Mohon tunggu...
Khoirotul 23
Khoirotul 23 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Lillahita'ala

Bismillahirrahmanirrahim

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menerapkan Metode Quantum Learning sebagai Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Pembelajaran

13 Juni 2022   11:00 Diperbarui: 13 Juni 2022   11:29 138
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan hal penting dan harus didapat oleh setiap manusia, karena kemajuan bangsa berada ditangan generasi yang akan datang , Hal ini berarti diperlukan teknologi yang berkualitas dan update , metode pembelajaran yang lebih menyenangkan dan banyak menunjang keaktifan siswa, kualitas penduduk yang berkompeten , kemampuan pendidik untuk mengajar dengan penuh rasa cinta dan sepenuh hatinya, serta mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didiknya, 

Dalam penerapannya, metode pembelajaran seharusnya dilakukan sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Menurut Suprijono (2009) berpendapat bahwa metode adalah bentuk representasi akurat sebagai proses aktual yang memungkinkan seseorang atau keompok orang mencoba bertindak berdasarkan metode tersebut.

Hal ini sejalan dengan adanya metode pembelajaran yang berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov,seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai “suggestology” atau “suggestopedia” yang dikenal dengan Quantum Learning. 

Prinsipnya bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi situasi belajar, dan setiap detail apa pun memberikan sugesti positif ataupun negatif. (Bobbi DePorter & Mike Hernacki, 2011: 16) menjelaskan bahwa Quantum Learning adalah kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman daya ingat serta membuat belajar suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan demikian, Quantum Learning dapat digunakan sebagai metode belajar yang dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menjadikan pembelajaran menjadi menyenangkan dan berhasil menurut Collin Rose dan Malcolm J. Nichol :

Menciptakan lingkungan tanpa stress

Menjamin bahwa subyek pelajaran adalah relevan

Menjamin bahwa belajar secara emosional adalah positif

Melibatkan secara sadar semua indera dan juga pikiran otak kiri dan otak kanan.

Menantang otak untuk dapat berpikir jauh ke depan dan mengeksplorasi apa yang sedang dipelajari.

Mengkonsolidasikan bahan yang sudah dipelajari dengan meninjau ulang dalam periode-periode yang relaks.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun