Mohon tunggu...
Khuriyah Hasnaa
Khuriyah Hasnaa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo semua!!! Nama Saya Khuriyah Hasnaaul, biasa dipanggil Hasnaa, Saya seorang Mahasiswi program studi Manajemen di Universitas Internasional Semen Indonesia yang berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi Pricing K3Mart Dalam Menghadapi Persaingan Pasar: Harga Lebih Tinggi Dibanding Pesaing, Apakah Worth It?

19 Juli 2024   13:32 Diperbarui: 19 Juli 2024   17:57 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Kelompok  Manajemen Retail (Dokpri)

Warga Surabaya dan sekitarnya mungkin sudah akrab dengan K3 Mart. Mini market waralaba ini menghadirkan konsep unik dan menarik yang menawarkan sensasi makan ramyeon ala Korea. Saat ini, K3 Mart telah hadir di 10 kota besar dan berencana membuka 100 cabang baru di tahun 2024.

Sebagai penggemar K-Pop and Korean foods,  sudah pasti tertarik setiap kali melewati K3 Mart yang bernuansa Korea dan dihiasi neon warna-warni. Ditambah rasa penasaran yang semakin meningkat setelah membaca banyak ulasan positif yang diberikan oleh para konsumen. Akhirnya, kita memutuskan untuk mengunjungi mini market ala Korea ini yang berada di Jl. Tunjungan Surabaya.

Memasuki area toko, kita disuguhkan dengan berbagai jenis snack ala Korea yang menggoda. Mulai dari odeng, corn dog, sate, onigiri, hingga gimbap, semuanya tersedia dalam berbagai varian. Tidak hanya itu disana juga tersedia berbagai macam snack dan minuman ala Korea yang sudah tertata rapi di rak display. Deretan makanan dan minuman yang biasanya hanya bisa dibeli di Korea, kini bisa didapatkan dan dijumpai dengan mudah di K3 Mart.

Gambar Kelompok  Manajemen Retail (Dokpri)
Gambar Kelompok  Manajemen Retail (Dokpri)

Gambar Kelompok  Manajemen Retail (Dokpri)
Gambar Kelompok  Manajemen Retail (Dokpri)

Bagian yang paling menarik perhatian  tentu saja pojok mie instan yang disusun rapi di dinding K3 Mart. Tidak hanya mie instan dari Korea, pilihan yang tersedia sangat beragam, termasuk merek lokal, Malaysia, Thailand, dan Jepang. Di sudut ini, kita dapat menghabiskan waktu yang cukup lama untuk memilih mie, karena semua terlihat menggiurkaan. Selain itu, ruangan ini didesain dengan warna-warni neon yang artsy, menjadikannya spot yang instagramable untuk berfoto.

Setelah memilih mie instan atau berbelanja, kita bisa langsung membayar dan meminta untuk dimasak di tempat. Area memasak mie instan di K3 Mart juga sangat menarik, berbentuk kotak dengan dua staff yang sigap memasak mie instan di tengahnya. Di dinding luar kotak tersebut terdapat termos air panas dan panci, sehingga kita bisa menyeduh cup noodle atau memasak sendiri jika mau.

Nah, untuk memasak mie instan di K3 Mart memang cukup mahal,dibandingkan mie instan yang sering kali kita jumpai di warmindo. Karena di K3Mart terdapat tambahan biaya sebesar 15 ribu untuk memasak dan itu sudah termasuk telur. Namun dengan biaya tambahan yang cukup mahal untuk anak rantauan, kita tidak merasa kecewa karena mie instan disajikan diatas panci kuning ala drakor dengan uap yang masih mengepul.

Saat menyantap mie instan tersebut sesaat suasana seperti berada di Korea, di dukung dengan desain interior, pilihan musik, seragam pegawai, hingga deretan snack dan merchandise K-pop, semuanya menciptakan pengalaman yang autentik. Pemilihan snack dan alat makan yang mirip dengan adegan drakor membuat pengalaman makan di K3 Mart seemakin menyenangkan dan kita dapat merasakan pengalaman makan seperti di Drama Korea.

Tidak heran jika harga makanan dan minuman yang ditawarkan di mini market ini terbilang lumayan mahal. Karena yang mereka jual tidak hanya rasa makanannya saja, tetapi juga pengalaman atau sensasi ketika menikmatinya. Sehingga mini market ini sangat cocok bagi pecinta Drama Korea maupun K-pop, karena dengan K3Mart mereka dapat menikmati sensasi makan ramyoen yang bervariasi dengan perlengkapan yang beragam.  

Gambar Kelompok  Manajemen Retail (Dokpri)
Gambar Kelompok  Manajemen Retail (Dokpri)

Menggunakan strategi penetapan harga high/low pricing.

Memiliki keuntungan:

  • Meningkatkan keuntungan
  • Menetapkan harga tinggi kepada pelanggan yang tidak sensitive terhadap harga dan akan membayar dengan harga tinggi  sambil menetapkan harga rendah kepada pelanggan yang sensitive terhadap harga
  • Misal: di K3 Mart menyediakan mie instant dengan harga yang terjangkau untuk konsumen yang memilih harga rendah, namun mereka juga menyediakan layanan tambahan 15 ribu untuk sensasi memasak sendiri plus telur
  • Menciptakan kegembiraan (Dapatkan selagi stok masih ada) dan dapat menjual barang yang pergerkannya lambat untuk meningkatkan penjualan
  • Di K3Mart tersedia menu kdrink Korean splash dengan harga 18k dengan tagline buy 1 get 1 free yang akan menarik banyak pelanggan

K3Mart memperhatikan 5 faktor yang mendukung dalam penetapan harga pada produk nya yaitu: sensitivitas harga konsumen; persaingan; penetapan harga layanan; factor analitis seperti biaya, titik impas, kemampuan internet; masalah hukum dan etika. Sehingga di K3Mart harganya relative lebih tinggi dibandingkan toko retail lainnya. Namun kita juga akan memperoleh layanan ekstra, dan suasana yang berbeda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun