Mohon tunggu...
Khoirul Munir
Khoirul Munir Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Peneliti

Manusia bisa dihancurkan, Manusia bisa di matikan, tapi Manusia tidak dapat dikalahkan selama dia yakin dan teguh pada dirinya sendiri.

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Segmentasi Pasar dan Brand Positioning Sate Bebek Cibeber Khas Banten

9 Desember 2021   07:03 Diperbarui: 9 Desember 2021   07:19 768
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kuliner. Sumber ilustrasi: SHUTTERSTOCK via KOMPAS.com/Rembolle

1. Brand Positioning

brand positioning adalah cara atau srategi yang membuat perusahaan diingat baik oleh costumer  atau mendapatkan tempat khusus dari konsumen. Dengan kata lain menciptakan suatu kesan yang unik bagi pelanggan adalah cara terbaik untuk mendapat brand dari sate ini.  Adapun   brand   positioning   dari   Sate Bebek cibeber banyumili yang sudah terkenal di kalangan kuliner adalah sebagai berikut:

2. Manfaat Produk

Sate Bebek Cibeber Khas Banten mengandung protein hewani yang nikmat dan daging bebek sangat cocok untuk anak-anak kita karena meningkatkan kecerdasan dan pertumbuhan.

3. Kemasan dan Atribut Produk

Kemasan sederhana dan sangat unik di bungkus dengan daun pisang agar lebih alami dan nikmat

4. Harga dan Kualitas Produk cukup 

Produk sudah terkenal di masyarakat dan harga yang ditawarkanpun masih terjangkau oleh kalangan menengah atau kelas bawah

5. Menurut Pemakai/ lidah para pengunjung

Daging nya terasa kenyal dan nikmat bagi para penggemar daging bebek.

6. Penempatan Produk

Produk hanya di jual di daerah cilegon karena menjadi makanan khusus kuliner untuk orang-orang cilegon dan sekitarnya. harusnya pengembangan brand ini berlanjut ke daerah-daerah lain dan khususnya banten. setelah memang digemari baru berusaha menembus pasar  internasional

7. Target Market

Berdasarkan segmentasi pasar di atas, target market dari Sate Bebek cibeber banyumili yang berusia 15 sampai dengan 30 tahun pada semua tingkat perekonomian, karena:

a.Dalam penyajian sate tersebut langsung dapat di makan tanpa bumbu karena sudah enak dan gurih

b.Ukurannnya besar dan menjadi salah satu makanan wajib kuliner di cilegon.

jika dilihat dari lima tingkatan produk yangdibuat maka akan seperti dibawah ini

Lima Tingkatan Produk 

  • Nilai manfaat inti (Core benefit)

Nilai     manfaat    inti     dari     Sate Bebek adalah  konsumsi yang baik dan sehat serta mengenalkan icon makanan tradisional khas kota cilegon

  • Produk dasar/ umum (Basic product)

Produk dasar adalah daging bembe dan bumbu dapur turun temurun

  • Produk ekspetasi/ harapan (expected product)

Produk harapan dari Sate Bebek cibeber  adalah aroma/wangi/harum dan  enak, kenyal dan dagingnya gurih.

  • Nilai tambah produk (Augmented product)

Produk harapan dari Sate Bebek cibeber  adalah adanya telah menjadi icon makanan tradisional yang terkenal di kota cilegon.

  • Produk berpotensi (potential product)

Produk harapan dari Sate Bebek cibeber banyumili adalah konsumen dapat  menjadi makanan yang bisa menjadi Go internasional dan di kenal dunia dan nasional yaitu seluruh indonesia.

Kesimpulan

Produk Sate Bebek cibeber sudah sesuai dengan brand positioningnya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun