Mohon tunggu...
Khoeri Abdul Muid
Khoeri Abdul Muid Mohon Tunggu... Administrasi - Infobesia

REKTOR sanggar literasi CSP [Cah_Sor_Pring]. REDAKTUR penerbit buku ber-ISBN dan mitra jurnal ilmiah terakreditasi SINTA: Media Didaktik Indonesia [MDI]. E-mail: bagusabdi68@yahoo.co.id atau khoeriabdul2006@gmail.com HP 081326649770

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ringkasan Contoh Bukti Fisik PKKS Mode Perdirjen GTK 7327

3 Februari 2025   05:15 Diperbarui: 3 Februari 2025   04:19 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

OLEH: Khoeri Abdul Muid, S.Pd., M.Pd.

Kepala Sekolah SD Negeri Kuryokalangan 02, Gabus, Pati

Menurut Peraturan Direktur Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Nomor 7327/B.B1/HK.03.01/2023, Kepala Sekolah harus memiliki tiga kompetensi, yakni 1. Kompetensi Kepribadian, 2. Kompetensi Sosial, dan 3. Kompetensi Profesional.

Berikut adalah ringkasan bukti fisik kompetensi kepala sekolah mulai dari subindikator 1.1.1 hingga 3.3.3:

1.1.1. Makna, Tujuan, dan Pandangan Hidup Kepemimpinan:

  • Visi dan Misi Sekolah yang berpusat pada nilai moral dan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  • Dokumen Visi Misi yang menekankan nilai-nilai kepemimpinan berbasis moral dan keagamaan.

1.1.2. Pengelolaan Emosi dalam Kepemimpinan:

  • Kegiatan Refleksi Diri yang menunjukkan pengelolaan emosi dalam menghadapi tantangan kepemimpinan.
  • Laporan dan Catatan tentang cara kepala sekolah mengelola emosi dalam berbagai situasi.

1.1.3. Penerapan Kode Etik dalam Tugas dan Peran Kepala Sekolah:

  • Kode Etik Kepemimpinan yang diterapkan dalam setiap kebijakan dan keputusan.
  • Dokumen Kebijakan Sekolah yang mencerminkan prinsip etika dalam pengambilan keputusan.

1.2.1. Refleksi dan Perencanaan Pengembangan Diri:

  • Rencana Pengembangan Diri yang fokus pada peningkatan kepemimpinan berpusat pada peserta didik.
  • Jurnal atau Catatan Refleksi Diri yang menunjukkan evaluasi dan perencanaan pengembangan kepemimpinan.

1.2.2. Cara Adaptif Pengembangan Diri:

  • Kegiatan Pelatihan dan Workshop yang diikuti oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kepemimpinan.
  • Dokumen Keikutsertaan dalam pelatihan kepemimpinan yang berfokus pada peserta didik.

1.2.3. Penerapan Hasil Pengembangan Diri:

  • Dokumentasi Proyek atau Program yang diimplementasikan berdasarkan hasil pengembangan diri.
  • Laporan Hasil Evaluasi Program yang menunjukkan dampak pengembangan diri terhadap kualitas kepemimpinan.

1.3.1. Empati terhadap Peserta Didik:

  • Catatan Pengambilan Keputusan yang mempertimbangkan kebutuhan dan kesejahteraan peserta didik.
  • Laporan Hasil Observasi yang menunjukkan empati terhadap peserta didik dalam pengambilan keputusan.

1.3.2. Respek terhadap Hak Peserta Didik:

  • Kebijakan dan Keputusan Sekolah yang menghormati hak-hak peserta didik.
  • Dokumen Hasil Rapat yang membahas hak-hak peserta didik dalam keputusan sekolah.

1.3.3. Kepedulian terhadap Keselamatan dan Keamanan Peserta Didik:

  • Protokol Keamanan dan Keselamatan yang diterapkan di sekolah.
  • Laporan Kegiatan yang terkait dengan keselamatan peserta didik, termasuk pelatihan keamanan.

2.1.1. Pemberdayaan Guru dan Tenaga Kependidikan:

  • Program Pelatihan Guru yang fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran.
  • Dokumen Evaluasi Kegiatan yang menunjukkan pemberdayaan tenaga pendidik.

2.1.2. Pemberdayaan Orang Tua/Wali:

  • Rapat Orang Tua/Wali yang membahas peningkatan kualitas pembelajaran.
  • Dokumen Notulensi Rapat yang melibatkan orang tua dalam kegiatan sekolah.

2.2.1. Komunikasi Efektif dengan Warga Sekolah:

  • Laporan Hasil Komunikasi yang menunjukkan komunikasi efektif dengan berbagai stakeholder sekolah.
  • Buku Agenda Rapat yang mencatat hasil diskusi dan komunikasi terkait dengan kualitas pendidikan.

2.2.2. Pengorganisasian Tugas Bersama:

  • Dokumen Pembagian Tugas yang melibatkan warga sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan.
  • Laporan Hasil Kolaborasi yang menunjukkan tugas-tugas bersama dalam perencanaan dan pelaksanaan program.

2.2.3. Inisiatif Berkontribusi untuk Tujuan Bersama:

  • Dokumen Rencana Aksi yang menunjukkan inisiatif kepala sekolah dan warga sekolah dalam mencapai tujuan bersama.
  • Laporan Pelaksanaan Program yang mencatat kontribusi setiap pihak untuk tujuan bersama.

2.3.1. Berpartisipasi dalam Organisasi Profesi:

  • Surat Tugas atau Undangan untuk berpartisipasi dalam organisasi profesi terkait kepemimpinan pendidikan.
  • Laporan Partisipasi dalam kegiatan organisasi profesi yang memperkaya kualitas kepemimpinan sekolah.

2.3.2. Berbagi Praktik Baik tentang Kepemimpinan:

  • Dokumentasi atau Publikasi mengenai praktik baik yang dibagikan kepada komunitas pendidikan.
  • Laporan Hasil Kegiatan Berbagi yang menunjukkan kontribusi kepala sekolah dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman.

3.1.1. Kepemimpinan dalam Mewujudkan Visi Berpusat pada Peserta Didik:

  • Dokumen Visi Misi Sekolah yang berfokus pada peserta didik dan partisipasi warga sekolah.
  • Rencana Aksi Pengembangan Visi yang melibatkan seluruh pihak dalam implementasinya.

3.1.2. Pengembangan Kebiasaan Belajar yang Berpusat pada Peserta Didik:

  • Program Pembiasaan Belajar yang diterapkan di sekolah untuk meningkatkan kebiasaan belajar peserta didik.
  • Evaluasi Program Kebiasaan Belajar yang melibatkan analisis capaian pembelajaran peserta didik.

3.1.3. Pengelolaan Komunitas Belajar Berbasis Data:

  • Data Capaian Belajar yang digunakan untuk merencanakan dan mengelola kegiatan pembelajaran.
  • Laporan Pengelolaan Komunitas Belajar yang berbasis pada data untuk meningkatkan capaian peserta didik.

3.2.1. Kepemimpinan dalam Menciptakan Lingkungan yang Aman dan Inklusif:

  • Dokumen Kebijakan Lingkungan Sekolah yang menciptakan suasana aman dan inklusif.
  • Laporan Kegiatan Keamanan dan Inklusi yang menunjukkan usaha untuk menciptakan lingkungan belajar yang nyaman.

3.2.2. Kepemimpinan dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran:

  • Rencana Pembelajaran yang disusun berdasarkan kebutuhan dan karakteristik guru.
  • Laporan Pelaksanaan Pembelajaran yang mencerminkan pengelolaan asesmen dan pelaporan capaian belajar.

3.3.1. Penelusuran Sumber Daya untuk Perencanaan dan Pelaksanaan Program:

  • Dokumen Sumber Daya yang tersedia di sekolah untuk mendukung perencanaan dan pelaksanaan program.
  • Laporan Perencanaan Program yang mencakup identifikasi dan pemanfaatan sumber daya yang ada.

3.3.2. Pengelolaan Sumber Daya untuk Peningkatan Pembelajaran:

  • Rencana Pengelolaan Sumber Daya yang fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik.
  • Laporan Penggunaan Sumber Daya yang menunjukkan efektivitas dalam penggunaan sumber daya untuk pembelajaran.

3.3.3. Pengelolaan Sumber Daya secara Transparan dan Akuntabel:

  • Laporan Keuangan dan Pengelolaan Anggaran yang terperinci dan transparan.
  • Dokumen Pengelolaan dan Pengawasan Sumber Daya yang menunjukkan akuntabilitas dalam penggunaan sumber daya sekolah.***

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun