Mohon tunggu...
Kholbi LintaFadhilah
Kholbi LintaFadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membaca cerita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mari Mengenal Marketing Public Relations

15 Oktober 2023   23:04 Diperbarui: 15 Oktober 2023   23:06 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Marketing atau yang sering disebut dengan pemasaran merupakan penyampaian informasi tawaran bagi pihak internal maupun eksternal perusahaan. 

Dalam pelaksanaan strategi marketing, perusahaan harus memahami kebutuhan dan keinginan konsumen dan harus menyesuaikan dengan lingkungan.

Marketing Public Relations merupakan suatu perpaduan antara public relations dengan marketing. Hal ini dimaksudkan bahwa pelaksanaan program pemasaran dilakukan dengan pendekatan kepada konsumen atau masyarakat secara langsung. Sehingga hal tersebut dianggap lebih murah dan efektif dibandingkan dengan penggunaan iklan seperti baliho dan sejenisnya. 

Tujuan dari marketing public relations sendiri sebagai berikut;

1. Membangun kesadaran

2. Membangun kredibilitas

3. Mendorong wiraniaga dan penyalur

4. Mengurangi biaya promosi

Dalam marketing public relations, terdapat 3 strategi yang dapat digunakan, antara lain;

1. Pull strategy, mengembangkan kekuatan untuk menarik perhatian publik.

2. Push strategy, mendorong berhasilnya pemasaran.

3. Pass strategy, mempengaruhi dan menciptakan opini publik menguntungkan.

Implementasi marketing public relations dalam menyampaikan informasi pada publik dapat dalam bentuk publikasi, sponsorship, berita, kegiatan layanan publik, dan pidato. 

Selain itu, implementasi marketing public relations siera digital ini juga dianggap lebih efektif dan efisien, karena memanfaatkan media internet dan media sosial dalam pemasarannya. Sehingga penyampaian informasi dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja serta tidak membutuhkan biaya yang besar.

Dengan demikian, penerapan marketing public relations ini sangat efektif untuk ketahanan dan popularitas suatu perusahaan, karena dengan pendekatan publik relations, pemasaran dapat lebih membekas dibenak publik yang berdasarkan pengalaman bukan hanya tulisan iklan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun