Mohon tunggu...
Khalisha Dian
Khalisha Dian Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo, saya adalah mahasiswa dari Politeknik Negeri Semarang.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Sistem Informasi Manajemen terhadap Perusahaan Tokopedia

15 September 2024   23:22 Diperbarui: 16 September 2024   01:05 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar: aloha.co.id/penulis: Rico Huang

Teknologi sekarang sudah bikin hidup kita jauh lebih praktis, terutama dalam hal berbelanja. Lewat smartphone, kita bisa melakukan transaksi dengan cepat dan mudah.

Seiring dengan perkembangan ini, muncul berbagai platform e-commerce, dan salah satu yang terbesar di Indonesia adalah Tokopedia. Di platform ini, individu, bisnis kecil, hingga brand besar bisa membuka dan mengelola toko online mereka sendiri.

Berdasarkan analisis, Tokopedia telah memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) dengan sangat baik untuk meningkatkan kinerja operasionalnya.

Menurut Moekijat, "Sistem informasi manajemen adalah jaringan pengolah data yang dibutuhkan organisasi untuk memberikan informasi internal dan eksternal sebagai dasar pengambilan keputusan yang tepat guna mencapai tujuan organisasi."

Di era digital seperti sekarang, perusahaan bisa mengakses, memproses, dan menghasilkan data dengan cepat, akurat, dan relevan. Teknologi informasi sanga membantu dalam operasional bisnis, memecahkan masalah, dan mendukung pengambilan keputusan, baik untuk saat ini maupun masa depan. 

Salah satu contohnya adalah transaksi online, di mana penjual dan pembeli bisa berinteraksi melalui internet tanpa harus bertemu langsung. Dengan teknologi ini, orang bisa memesan produk dari mana saja menggunakan komputer atau ponsel mereka. Hal ini membuat operasional bisnis menjadi lebih efisien karena banyak proses yang bisa dijalankan secara otomatis, sehingga mengurangi biaya operasional seperti toko fisik atau gaji karyawan.

Pertukaran informasi antara organisasi dan pemangku kepentingan yang dilakukan melalui media elektronik dan terhubung ke internet dikenal sebagai e-commerce. Pengusaha online bisa memanfaatkan berbagai platform marketplace untuk mengelola transaksi dan mempromosikan produk mereka. 

Sistem informasi tidak hanya mempermudah kinerja perusahaan, tapi juga berperan sebagai strategi yang memberikan keunggulan kompetitif.

Dengan menyediakan informasi penting seperti jumlah pesanan, harga produk, hingga gaji karyawan, sistem informasi membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. Sistem yang dikelola dengan baik juga memudahkan manajemen di semua level untuk mengambil keputusan yang efektif.

Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia sudah membangun infrastruktur IT yang aman menggunakan teknologi cloud dari Epsilon.

sumber gambar: tokopedia.com
sumber gambar: tokopedia.com

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai bagaimana Tokopedia menerapkan Sistem Informasi dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

Ada dua sistem informasi utama yang dipakai Tokopedia dalam platform jual-belinya: Sistem Pendukung Operasi (OSS) dan Sistem Pendukung Manajemen (MSS).

Beberapa sistem lain yang mendukung operasional Tokopedia antara lain:

1. Sistem Pengolahan Transaksi. Sistem ini mengelola semua transaksi antara perusahaan dan pelanggan. Biasanya, perusahaan menggunakan layanan pelanggan atau karyawan untuk menangani transaksi. Di Tokopedia, Sistem Pengolahan Transaksi diimplementasikan lewat aplikasi, yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan toko dan melakukan transaksi dengan mudah.

Selain itu, layanan pelanggan juga berperan penting dalam menanggapi keluhan atau pertanyaan konsumen. Setelah Sistem Pengolahan Transaksi dievaluasi untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi pelanggan, data tersebut diproses lewat Sistem Informasi Pemasaran dan diterapkan dalam Customer Relationship Management (CRM), yang membantu Tokopedia memberikan pelayanan yang lebih baik.

2. Sistem Informasi Manajemen (SIM). Sistem ini menyediakan laporan detail kepada manajemen. Di Tokopedia, laporan yang dikumpulkan dari layanan pelanggan akan disampaikan kepada manajer atau atasan. Laporan ini bisa berupa data statistik, jumlah pesanan, atau evaluasi kinerja karyawan dalam periode tertentu, yang berguna untuk meningkatkan efisiensi operasional.

3. Sistem Pendukung Keputusan. Sistem ini membantu pengambilan keputusan strategis di perusahaan dengan memanfaatkan data khusus. Di Tokopedia, Sistem Pendukung Keputusan bertujuan untuk memberikan saran terkait ekspansi produk, kerja sama dengan mitra penjual, atau penambahan fitur baru. Dengan adanya data ini, perusahaan bisa mengambil keputusan yang lebih baik dan efisien.

4. Sistem Informasi Eksekutif. Sistem ini adalah sistem tertinggi yang bertanggung jawab dalam pembuatan kebijakan baru, pengesahan, dan implementasi kebijakan tersebut. Di Tokopedia, komisaris utama termasuk bagian dari Sistem Informasi Eksekutif yang bertugas merumuskan kebijakan dan memastikan penerapan tata kelola perusahaan yang baik.

Jadi, dengan memanfaatkan berbagai sistem informasi yang baik, Tokopedia dapat terus berkembang, mengambil keputusan yang strategis, dan meningkatkan pengalaman
pengguna secara menyeluruh.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun