Mohon tunggu...
Khansa ZaizafunFaiha
Khansa ZaizafunFaiha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Psikologi Universitas Sebelas Maret

Memiliki ketertarikan pada bidang psikologi dan ilmu sosial

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Influencer dan Sosial Media: Daya Pikat Cemerlang sebagai Sarana Strategi Marketing

7 Juli 2023   23:41 Diperbarui: 9 Juli 2023   04:25 294
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seberapa sering Anda melihat seseorang yang memiliki ribuan hingga jutaan followers di sosial media mempromosikan suatu barang ataupun jasa?

Di era sekarang ini munculnya influencer, yaitu seseorang atau sekelompok orang yang memiliki pengaruh besar di sosial media, menjadi sebuah kekuatan baru dalam dunia marketing. Dengan banyaknya pengikut (followers) yang dimilikinya, para influencer ini mampu menjangkau dan juga berinteraksi secara lebih dekat untuk mempromosikan suatu barang ataupun jasa. Strategi marketing ini disebut sebagai influencer marketing, dimana dalam prosesnya memanfaatkan kepopuleran serta pengaruh dari seorang influencer untuk mempromosikan produk dari suatu usaha. Strategi marketing ini semakin populer di kalangan brand maupun marketer karena dianggap memiliki keefektifitasan yang lebih bila dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional. 

Salah satu alasan mengapa influencer marketing dianggap sebagai strategi yang cukup efektif untuk menarik para pelanggan adalah karena adanya interaksi yang konsisten antara influencer dengan pengikutnya di sosial media sehingga terbangun suatu hubungan kepercayaan yang membuat para influencer dianggap sebagai salah satu sumber informasi yang cukup kredibel mengenai produk yang dipromosikan. Di sisi lain, keuntungan yang diperoleh sebuah brand yang bekerja sama dengan influencer yaitu dapat menentukan target audiens yang ingin dijangkau sehingga lebih sesuai dengan target yang dibutuhkan. 

Membahas mengenai influencer marketing, tentunya hal ini sangat berkaitan erat dengan sosial media. Semakin majunya teknologi dan arus informasi menjadikan sosial media sebagai suatu tren yang cukup kuat pengaruhnya dalam komunikasi pemasaran. 

Antony Mayfield (2008) mengemukakan bahwa sosial media merupakan suatu media yang penggunanya dapat berpartisipasi, berbagi dan menciptakan peran, khususnya blog, jejaring sosial, ensiklopedia online, forum-forum maya, termasuk virtual worlds. Dalam dunia ekonomi dan bisnis, sosial media memiliki peran yang sangat besar dalam memasarkan suatu barang atau jasa. Hal tersebut dapat disebut sebagai social media marketing. 

Pemasaran melalui sosial media dapat menjadi salah satu cara yang baik untuk mengembangkan suatu bisnis, memperluas jangkauan, serta menghubungkan diri dengan pelanggan. Beberapa kelebihan dari penggunaan social media marketing adalah : 

  • Efisiensi biaya dan waktu

Apabila dibandingkan dengan proses marketing yang dilakukan secara tradisional, seperti menyebarkan brosur, memasang iklan di koran, dan lain sebagainya, promosi melalui sosial media memiliki biaya yang relatif lebih rendah dan dapat menjangkau pasar yang relatif lebih luas tanpa perlu membuang banyak waktu untuk melakukan promosi secara langsung (offline)

  • Interaktif

Pengguna sosial media dapat memilih waktu untuk memulai melakukan promosi, dimana saja, dengan siapa, serta lamanya waktu untuk melakukan promosi.

  • Kesempatan untuk penetrasi dan jangkauan pasar yang lebih luas

Sosial media merupakan sebuah platform yang digunakan secara terbuka oleh orang-orang di berbagai belahan dunia, sehingga dengan banyaknya jumlah pengguna sosial media, tentunya akan memperluas jangkauan promosi produk, sehingga menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi suatu brand,

  • Konten menarik

Promosi melalui sosial media memiliki banyak pilihan konten yang menarik, praktis, serta tidak terbatas

  • Mudah diukur

Sosial media menyediakan fitur yang dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana konten-konten yang telah dibuat memiliki dampak pada penjualan produk.

  • Pemirsa tak terbatas

Karena memiliki jangkauan yang sangat luas, orang-orang yang menonton konten yang telah dibuat tidak hanya terbatas pada suatu lokasi saja. 

Menghubungkan influencer marketing dan sosial media marketing, berikut beberapa contoh influencer marketing yang dapat dilakukan di sosial media Instagram: 

  1. Mengunggah Feed dengan Foto Produk yang Ditawarkan 

Aktivitas satu ini merupakan bentuk yang sangat umum dilakukan oleh para influencer dalam mempromosikan produk yang ditawarkan. Cara ini disebut sebagai salah satu cara yang ampuh dalam mempengaruhi para pengikut maupun orang-orang selain pengikutnya untuk menggunakan produk yang dipromosikan tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan kepercayaan yang telah terbentuk sebelumnya, antara influencer dan pengikutnya. 

  1. Mengunggah Promosi Produk Melalui Fitur IG Story

Menggunakan fitur IG Story juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan suatu produk. Fitur ini dipercaya dapat menjangkau pengguna aplikasi Instagram secara lebih luas bila dibandingkan dengan postingan. Sehingga seringkali terlihat para influencer mempromosikan produk melalui fitur ini.

  1. Mengadakan Giveaway

Strategi pemasaran yang selanjutnya adalah dengan mengadakan giveaway. Giveaway sendiri didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang melibatkan pemberian hadiah kepada orang lain dengan syarat-syarat yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi ini dirasa memberikan dampak yang cukup luas dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang adanya suatu brand.

  1. Kode Diskon

Seringkali dalam postingan di feed maupun di IG Story, para influencer mencantumkan kode diskon yang dapat digunakan oleh para pelanggan ketika akan membeli barang di yang promosikan oleh influencer tersebut. Melalui kode diskon tersebut, pelanggan dapat memperoleh potongan harga dengan jumlah tertentu. 

Ada banyak strategi marketing yang dapat dipilih untuk memajukan suatu usaha. Menentukan akan menggunakan strategi marketing pun termasuk sebagai kegiatan perencanaan yang sangat penting untuk diperhatikan. Di antaranya banyaknya pilihan, social media marketing dan influencer marketing dapat dipilih sebagai salah satu alternatif yang cukup menjanjikan bagi usaha yang Anda miliki. 

Referensi : 

Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing.

Purbohastuti, A. W. (2017). Efektivitas media sosial sebagai media promosi. Tirtayasa Ekonomika, 12(2), 212-231.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun