Mohon tunggu...
Kholifah Anindyana
Kholifah Anindyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2023

Hallo, saya Kholifah Anindyana!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Topik 3 - Aksi Nyata Prespektif Sosiokultural

14 Januari 2024   15:22 Diperbarui: 14 Januari 2024   15:27 1444
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

1. Mulai Dari Diri - Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

Yang saya pikirkan tentang topik "Prespektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik" berhubungan dengan peserta didik menjadi perhatian / fokus utama. Sebagai seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran tentunya menjadi suatu pertimbangan utama. Di awal menyaksikan sebuah video, dari video pada mulai dari diri terlihat bahwa faktor ekonomi sangat mempengaruhi pendidikan di kalangan masyarakat, selain itu faktor lainnya juga menunjang pendidikan seperti peran dari pemerintah dalam menanggulangi permasalahan pendidikan di daerah seperti pada video, sehingga pendidikan dapat lebih baik kedepannya.

2. Eksplorasi Konsep - Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

Pada bagian eksplorasi konsep yang saya pelajari adalah aktivitas sosial dan interaksi antara orang dewasa dan anak anak memiliki peran dalam pembentukan prespektif anak dalam dunia pendidikan. Selain adanya interaksi, aktivitas yang berbeda dari kegiatan ekonomi sehari hari yang berbeda juga akan menghasilkan sikap, nilai, dan keterampilan kognitif akan berbeda hal ini akan mereka jadikan sebagai sarana untuk berkembang.

3. Ruang Kolaborasi - Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi ini saya dan teman teman berbagi pemikiran tentang pandangan terhadap prespektif sosiokultural dalam pembelajaran yang mempengaruhi proses pendidikan dan pandangan kami mengenai kesiapan mengajar. Kemudian kami juga mendiskusikan persamaan dan perbedaan tentang prespektif sosoiokultural yang lebih mendalam berhubungan dengan pembelajaran.

4. Demonstrasi Kontekstual - Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Dalam kegiatan demonstrasi kontekstual, kami menampilkan hasil pandangan yang telah kami buat di depan kelas. Melalui kegiatan ini memberikan pemahaman baru mengenai pentingnya seorang guru dalam memiliki pengetahuan dalam menilai peserta didik dari sudut pandang sosial, budaya, ekonomi, dan politik agar guru mampu untuk melakukan sebuah tindakan dalam melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan latarbelakang peserta didik berdasarkan pengaruh sosial, ekonomi, budaya, dan politik.

5. Elaborasi Pemahaman 

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Yang sudah saya pahami tentang topiknini adalah tentang bagaimana dalam menyikapi tantangan yang ada berhubungan dengan sosiokultural dan pembelajaran di kelas. kemudian, mengetahui hal baik tentang bagaimana menjadi guru professional untuk memahami kebutuhan setiap peserta didik karena adanya perbedaan latar belakang di setiap individu peserta didik. Serta mengetahui apa yang harus diterapkan ketika akan memulai pembelajaran di kelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun