Mohon tunggu...
Khusbatul lilla
Khusbatul lilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Tetap semangat walaupun setiap hari banyak hal yang membuat semangatmu patah.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Serba-Serbi TK di Desa Kemulan

30 Januari 2023   22:07 Diperbarui: 30 Januari 2023   22:10 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Di lokasi Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) kelompok 155 Universitas Islam Negeri Malang yang terletak Di Desa Kemulan Kecamatan Turen Kabupaten Malang tercatat ada tiga lembaga Taman Kanak-Kanak, diantaranya ada TK PKK Kemulan yang berada di dusun Sumbersuko, TK Dewi Asiyah yang berada di dusun Crabaan Kebonalas dan TK Dharma Wanita yang berada di dusun Krajan Pasar.

Di TK PKK terdapat 1 kepala sekolah, 1 guru yang mengajar di kelas A dengan jumlah murid 11 anak dan 1 guru yang mengajar di kelas B dengan jumlah murid 9 anak. 

Di TK Dharma Wanita terdapat 1 kepala sekolah, 2 guru yang mengajar dikelas A dengan jumlah murid 22 anak dan 1 guru yang mengajar di kelas B dengan jumlah murid kurang lebih 25 anak. Sedangkan di TK Dewi Asiyah terdapat 1 kepala sekolah, 1 guru yang mengajar di kelas A1 dengan jumlah murid 16, 1 guru yang mengajar di kelas A2 dengan jumlah murid 16, 1 guru yang mengajar di kelas B1 dengan jumlah murid 18 anak dan 1 guru yang mengajar di kelas B2 dengan jumlah murid 18 anak.

Mahasiswi program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) kelompok 155 Universitas Islam Negeri Malang dalam pelaksanaan KKM, terjun langsung untuk mengajar di tiga lembaga di desa Kemulan selama 1 minggu di setiap lembaganya.

Pada minggu pertama kami mengajar di TK PKK Kemulan, TK ini sudah menerapkan kurikulum merdeka dengan kegiatan awal 30 menit, kegiatan pembuka 30 menit, kegiatan inti 90 menit, istirahat 30 menit dan kegiatan penutup 30 menit. 

Pada hari pertama mengajar, kami mengambil topik hujan dengan sub topik proses terjadinya hujan, anak-anak akan diberikan materi tentang bagaimana proses terjadinya hujan. 

Pada hari kedua, kami mengambil topik hujan dengan sub topik banjir, anak-anak akan diberikan materi tentang akibat dari hujan deras yang terlalu lama sehingga menyebabkan banjir. 

Pada hari ketiga, kami mengambil topik hujan dengan sub topik banjir, anak-anak akan diberikan materi tentang penyebab banjir yaitu salah satunya adalah karena membuang sampah sembarangan sehingga aliran air tersumbat dan kemudian air meluap. 

Pada hari keempat, kami mengambil topik hujan dengan sub topik pelangi, anak-anak akan diberikan materi tentang pelangi, apa saja warnanya dan lain sebagainya.

dokpri
dokpri

Pada minggu kedua kami mengajar di TK Dharma Wanita, TK ini juga sudah menerapkan kurikulum merdeka dengan kegiatan awal 30 menit, kegiatan pembuka 30 menit, kegiatan inti 90 menit, istirahat 30 menit dan kegiatan penutup 30 menit. 

Pada hari pertama mengajar, kami mengambil topik rekreasi dengan sub topik kendaraan rekreasi, anak-anak akan diberikan materi tentang kendaraan apa saja yang bisa digunakan untuk rekreasi seperti bis, kereta dan lain sebagainya. 

Pada hari kedua, kami mengambil topik rekreasi dengan sub topik tempat-tempat rekreasi, anak-anak akan diberikan materi tentang tempat-tempat rekreasi seperti kebun binatang, pantai, taman dan lain sebagainya. 

Pada hari ketiga, kami mengambil topik rekreasi dengan sub topik kebun binatang, anak-anak akan diberikan materi tentang jenis dan macam-macam hewan buas pemakan daging yang ada di kebun binatang seperti singa, buaya, harimau dan lain sebagainya. 

Pada hari keempat, kami mengambil topik rekreasi dengan sub topik kebun binatang, anak- anak akan materi tentang jenis dan macam-macam hewan pemakan tumbuh-tumbuhan yang ada di kebun binatang seperti jerapah, gajah, kambing dan lain sebagainya.

dokpri
dokpri

Pada minggu ketiga kami mengajar di TK Dewi Asiyah, di TK ini sedikit unik dan berbeda, dimana TK ini menerapkan setengah kurikulum 2013 dan setengahnya lagi menerapkan kurikulum merdeka, dengan kegiatan pembuka  30 menit, kegiatan awal 30 menit, istirahat 30 menit, kegiatan inti 90 menit dan kegiatan penutup 30 menit.  

Keunikannya yaitu dimana kegiatan inti dilakukan setelah istirahat dan sebelum istirahat anak-anak akan melaksanakan sholat dhuha, mengaji dan membaca. Setelah itu anak akan beralih ke kegiatan inti, dimana hari pertama topik yang dipilih adalah profesi dengan sub topik kebun. 

Pada hari pertama anak- anak diajak berkeliling kebun milik salah satu warga yang letaknya tidak jauh dari sekolah, anak-anak akan mengamati setiap jenis dan macam-macam tanaman, tidak hanya tanaman saja tetapi juga ada beberapa hewan seperti, ikan, kucing dan kura-kura, setelah selesai ke kebun anak kembali ke kelas untuk mengerjakan tugas. 

Pada hari kedua, topik yang diambil profesi, sub topik kebun dan su-sub topik alat-alat berkebun, anak akan dikenalkan dengan berbagai macam alat-alat yang digunakan oleh tukang kebun ketika berkebun. 

Pada hari ketiga, topik yang diambil profesi, sub topik kebun dan sub-sub topik cara menanam berbagai tanaman. Pada hari keempat, topik yang diambil yaitu profesi, sub topik kebun dan sub-sub topik cara merawat tanaman, anak akan diajari bagaimana cara merawat tanaman dengan baik, menyirami dan memberikan pupuk.

Setiap lembaga pasti memiliki metode pembelajaran yang berbeda, mereka juga akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan fasilitas yang terbaik bagi peserta didik mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun