Tujuan pendidikan nasional menurut UU nomor. 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional pasal 3, berbunyi :" Tujuan Pendidikan Nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab."Â
Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut, tentunya diperlukan kerjasama antar komponen yang terlibat dalam pendidikan, karena diantaranya ada saling keterkaitan dan hubungan antar komponen. Sehingga penulis rasa diperlukan adanya penyuluhan - penyuluhan tentang tujuan pendidikan nasional tersebut ke seluruh lapisan masyarakat, agar tujuan pendidikan nasional ini dapat terwujud.
Baca juga: Tujuan Pendidikan Nasional Perlu Direvisi?
Adapun faktor-faktor pendukung terwujudnya pendidikan nasional yang penulis pelajari adalah sebagai berikut:
1. Tujuan Pendidikan
Sudah disebutkan di awal, bahwa tujuan pendidikan nasional adalah sesuai dengan UU No. 20 th.2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 3. Dari tujuan pendidikan nasional yang sudah dijabarkan UU tersebut, tak lain dan tak bukan adalah membentuk " Insan Kamil". Yakni manusia yang sempurna.
2. Peserta Didik
Dalam ruang lingkup pendidikan, tentunya bisa disebut seperti itu, karena adanya peserta didik. Dan peserta didik disini adalah mulai tingkat usia dini hingga mahasiswa. Dan tentunya itu bisa berjalan karena adanya kerjasama dengan para orang tua. Yang tentunya setiap orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak-anaknya.
3. Pendidik
Pendidik disini adalah orang yang rela meluangkan pikiran, tenaga, waktu dan segalanya demi membentuk insan Kamil, dan mengamalkan ilmunya, karena sejatinya ilmu itu akan bertambah jika diamalkan. Pendidik mampu mendidik tanpa membedakan latar belakang peserta didiknya.Â
Baca juga: Benarkah Kurikulum Pendidikan Indonesia Sesuai Tujuan Pendidikan Nasional?
Entah peserta didik itu dari kalangan biasa atau berada, semua diberi pelajaran yang sama secara adil dan seimbang. Karena satu harapannya yakni agar peserta didiknya bisa melebihi pengetahuannya. Dan itu akan membuatnya lebih bangga. Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, berapa gaji guru honorer? Namun mereka tetap gigih memperjuangkannya demi generasi penerus bangsa yang lebih unggul darinya.
4. Lingkungan Pendidikan
Untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, maka faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi. Karena lingkungan pendidikan mempunyai pengaruh besar demi terwujudnya pendidikan nasional tersebut. Sedangkan lingkungan pendidikan tersebut disebut Tri Pusat Pendidikan. Yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Yang ketiganya saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya.
5. Alat Pendidikan
Alat Pendidikan juga merupakan komponen yang sangat penting untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan nasional, karena tanpa alat pendidikan, peserta didik hanya akan berandai-andai membayangkan apa yang dipelajari. Dan itu tentu akan menghambat tercapainya tujuan pendidikan nasional. Adapun alat Pendidikan tersebut tentunya bermacam-macam, bisa diambil contoh dari alam sekitar serta alat yang harus dibeli seperti contoh globe dan alat-alat tulis misalnya.
6. Metode Pendidikan
Metode Pendidikan adalah cara yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan pelajaran kepada peserta didik, agar peserta didik mampu menyerap apa yang telah disampaikan. Dan kalau dari pemerintah saat ini kita telah menggunakan sistem kurikulum 13, sehingga kemudian dilanjutkan dengan bagaimana cara para pendidik menerapkan nya pada peserta didik.
Baca juga: Tri Sentra Pendidikan untuk Mencapai Tujuan Pendidikan Nasional
7. Isi Pendidikan
Adapun isi atau kurikulum pendidikan nasional yang sekarang sudah dicanangkan dan digelorakan oleh pemerintah adalah kurikulum 13, dimana isi dan tujuan pendidikan karakter tersebut adalah dengan mengupayakan terwujudnya masing-masing kompetensi yakni kompetensi religiusitas, sosial, pengetahuan serta keterampilan. Dengan adanya kompetensi tersebut diharapkan bisa tercapai, sehingga kemudian tercapailah Tujuan Pendidikan Nasional sesuai dengan UU No. 20 tahun 2003 tersebut diatas.
Dari penjabaran diatas, dimana tiap komponen yang ada dalam ruang lingkup pendidikan saling berhubungan antara satu dengan lainnya, maka kita semua sebagai pelaku yang ada dalam pendidikan harus saling bekerja sama agar tujuan pendidikan nasional tersebut dapat terwujud. Sehingga masyarakat Indonesia yang "Insan Kamil"bisa benar-benar tercapai.
Pujon, 24042019
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H