Mohon tunggu...
Kiara FransiscaMDXimenes
Kiara FransiscaMDXimenes Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Interior

Selanjutnya

Tutup

Home

Kupas Tuntas Elemen Interior dan Isi dari IKEA di Ciputra World Mall Surabaya

23 Juni 2023   17:05 Diperbarui: 23 Juni 2023   17:58 1322
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

IKEA hadir di Surabaya! Tepatnya di mall Ciputra. Tepatnya di jalan Ciputra World, Jl. Mayjen Sungkono No.87-89, Gn. Sari, Kec. Dukuh Pakis. Siapa sih yang ga tau tentang IKEA? IKEA merupakan peritel perabotan rumah dan furniture kantor dari Swedia, yang sudah tersebar di berbagai belahan dunia. Kepo banget kan apa saja yang ada di dalam  IKEA, yuk kita kupas tuntas tentang interior commercial space dari brand satu ini. 

  1. Organisasi ruang 

Jika berkunjung ke IKEA di mall Ciputra Surabaya, kalian dapat merasakan organisasi ruang yang disusun dengan baik mulai dari pintu masuk hingga keluar dari IKEA. 

Organisasi ruang disesuaikan dengan tujuan dan fungsi ruang tertentu, seperti area keluarga, ruang tamu, ruang makan, kamar tidur, kamar mandi serta berbagai penempatan untuk memperlihatkan furniture tertentu yang dijual dalam jumlah satuan. 

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto : Kiara Ximenes
Foto : Kiara Ximenes

       2. Sirkulasi 

Untuk pola sirkulasi yang diterapkan dengan membentuk sebuah alur yang membawa pengunjung untuk berkeliling satu arah hingga akhir, akses masuk dan keluar berbeda sehingga pengunjung tidak bisa keluar dari pintu masuk ataupun sebaliknya. Tujuan nya agar pengunjung dapat melihat seluruh display, furniture dan ruang yang menawarkan suasana dan fungsi tertentu. 

Hal ini sangat menarik, seakan-akan mengajak pengunjung berjalan-jalan tanpa melewatkan sisi display yang berada di IKEA. Selain itu, besaran ruang untuk IKEA Ciputra Surabaya sangat luas, sehingga pengunjung dapat menikmati setiap area ruang tanpa harus bertabrakan dengan pengunjung lain. 

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

           3. Aksen ruang

Pada penataan display terdapat berbagai macam suasana yang muncul melalui pengolahan elemen interior yang ingin ditampilkan pada area commercial. Implementasi penataan IKEA memberikan aksen-aksen pada ruang tertentu yang menonjol dan memberikan kesan yang sangat berbeda dengan penataan display ruang lain. 

Hal ini sangat bermanfaat untuk menonjolkan produk unggulan atau insight baru bagi pengunjung sehingga tertarik untuk implementasi ide yang ada pada rumah hunian mereka ataupun area kerja. 

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes
          4. Warna 

Implementasi warna area display disesuaikan dengan suasana ruang dan fungsi ruang yang ditujukan. Sehingga pengunjung dapat menemukan berbagai warna yang kontras dan laras pada setiap pengolahan area display, seperti area ruang tamu dengan tone warna yang sedikit hangat, kamar tidur dengan suasana yang sedikit dingin melalui kombinasi warna hijau tosca dan ivory, serta masih banyak lagi. 

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes
         5. Material dan Konsep 

Penerapan material pada IKEA cenderung menggunakan kayu solid dengan finishing yang bermacam-macam seperti natural finishing dan cat dengan tone soft. Konsep dan gaya desain yang diterapkan melalui produksi furniture hingga pengolahan area display terasa sangat minimalis dengan sentuhan lembut pada tone warna display tertentu dan pada area tertentu penerapan finishing material kayu solid, material fabric, dan lainnya sangat kontras. Akan tetapi, pada area pengolahan plafon cenderung tereksposes sehingga ada kesan industrial yang cukup terasa pada commercial ini.  

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

             

                   6. Pencahayaan dan Suasana

Implementasi pencahayaan dalam area IKEA sangat nyaman dan membantu indera penglihatan pengunjung. Cahaya yang timbul secara general terang tetapi tidak menyilaukan mata ketika berkeliling menikmati area commercial ini. Pencahayaan yang ada pada IKEA juga beragam mulai dari general lighting, yaitu pencahayaan utama dengan menerapkan lampu LED strip, implementasi pencahayaan ini tersebar merata di seluruh area IKEA hingga pintu keluar. 

Jenis pencahayaan kedua yang ada ialah task lighting, yaitu pencahayaan pendukung untuk kebutuhan spesifik seperti membantu penerangan untuk bekerja, memasak, membaca, dan sebagainya. Implementasi task lighting pada IKEA berupa lampu gantung pada area display tertentu seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar tidur, dan sebagainya, contoh lainnya dapat dilihat pada lampu spotlight untuk akses informasi atau produk yang ingin ditonjolkan pada commercial ini. 

Suasana yang ditimbulkan dari penerapan pencahayaan ini ialah kesan hangat dan dingin pada area display yang berbeda-beda. Tone warna hangat (warm white - yellow) memberikan suasana ruang yang hangat dan menggambarkan suasana yang relax, bersantai dan area untuk berkumpul ataupun beristirahat. 

Tone warna dingin (white - cool white ) diterapkan untuk area display ruang kerja, ruang belajar, dapur sebagai general lighting dan area kamar mandi. Tujuan penerapan lampu tone dingin untuk mendukung aktivitas yang membutuhkan konsentrasi dengan baik. 

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

           7. Form atau Pengolahan Bentuk  

Pengolahan bentuk yang ada, mulai dari perabot hasil produksi IKEA cukup minimalis dan tidak terlalu dinamis atau rumit. Akan tetapi, terdapat pengolahan bentuk dekorasi dan perabot yang cukup unik dan dinamis, ditujukan sebagai ikon atau focal point pada commercial ini, seperti bentuk karpet, bentuk lampu dekorasi, serta kursi. 

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes
                   

                    8. Penerapan Teknologi 

Keunggulan yang dimiliki oleh IKEA ialah penerapan teknologi dalam commercial sangat memudahkan pengunjung mendapatkan informasi secara digital tanpa harus membawa katalog atau brosur commercial. Teknologi yang diterapkan berupa e-commerce sehingga konsumen tidak harus datang ke IKEA untuk berbelanja tetapi dapat dilakukan secara online. 

Selain itu, informasi mengenai perabot maupun dekorasi tentang home furnishing dijelaskan melalui sebuah digital free standing panel system dan tv sebagai pengganti katalog atau brosur, sehingga pengunjung dapat mencari sendiri mengenai informasi yang diinginkan untuk furniture atau produk yang diinginkan di IKEA. 

Selain itu, terdapat penjelasan produk dengan implementasi proyektor laser yang dipantulkan melalui permukaan perabot yang dituju. Sehingga pengunjung dapat langsung membaca melalui permukaan meja atau perabot lainnya. 

Foto: Kiara Ximenes 
Foto: Kiara Ximenes 

Foto: Kiara Ximenes 
Foto: Kiara Ximenes 

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

                   9. Keamanan 

Selanjutnya yang tidak kalah penting untuk interior commercial space ialah penerapan sistem keamanan. Pada IKEA terdapat sistem keamanan berupa sprinkler yang terletak pada area plafon, fire hydrant di beberapa titik tertentu area display. Kemudian, ada jalur evakuasi berupa tangga darurat persis di tengah area IKEA. 

Titik kumpulnya cukup pas untuk jalur darurat, akan tetapi tidak terlalu mudah ditemukan oleh pengunjung jika baru pertama kalinya ke IKEA. Hal ini diatasi dengan memberikan signage untuk jalur evakuasi yang dapat diikuti oleh pengunjung. 

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

               10. Information 

IKEA dilengkapi dengan keterangan informasi berupa signage, papan informasi dengan material  untuk penunjuk arah, papan informasi discount atau harga barang termurah maupun wayfinding.

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Foto: Kiara Ximenes
Foto: Kiara Ximenes

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun