Mohon tunggu...
Wahyu Barata
Wahyu Barata Mohon Tunggu... Penulis - Marketing Perbankan

Wahyu Barata.Lahir di Garut 21 Oktober 1973. Menulis puisi, cerita pendek,dan artikel. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Sari Kata, majalah Aksara , Media Bersama, Kompas, Harian On Line Kabar Indonesia, beberapa antologi bersama, dan lain-lain.Kini bekerja sebagai marketing perbankan tinggal di Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Tips Merawat Mobil Diesel

11 Oktober 2020   06:16 Diperbarui: 11 Oktober 2020   06:39 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Toyota Hilux Bermesin Diesel.Dokumentasi Pribadi.

Selama ini, pemilik mobil bermesin diesel banyak juga yang awam dalam merawatnya. Padahal merawat mesin diesel sangat mudah dan murah.

Beberapa kiat merawat mesin diesel:

- Saringan udara jangan sampai kotor, harus selalu bersih. Salah satu indikasi saringan udara kotor bisa dilihat dari sambungan asap, dari knalpot yang tampak hitam dan sangat tebal. Sehingga tenaga kendaraan bermesin diesel langsung drop.

Selain harus selalu dibersihkan, saringan udara harus diganti minimal setiap 10.000 kilometer.

- Perhatikan saringan solar, filter bahan bakar jangan sampai terlalu kotot, agar aliran bahan bakar ke injektor selalu dalam keadaan lancar dan bersih. Saringan solar juga sebaiknya diganti setiap 10.000 kilometer.

Penggantian saringan solar bisa berpatokan pada penggantian oli mesin. Jika penggantian oli mesin setiap 5.000 kilometer, maka penggantian saringan solar sesudah dua kali ganti oli.

- Jangan lupa hangatkan mesin hingga suhu ideal sebelum mobil jalan. Sebelum dihidupkan, di pagi hari, pastikan dulu elemen pemicu sudah panas. Putar kunci kontak dan tahan di posisi + nya.

Setelah indikator kuning mati, hidupkan mesin. Mesin diesel membutuhkan waktu pemanasan sekitar 1-3 menit seperti pada mesin bensin.

- Perlakuan pedal gas mesin diesel berbeda dengan mesin bensin. Kalau menginjak gas mesin diesel harus diurut, tidak boleh tiba-tiba disentak. Untuk mendapatkan tenaga, injakan pedal gas harus mengimbangi ritme akselerasi mesin.Saat jarum rpm mencapai red line, langsung naikkan gigi.

- Tanpa sepengetahuan kita bisa saja  bahan bakar solar terkontaminasi minyak tanah oleh beberapa SPBU nakal. Gunakan thermohydrometer untuk mengetahui kadar  kontaminasi minyak di dalam solar, sehingga kualitas solar terjaga. Bentuknya seperti gelas ukur dengan semacam thermometer di dalamnya.

Untuk mengujinya, tuangkan solar ke dalam bejana, lalu masukkan hydrometer ke dalamnya. Akan tampak seperti pelampung yang mengambang. Perbedaannya, yang ini disertai angka-angka atau skala yang memenuhi kriteria American Petroleum Institute (API), mulai dari angka 29 (posisi terendah) sampai 41 (posisi teratas).

Solar yang baik menghasilkan tenaga tinggi berada di angka PAI skala 25. Kalau bercampur minyak tanah yang berat jenisnya lebih rendah, hydrometer akan tenggelam lebih dalam dan menunjukkan angka lebih besar. Kalau angkanya 4o, berarti minyak tanahnya banyak, akan mengakibatkan overheating disertai melemahnya melemahnya tenaga mesin.

- Merawat (membersihkan) blok-blok mesin menggunakan koas dan bensin harus hati-hati sebab hampir setiap koas memiliki plat seng. Plat seng berbenturan dengan dinamo jalan atau dinamo starter positif dan bagian plat seng lainnya menyentuh badan blok mesin, akan menyebabkan percikan api cukup besar.

Larutan bensin akan mudah terbakar dan akibatnya fatal. Sebaiknya membersihkan noda/kotoran di blok mesin akan lebih aman dengan menggunakan minyak tanah. Untuk mengatasi bila solar ke karburator kurang lancar, sehingga mobil sulit distarter dalam segala kondisi.

Lepaskan satu terminal busi, pasang kabel pengganti dan pegang pada jarak 5 mm dari blok mesin. Hidupkan mesinnya. Jika cukup kuat dan sanggup melompati gap, lepas saringan udara dan gerakkan klep gas dengan tangan untuk melihat apakah ada arus solar yang cepat dan lancar ke karburator. Kalau tidak ada, coba lepas slang solar ke lubang ke luar (output) pompa solar dan pasang sepotong slang untuk penggantinya.

Sediakan wadah untuk menampung solar yang ke luar dari pompa. Putar mesinnya, apakah pompa solar berputar normal. Periksa barangkali saluran solar dari pompa ke karburator tersumbat. Kalau tersumbat, lepaskan pompanya dan bersihkan.

- Bila tegangan listrik dalam battery cukup, biasanya 13,5 volt, ketot (pengatur pemasukan listrik/voltage regulator ke battery) otomatis akan memutuskan arus.

Kalau sudah lama terpakai, kemampuan ketot untuk bekerja maksimal akan menurun, sehingga menimbulkan gejala terlalu banyak mengisi atau kurang mengisi (overcharging atau undercharging).

Jika gejala ini dibiarkan, battery akan cepat rusak. Battery yang menurun kemampuannya membuat mesin sulit dihidupkan sebab motor starter tidak mau berputar.

Kita bisa mengatasinya dengan mengatur kedudukan nok pengatur (cam adjustment). Sambil menghidupkan mesin, ukurlah tegangan terminal battery, jika volt meter mewujudkan tegangan battery 13,5 volt (untuk battery 12 volt) dan ampere meter menunjukkan angka 0, berarti ketot kembali bekerja dengan baik.

- Bila aliran listrik accu mobil tidak maksimal akan mengakibatkan sulit menyalakan mesin padahal kondisi accu masih baru. Biasanya disebabkan kurang perawatan accu, misalnya ada selnya yang kurang air accu, atau kabel terminalnya kabel positif (+) dan kabel negatif (-) kotor.

Bersihkan terminal accu dan kabelnya dengan amplas dan air hangat/panas untuk menghilangkan noda putih/karat yang disebabkan oleh air accu yang bersifat korosif, sehingga aliran listrik normal kembali.Mobil bisa distarter dengan baik.

Perhatikan kabel positif (+) dan kabel negatif (-) accu.Periksa kabel negatif (-) yang dibaut ke body apakah tidak kendur? Sudah berkarat atau keropos? Periksa juga kabel (+) yang menghubungkan ke dinamo starter, bila sudah terlalu tua lebih baik diganti dengan kabel berkualitas bagus (kabel yang bagus berat sebab banyak seratnya).

Jangan memakai kabel accu sembarangan, sebab yang harganya murah (1/3 harga kabel kualitas memenuhi syarat) tidak akan berfungsi maksimal, sebab aliran listrik acvu sangat besar dan dibutuhkan kabel yang memenuhi syarat untuk mengalirkan listrik voltage tinggi ke dinamo starter.

- Di ruangan mobil yang tertutup di saat hujan kaca mobil kita biasanya mengembun terutama pada mobil yang belum ber - AC. Sehingga pada saat mengendarai mobil kita akan merasa tidak aman dan konsentrasi terganggu karena embun pada kaca mobil membuat pandangan tidak jelas.

Untuk mencegah dan mengatasinya, sebelum mengendarai mobil, kaca depan dan kaca belakang, bagian dalamnya dilap dengan lap mengandung sabun krim, agar tidak ada pengembunan di kaca mobil saat hujan.Dan pandangan mata tetap jelas saat menyetir.

- Menyimpan komponen (suku cadang) yang tidak terpakai tetapi masih layak digunakan dalam waktu lama harus diperhatikan biar tidak berkarat. Khususnya komponen berbahan logam seperti velg, as,...Setelah komponen ini dibersihkan basuh dengan atau stempet (gemuk) ke komponen tersebut sampai merata, sebab komponen-komponen ini sangat rentan oksidasi (karat).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun