauh di bawah pasaran. Kadang-kadang misalnya banyak mobil bekas kecelakaan atau terkena banjir dijual murah. Penjual juga kadang-kadang menawarkan harga murah hanya untuk menyiasati agar pembeli datang ke showroomnya untuk ditawari mobil lain.
Ada baiknya mengajak teman atau saudara yang mengerti dan berpengalaman mengenai mesin dan mobil untuk membantu memeriksa kondisi mobil. Setiap mobil berbeda perlakuan, ada yang mahal dalam perawatan mesin dan komponen. Ada juga yang lebih murah dalam perawatan mesin tetapi body repairnya mahal.Pastikan kondisi mesin dan bodynya sehat agar kita tidak banyak menanggung perbaikan sesudah membelinya. Meskipun kita faham tentang mobil, bantuan dalam pengecekan akan bisa mengurangi kemungkinan pemeriksaan kerusakan terlewat.
Memeriksa kondisi mesin mobil merupakan bagian penting dalam pemeriksaan. Buka kap mesin. Mobil harus mudah distarter. Pastikan suara mesin tidak kasar dan perhatikan apskah ada kebocoran pada komponen mesin. Kalau knalpot bersih bukan berarti harus mengabaikan kondisi mesin. Kondisi mesin tetap harus diperiksa secara visual atau suara. Pada blok mesin cermati apakah ada noda oli apa tidak. Kalau ada berarti ada kebocoran di sana dan mungkin membutuhkan perbaikan besar nantinya. Cek juga minyak rem dan reservoirnya untuk memastikan tidak bocor. Atau hidupkan mesin tiga sampai lima menit dan dengarkan. Ulangi lalu buka kap atau tutup mesin mobil. Pastikan suara mesin mobil masih halus dan stabil saat mesin dihidupkan tanpa harus membleyer gas. Kalau ada yang janggal pada pengamatan awal lebih baik tinggalkan.
3). Cek bagian dalam mobil dengan teliti, pastikan semua fitur seperti lampu-lampu termasuk sensor parkir, kamera parkir, AC, sistem audio, switch lampu, terutama sabuk pengaman berfungsi dengan baik. Lalu cek jok depan dan belakang apakah masih nyaman diduduki, apakah ada lubang, sobekan, atau kerusakan lain? Cek juga dashboard, plafon, dan karpet.
4). Cek body mobil seluruhnya, pastikan pintu kap mesin, dan kaca mobil. Cek juga masih orisinil atau tidak. Perhatikan cat mobil, terkadang catnya belang sebab perbaikannya tidak rapi. Apakah ada titik-titik karat, penyok, atau goresan? Kalau bergelombang artinya di bagian itu sudah pernah dicat ulang (disebabkan bekas dempul yang tidak rata). Jika ada bagian yang kasar mungkin itu bekas lakban penutup saat mobil dicat ulang. Lalu cek knalpot, kalau ada bercak oli di ujung pipa berarti ini masalah besar. Saat kita menyalakan mesin dan ke luar asap putih (bukan efek cuaca dingin), ini disebabkan oleh kerusakan bagian mesin karena oli rembes ke ruang bakar.
Yang paling penting waktu cek body mobil adalah struktur rangka utama mobil masih prima, tidak ada bekas tabrakan atau perbaikan.
5).Test drive mobil bekas. Kualitas mesin mobil akan lebih terasa saat kita mengendarainya langsung di jalan raya. Mintalah test drive ke penjual mobil. Selain memeriksa performa mesin, rem, transmisi, dan kaki mobil, ini saatnya menguji kenyamanan  berkendara mobil yang akan kita beli.
Banyak dealer atau penjual mobil malas kalau diminta test drive yang dijualnya. Kalau pemilik atau penjual mobil tidak percaya mintalah izin dan ajak untuk kita coba kendarai mobilnya.
Cobalah berbagai manuver sesekali berkecepatan tinggi. Pada kecepatan rendah coba lepas stir untuk mengecek apakah mobil berjalan lurus atau tidak.
6). Setelah memeriksa kondisi mobil dan kita yakin seusai test drive, sebelum membayarnya pastikan dulu kondisi pajaknya. Mobil sehat yang dijual relatif murah  terkadang pajaknya menunggak beberapa tahun.Sehingga kita perlu menawar lagi harga mobilnya sesuai jumlah pajak tertunggak. Bila penjual tidak memberi harga nego, coba memintanya untuk melunasi pajak yang tertunggak. Sehingga kita tidak menanggung pajak tertunggak sampai balik nama  saat mobil sudah di tangan kita.
Cek surat kelengkapan kendaraan, STNK, BPKB, dan faktur. Kalau mobil yang akan kita beli mobil built up, mintalah Form A mobil itu.
Cocokkan nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan surat-surat.
7). Tanyakan catatan service.Apakah servicenya rutin? Apakah catatan servicenya lengkap? Di bengkel mana servicenya? Service record sangat penting karena mobil yang rutin dirawat berkala performa dan kondisinya akan lebih prima, juga mencerminkan kepribadian pemilik mobil sebelumnya yang menjaga dan merawat kondisi mobil. Jika memungkinkan pilih mobil yang selalu diservice di bengkel resmi, sehingga kita bisa memastikan keaslian odometernya.
Sangat suli bagi para penjual mobil bekas untuk melawan mobil baru saat pajak 0% berlaku. Namun mereka bisa mengandalkan dan memasarkan mobil berkualitas tinggi dengan harga murah.
Misalnya, jika harga baru mobil Lost Cost Green Car (biasa disingkat LCGC, mobil yang dibuat dan didesain rendah emisi dan ramah lingkungan) sepeti Agya enam puluh juta rupiah saat pajak 0% berlaku, para penjual mobil bisa menawarkan harga yang sama tetapi spesifikasinya lebih tinggi (misalnya mereka yang  menawarkan mobil BMW  atau Mercy). Mereka menjualnya dengan harga relatif sama tetapi mobilnya lebih mewah dan nyaman, dan dapat prestigenya. Walaupun mobil second kenyamanannya lebih dari mobil LCGC, padahal usianya lebih tua.
Saya tidak akan menanggapi terlalu jauh mengenai dampak negatif penjualan mobil bekas jika pajak 0% untuk mobil baru disetujui pemerintah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H