Pendidikan merupakan hal penting dan harus didapat oleh setiap manusia, karena kemajuan bangsa berada ditangan generasi yang akan datang , Hal ini berarti diperlukan teknologi yang berkualitas dan update , metode pembelajaran yang lebih menyenangkan dan banyak menunjang keaktifan siswa, kualitas penduduk yang berkompeten , kemampuan pendidik untuk mengajar dengan penuh rasa cinta dan sepenuh hatinya, serta mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didiknya,
Dalam penerapannya, metode pembelajaran seharusnya dilakukan sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Menurut Suprijono (2009) berpendapat bahwa metode adalah bentuk representasi akurat sebagai proses aktual yang memungkinkan seseorang atau keompok orang mencoba bertindak berdasarkan metode tersebut.
Hal ini sejalan dengan adanya metode pembelajaran yang berakar dari upaya Dr. Georgi Lozanov,seorang pendidik berkebangsaan Bulgaria yang bereksperimen dengan apa yang disebutnya sebagai “suggestology” atau “suggestopedia” yang dikenal dengan Quantum Learning.
Prinsipnya bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi situasi belajar, dan setiap detail apa pun memberikan sugesti positif ataupun negatif. (Bobbi DePorter & Mike Hernacki, 2011: 16) menjelaskan bahwa Quantum Learning adalah kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman daya ingat serta membuat belajar suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Dengan demikian, Quantum Learning dapat digunakan sebagai metode belajar yang dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menjadikan pembelajaran menjadi menyenangkan dan berhasil menurut Collin Rose dan Malcolm J. Nichol :
Menciptakan lingkungan tanpa stress
Menjamin bahwa subyek pelajaran adalah relevan
Menjamin bahwa belajar secara emosional adalah positif
Melibatkan secara sadar semua indera dan juga pikiran otak kiri dan otak kanan.
Menantang otak untuk dapat berpikir jauh ke depan dan mengeksplorasi apa yang sedang dipelajari.
Mengkonsolidasikan bahan yang sudah dipelajari dengan meninjau ulang dalam periode-periode yang relaks.