Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilaksanakan Universitas Pendidikan Indonesia pada tahun 2022 mengusung tema "Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa dan MBKM". SDG's Desa merupakan upaya terpadu untuk pembangunan ekonomi, sosial, lingkungan, hukum dan tata kelola masyarakat di tingkat Desa.Â
Goals SDG's Desa diturunkan dari Goals SDG's Nasional menjadi 18 bidang fokus pembangunan. 18 bidang tersebut menjadi tema turunan KKN UPI 2022 yang salah satu temanya yaitu desa tanpa kemiskinan.
Mahasiswi yang bernama Khasa Aulia Kholidah jurusan PG-PAUD Kampus Serang melaksanakan kegiatan KKN di wilayah RW 04, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat. Tema yang diambil tentang "Desa tanpa Kemiskinan" dengan sub tema "Keluarga Penerima Bantuan Sosial". Kegiatan KKN dimulai dari tanggal 11 Juli - 02 Agustus 2022.
Kegiatan KKN yang dilakukan dengan memberikan edukasi mengenai berwirausaha dan pendambingan kegiatan literasi digital dengan sasaran penerima PKH dan anak penerima PKH.Â
Kegiatan ini dilakukan agar penerima PKH tidak bergantung terhadap bantuan tersebut dan penerima PKH beserta anaknya dapat cakap dalam menggunakan teknologi pada era 4.0 saat ini.
Berwirausaha adalah suatu kegiatan usaha yang melibatkan kemampuan untuk melihat kesempatan-kesempatan usaha yang kemudian mengorganisisr, mengatur, mengambil resiko, dan mengembangkan usaha yang diciptakan tersebut guna meraih keuntungan.
Edukasi mengenai berwirausaha dilaksanakan pada tanggal 22, 25, 26 dan 27 Juli. Pada kegiatan ini dibahas mengenai pengertian berwirausaha, tips memulai usaha, jenis usaha modal kecil dan cara mengembangkan usaha yang sudah dijalani.
Para ibu penerima PKH sudah mengetahui mengenai tentang usaha. Tapi, cara memulai yang tepat, jenis-jenis usaha dengan modal kecil sampai dengan cara mengembangkannya mereka masih awam dengan hal-hal itu. Salah satu yang paling menarik perhatian mereka tentang jenis-jenis usaha.Â
Dari beberapa jenis usaha yang dijelaskan mereka tertarik dengan reseller, dropship dan affiliate. Dilihat dari ketertarikan para ibu mengenai ketiga jenis usaha tersebut maka diberikan penjelasan lebih rinci dimulai dari cara mendaftar, cara menggunakannya hingga kelebihan dan kekurangan dari jenis-jenis usaha tersebut. Mahasiswi juga memberikan kontak pribadi jikalau ibu-ibu tersebut nantinya ada kesulitan atau ada hal-hal yang ingin dibantu.
Pada hari yang sama selain adanya edukasi tentang berwirausaha mahasiswi UPI juga melakukan kegiatan literasi digital tentang cara mendaftar, menggunakan dan fitur-fitur yang ada pada m-banking.
Ibu-ibu memberikan respon positif mengenai kegiatan edukasi yang dilakukan oleh mahasiswi UPI. Harapannya akan semakin banyak mahasiswi yang melakukan kegiatan KKN di RW 04, Kelurahan Rawa Buaya.
Tak hanya itu, mahasiswi UPI juga melakukan kegiatan literasi digital kepada anak-anak penerima PKH. Kegiatan literasi digital diadakan pada hari Jum'at, 29 Juli 2022 dan Senin, 01 Agustus 2022. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan literasi digital ini, seperti pengenalan bagian-bagian laptop dan fungsinya, pengoperasian secara dasar dari Microsoft Word dan Power Point, serta bermain games by learningapps.org.
Jum'at, 29 Juli 2022, telah dilaksanakan pertemuan pertama kegiatan literasi digital. Kegiatan yang dilakukan yaitu mengenalkan bagian atau perangkat dari laptop yaitu layar, keyboard, touchpad, tombol on/off, tombol enter, tombol caps lock, tombol backspace dan tombol spasi berserta fungsinya.Â
Selanjutnya, cara mengetik di Microsoft Word dan menggambar melalui Microsoft Power Point. Dan bermain games sebanyak tiga jenis permainan. Jenis games edukasi yang diberikan yaitu bermain teka-teki/TTS, bermain sesuaikan nama perangkatnya dengan gambarnya dan bermain serasi gambar atau mencari gambar yang sama.
Pertemuan kedua dilakukan pada hari Senin, 01 Agustus 2022. Pertemuan kedua anak-anak diberikan kesempatan untuk bereksplor secara bebas dan tetap mendapat pendampingan dari mahasiswi. Anak-anak bermain games edukasi sebanyak dua jenis permainan. Permainan pertama mencari gambar yang sama dengan tujuan melatih konsentrasi dan daya ingat.Â
Permainan kedua menjawab singkat dari pertanyaan yang ditampilkan. Dalam permainan ini anak-anak diberikan kesempatan untuk melihat poster digital tentang bagian-bagian laptop beserta fungsinya. Tujuannya adalah agar anak dapat fokus dan mengingat kembali apa yang telah dijelaskan.
Respon anak-anak selama kegiatan literasi digital sangat positif, memperhatikan dengan seksama ketika mahasiswi memberikan penjelasan dan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Sebagai bentuk apresiasi karena anak-anak berhasil menjawab.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H