Mohon tunggu...
Khoirunisa Nurrohmah
Khoirunisa Nurrohmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang

Kalau perjuangan gitu gitu aja, hasilnya ya gini gini aja

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kepemimpinan Pendidikan Islam

13 Mei 2022   15:30 Diperbarui: 13 Mei 2022   15:32 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 

KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM

Kepemimpinan (Leadership) merupakan sebuah bentuk kegiatan manusia dalam kehidupan sehari hari. Kepemimpinan berarti membimbing atau menuntun atau juga menunjukan jalan.

Definisi Kepemimpinan sudah dijelaskan oleh beberapa para ahli salah satunya menurut pendapat Soekarno Indrafachrudi, beliau berpendapat bahwa Kepemimpinan merupakan suatu bentuk kemampuan dan kesiapa untuk dapat memengaruhi, mengajak, menggerakan, mendorong dan menuntun orang lain agar berbuat sesuatu yang dapat membantu dalam pencapaian tujuan tujuan tertentu yang dimilikinya.

Salah satu sebuah bentuk  Kepemimpinan dalam lembaga pendidikan islam adalah pran menjadi Kepala Sekolah. Kepala sekolah ialah salah satu komponen pendidikan yang sangat menentukan sebuah keberhasilan suatu lembaga.

Dalam opininya Mulyasa mengatakan bahwa : sebuah kegagalan dan keberhasilan di sekolah sangat menentukan dari kualitas Kepala sekolahnya. Karena peranan  Kepala sekolah  merupakan sebuah penentu arah dan pengelola yang ingin ditempuh sekolah untuk mencapai suatu tujuan yang bermutu, efisien, juga populer.

Oleh karenanya, ia harus mampu mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh lembaganya. Jika dilihat dari perubahannya dan masa depan yang lebih cerah bagi kehidupan global. Kepala Sekolah sebagai pemimpin sekolah harus bertanggung jawab secara informal kepada masyarakat yang menitipkan siswanya untuk kelancaran dari sebuah keberhasilan dari masalah tata keloladan manajemen sekolah yang sifatnya formal.

Kualitas dan kompetensi seorang pemimpin sekolah pada dasarnya dikaitkan dengan setidaknya empat poin utama, diantaranya yakni :

Pertama, kualitas da keterampilan kepemimpinan, Kedua, keterampilan sosial,

Ketiga, keahlian dan keterampilan, dan Keempat, kesanggupan pemecahan masalah   

Secara garis besar kualitas dn kemampuan seorang pemimpin sekolah dapat kita lihat dari segi kinerja , peran dan fungsi pemimpin sekolah, yakni :

a. Sebagai seorang pendidik atau (Edicator) peranan ini harus mampu memberikan pilihan pembelajaran yang efektif.

b. sebagai Manajer. Sebuah kemampuan untuk merancang organisasi menggunakan sebuah deskripsi pekerjaan pribadi sesuai dengan standarnya.

c. sebagai Administrator atau Administrasi. Peranan ini adalah sebuah kemampuan dalam sepenuhnya untuk mengelola seluruh perangkat KBM atau kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan bukti berupa data manajemen yang relevan atau akurat.

d. sebagai Pengawas atau (Supervio). Dimana peranan ini adalah kegiatan utama dalam pendidikan sekolah untuk mencapai suatu tujuan kegiatan pembelajaran, sehingga seluruh bentuk kegiatan organisasi sekolah dapat memberikan pencapaian yang efisien dan efektivitas dalam pembelajaran

Di era sekarang ini, semua individu menyadari betapa pentingnya ilmu pengetahuan sebagai pedoman atau alat atau panduan untuk mengarahkan atau membimbing umat manusia yang berkembang dalm kompleks personalnya. Hal ini pun di dasari pada kesadaran dan bentuk usaha yang terkait dengan proses belajar yang menuntut semua manusia untuk berupaya mencari bekal pengetahuan.

Oleh karenanya, upaya pendidikan dan tujuan pendidikan tidak dapat dipisahkan dan tidak dapat dicapai tanpa adanya manajemen pendidikan yang baik di dalamnya. Kegiatan manajemen pendidikan juga mememelukan seorang pemimpin dengan kemampuan menjadi pemimpin.

Kepala Sekolah sebagai seorang pemimpin (Leader) harus bisa melakukan supervisi, meningkatkan keterampilan tenaga kependidikan, membuka komunikasi dua arah dan mendelegasikan tugas. Kemampuan yang perlu dicapai dari seorang pemimpin sekolah dalam peranannya dapat dianalisis berdasarkan kepribadian, pengetahuan staf pendidikan,  visi dan misi sekolah, keterampilan pengambilan keputusan, dan keterampilan komunikasi. Kepribadian kepemimpinan kepala sekolah tercermin dalam kejujuran, kepercayaan diri, tanggung jawab, kesediaan dalam mengambil resiko, kemurahan hati, emosi yang stabil, dan kualitas keteladanan dengan kepribadian yang kuat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun