Mohon tunggu...
khannatul Maula
khannatul Maula Mohon Tunggu... Guru - CGP Angkatan 7 kabupaten Cirebon, Guru PAI SDN 2 Sarajaya

CGP Angkatan 7 Kabupaten Cirebon Guru PAI SDN 2 Sarajaya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan, Modul 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

20 Mei 2023   22:02 Diperbarui: 20 Mei 2023   22:15 554
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2 

Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

Salam dan Bahagia Ibu guru hebat, Perkenalkan saya Khannatul Maula Dasuki GPAI SDN 2 Sarajaya, Calon Guru Penggerak angkatan 7 kabupaten Cirebon, Dalam pendidikan guru penggerak saya di bimbing oleh fasilitator  ibu Hj. Ela Nurlaela, M.Pd. dan di dampingi pengajar praktik ibu Rina Dianawati, S.Pd.

Disini saya akan menuliskan refleksi dwimingguan modul 3.2 dengan menggunakan model 4 C, Connection, Challenge, Concept dan Change

1. Connection, apa keterkaitan materi yang didapat dengan peran anda sebagai Calon Guru Penggerak?

Pada modul 3.2 ini saya mempelajari tentang Pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya, Pembahasan modul ini berfokus pada peran pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya yang memandang sekolah sebagai ekosistem dimana sekolah adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor biotik (unsur yang hidup) dan abiotik (unsur yang tidak hidup). Kedua unsur ini saling berinteraksi satu sama lainnya sehingga mampu menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis dan saling memengaruhi dan membutuhkan keterlibatan aktif satu sama lainnya.

Dalam pengembangannya ekosistem sekolah menerapkan pendekatan pengembangan komunitas berbasis asset (PKBA), pendekatan PKBA menekankan kepada kemandirian dari suatu komunitas untuk dapat menyelesaikan tantangan yang dihadapinya dengan bermodalkan kekuatan dan potensi yang ada di dalam diri mereka sendiri, dengan demikian hasil yang diharapkan akan lebih berkelanjutan. Pendekatan PKBA berfokus pada potensi aset/sumber daya yang dimiliki oleh sebuah komunitas, dimana selama ini komunitas sibuk pada strategi mencari pemecahan pada masalah yang sedang dihadapi. PKBA merupakan pendekatan yang digerakkan oleh seluruh pihak yang ada di dalam sebuah komunitas.

Keterkaitan materi pada modul 3.2 dengan peran saya sebagai seorang calon guru penggerak sangat berkaitan diantaranya:

  • Sebagai pemimpin pembelajaran harus mampu mengelola sumber daya yang tepat sehingga bisa menyiapkan pembelajaran yang berpihak pada murid
  • Calon guru penggerak harus mampu pengembangan diri dan komunitas sebagai bagian dari asset atau sumber daya yang ada di sekolah
  • Calon guru penggerak harus mampu menggerakkan seluruh warga sekolah untuk berkolaborasi mengidentifikasi asset atau sumber daya dalam menyusun dan melaksanakan visi sekolah dan melakukan prakarsa perubahan lainnya demi kemajuan pendidikan

2. Challenge, adakah materi/ide atau pendapat dari narasumber yang berbeda dengan praktik yang dijalankan selama ini?

Terdapat beberapa materi yang berbeda dari modul 3.2 ini dengan apa yang sudah saya terapkan selama ini, diantaranya sebelum mempelajari modul ini saya selalu berfikir bahwa asset yang ada disekolah saya sangat sedikit dan kurang mendukung dalam mewujudkan program-program yang berdampak pada murid, namun ternyata pemikiran yang saya miliki ini salah. Saya seharusnya memanfatkan apa yang ada di sekolah maupun sekitarnya guna mewujudkan pelaksanaan program-program yang berdampak pada murid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun