JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN
MODUL 3.2 Â PEMIMPIN DALAM PENGELOLAAN SUMBER DAYA
Assalamualaikum, Â Salam Guru Penggerak!
Tidak terasa, Â pendidikan guru penggerak angkatan 11 telah sampai pada modul 3.2. Saya Khoirotun Nisak, Calon Guru Penggerak Angkatan 11 dari Kabupaten Sampang, yang sedang bertugas di SMAN 1 Sreseh. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan dalam modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Jurnal ini menjadi wahana bagi saya untuk merefleksikan diri setelah dua minggu terlibat dalam kegiatan Pendidikan CGP.Â
Dalam menulis jurnal refleksi ini, saya mengadopsi Model 4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. Model ini mengarahkan pada empat aspek penting: Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan, yang saya terjemahkan menjadi 4P: Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan.
1. Fact (Peristiwa)
Setelah menyelesaikan pembelajaran pada modul 3.1, saya melanjutkan perjalanan pembelajaran ke materi yang lebih mendalam yaitu modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Proses pembelajaran ini saya jalani secara daring melalui  LMS di PMM dengan menggunakan alur M-E-R-D-E-K-A sebagai panduan: mulai dari Diri, Eksplorasi konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi kontekstual, Elaborasi pemahaman, Koneksi antarmateri, dan Aksi nyata.
Mulai dari Diri: Mengawali pembelajaran dengan mengeksplorasi pengetahuan awal tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya melalui tujuh pertanyaan panduan.
Eksplorasi Konsep: Memahami materi terkait pengelolaan sumber daya berbasis masalah dan berbasis aset, serta konsep Pengembangan Komunitas Berbasis Aset (PKBA). Pada tahap ini, saya juga diberikan studi kasus untuk memperdalam pemahaman melalui analisis mandiri.
Ruang Kolaborasi: Berpartisipasi dalam diskusi kelompok melalui Google Meet tentang kekuatan sumber daya di sekolah dan daerah masing-masing, serta menyajikan hasil diskusi tersebut.