Mohon tunggu...
Kholifah Anindyana
Kholifah Anindyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023

Hallo, saya Kholifah Anindyana!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Topik 4 Aksi Nyata - Prespektif Sosiokultural

16 Januari 2024   16:51 Diperbarui: 16 Januari 2024   17:20 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

No.

Alur pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

1

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai pembelajaran, saya memahami topik imi berhubungan dengan perkembangan pada peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Gaya belajar, kemampuan belajar, dan perkembangan peserta didik saling berkaitan dengan erat. Sebelum memulai pembelajaran topik ini saya berpikir mengenai konsep umum pada ZPD ini tentang bagaimana pendekatannya, strategi, metode dan teknis pembelajaran yang sesuai dengan zone of proximal development.

2

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Saya mempelajari konsep tentang Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dengan mengandalkan interaksi antara orang yang lebih berkompetensi dan orang yang kurang berkompeten, sehingga orang yang kurang berkompeten menjadi mahir secara mandiri dengan tugas yang awalnya diselesaikan bersama. Kemampuan pada seseorang untuk meniru, seperti yang dijelaskan dalam Vygotsky ialah dasar untuk zona subjektif perkembangan proksimal. Zona perkembangan proksimal ini mengacu pada tindakan dan fungsi yang dapat digunakan peserta didik untuk saling berinteraksi. ZPD melibatkan kemampuan kognitif anak dalam proses pendewasaan dan tingkat kinerja mereka dengan bantuan orang lain yang lebih ahli. ZPD dapat diaplikasikan dengan menggunakan strategi scaffolding yakni memberikan bantuan bertahap pada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

3

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi ini kami membahas mengenai pemikiran setiap anggota terhadap pembelajaran pada Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) yang mempengaruhi proses pembelajaran pada peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa ZPD menekankan pentingnya peran guru dalam membantu peserta didik mencapai potensi maksimal mereka. Selanjutnya, ZPD menekankan pentingnya kolaborasi dan interaksi sosial dalam proses pembelajaran. melalui kolaborasi dengan teman sebaya atau orang yang lebih berpengalaman, peserta didik dapat saling membantu dan belajar bersama.

4

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Hal penting yang saya pelajari dari proses demonstrasi kontekstual bersama dengan kelompok ini saya mengetahui pandangan mengenai ZPD dan kesiapan mengajar dengan memperhatikan pembelajaran pada ZPD. Hal ini memotivasi saya untuk memberikan pembelajaran sesuai dengan ZPD peserta didik agar dapat mengembangkan potensinya secara maksimal.

5

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Saya mempelajari beberapa hal baru tentang konsep ZPD yang sebelumnya belum saya pahami. Konsep ZPD melibatkan tentang kognitif pada anak yang berada pada proses kedewasaan dan tingkat kinerja mereka dengan bantuan orang lain yang lebih ahli. Dalam menggunakan pembelajaran ZPD dapat diaplikasikan dengan strategi scaffolding. Yakni memberikan bantuan kepada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Hal yang ingin saya pelajari adalah mengenai implementasi dari ZPD termasuk dengan penerapan strategi scaffolding dalam pembelajaran di kurikulum merdeka.

6

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Keterkaitan dengan Prinsip Pengajaran dan Asesmen, Perancangan pembelajaran dan asesmen harus disusun serta dilaksanakan sesuai dengan karakteristik, level, dan kemampuan peserta didik.

Keterkaitan dengan pembelajaran berdiferensiasi, ZPD berkaitan untuk memahami perkembangan peserta didik dalam memenuhi kebutuhan belajarnya

Keterkaitan dengan pemahaman peserta didik, dalam hal ini mempelajari karakteristik dan tingkat perkembangan yang dimiliki peserta didik. Guru harus memahami strategi belajar sesuai dengan ZPD peserta didik

Keterkaitan dengan filosofi pendidikan Indonesia, Mata kuliah ini berisi pengetahuan identitas manusia Indonesia yang beragam, sama dengan penentuan rencana pembelajaran yang disesuaikan keragaman latar belakang peserta didik meliputi kesiapan belajar

7

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan saya sebagai guru dapat meningkatkan pemahaman tentang kemampuan peserta didik dengan memahami ZPD untuk membantu mereka mencapai potensi, guru dapat menyesuaikan kebutuhan pembelajaran dengan metode yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran. membantu untuk mempersiapkan diri secara mental dalam menghadapi tantangan dalam mengajar dan mencapai tujuan pembelajaran.  kesiapan saya skala 8 karena saya menyadari bahwa memberikan pendidikan dengan menyesuaikan kebutuhan dan perkembangan peserta didik akan berdampak positif baik bagi guru, sistem pendidikan maupun peserta didik itu sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun