OLEH: Khoeri Abdul Muid
Magister Pendidikan Dasar, Universitas Muria Kudus
Pembimbing I: Dr. Su'ad, M.Pd.
Pembimbing II: Dr. Santoso, M.Pd.
Pendahuluan
Di era globalisasi, keberagaman budaya menjadi tantangan sekaligus peluang bagi dunia pendidikan. Sebagai contoh, Kabupaten Pati memiliki keberagaman budaya yang mencakup berbagai suku, agama, dan tradisi lokal. Pendidikan multikultural memiliki peran penting dalam membangun kesadaran akan toleransi, penghargaan terhadap perbedaan, dan penguatan karakter siswa. Dalam konteks Kabupaten Pati, penguatan karakter multikultural menjadi relevan untuk membentuk siswa yang mampu hidup dalam harmoni di tengah masyarakat yang heterogen. Untuk menjawab kebutuhan ini, dikembangkan Buku Saku Literasi Berbasis Cerpen-Gram (Busali Cerpen-Gram) sebagai media inovatif.
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk:
- Mengembangkan Buku Saku Literasi Berbasis Cerpen-Gram (Busali Cerpen-Gram).
- Menganalisis kelayakan media pembelajaran tersebut.
- Menguji efektivitas Busali Cerpen-Gram dalam penguatan karakter multikultural siswa SD kelas tinggi di Kabupaten Pati.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall, yang meliputi 10 tahapan: identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, uji coba produk, revisi kedua, uji coba pemakaian, revisi akhir, dan produksi massal. Data diperoleh melalui wawancara, angket, dan skala sikap. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan efektivitas diuji melalui uji statistik menggunakan Paired Samples Test. Sebagai ilustrasi, pada tahap validasi desain, dilakukan diskusi mendalam dengan para pakar untuk memastikan bahwa materi yang disusun sesuai dengan kebutuhan siswa.
Hasil Penelitian
Proses Pengembangan
"Busali Cerpen-Gram" dikembangkan melalui proses yang sistematis dan terstruktur. Buku ini terdiri atas:
- Bagian Cover: Menampilkan desain menarik dengan elemen visual yang mencerminkan nilai multikultural.
- Preliminary: Berisi judul, hak cipta, kata pengantar, dan tutorial penggunaan lengkap dengan contoh. Sebagai contoh, tutorial penggunaan mencakup langkah-langkah untuk menyelesaikan tugas cerpen-gram dengan panduan gambar.
- Isi: Memuat 12 cerpen bertema multikultural, dilengkapi dengan tugas cerpen-gram yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa. Cerpen-cerpen ini mencerminkan situasi sehari-hari yang relevan, seperti interaksi antarbudaya di lingkungan sekolah.
- Postliminary: Memuat daftar pustaka, biodata penulis, dan lampiran evaluasi.