Mohon tunggu...
Kholifah Anindyana
Kholifah Anindyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023

Hallo, saya Kholifah Anindyana!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Topik 4 Aksi Nyata - Prespektif Sosiokultural

16 Januari 2024   16:51 Diperbarui: 16 Januari 2024   17:20 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

No.

Alur pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

1

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai pembelajaran, saya memahami topik imi berhubungan dengan perkembangan pada peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya. Gaya belajar, kemampuan belajar, dan perkembangan peserta didik saling berkaitan dengan erat. Sebelum memulai pembelajaran topik ini saya berpikir mengenai konsep umum pada ZPD ini tentang bagaimana pendekatannya, strategi, metode dan teknis pembelajaran yang sesuai dengan zone of proximal development.

2

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Saya mempelajari konsep tentang Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) dengan mengandalkan interaksi antara orang yang lebih berkompetensi dan orang yang kurang berkompeten, sehingga orang yang kurang berkompeten menjadi mahir secara mandiri dengan tugas yang awalnya diselesaikan bersama. Kemampuan pada seseorang untuk meniru, seperti yang dijelaskan dalam Vygotsky ialah dasar untuk zona subjektif perkembangan proksimal. Zona perkembangan proksimal ini mengacu pada tindakan dan fungsi yang dapat digunakan peserta didik untuk saling berinteraksi. ZPD melibatkan kemampuan kognitif anak dalam proses pendewasaan dan tingkat kinerja mereka dengan bantuan orang lain yang lebih ahli. ZPD dapat diaplikasikan dengan menggunakan strategi scaffolding yakni memberikan bantuan bertahap pada peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun