Mohon tunggu...
khairun nisa nabila
khairun nisa nabila Mohon Tunggu... Guru - khilairun nisa nabila
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

pejuang sukses

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

APA YA SESANSI BELAJAR ANAK PIAUD ATAU TK?

12 Oktober 2020   00:20 Diperbarui: 12 Oktober 2020   01:58 112
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Yg di beri lingkungan  pada masa peka masing masing anak berbeda seiring laju dengan pertumbuhan dan perkembangan anak secara individual masa ini juga masa peletak dasar pertama untuk mengembangkan pertumbuhan kognitif bahasa, gerak gerak motorik,dan sosio emosional pada anak usia dini,pendidikan anak usia dini ,jalur penyelenggaraan pendidikan anak usia dini ,berdasarkan uud tentang sistem pendidikan nasioanal menyatakan bahwa pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yg di tunjukkan kepada anak sejak lahir samapai dengan usia 6 tahun yg dilakukan melalui pemberian rasangan pendidikan untuk membentuk pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesepian dlam memiliki kesiapan dlam memasuki pendidikan lebih lanjut lebih lanjut, (uu nomor 20 tahun 2003)bab 1 pasal 1 ayat 14 ,penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dapat dilakukan dlam bentuk formal nonformal dan informal setiap bentuk penyelenggaraan memiliki  kekhasan sendiri penyelenggaraan pendidikan anak usia dini pada jalur formal adalah taman kanak kanak ( TK) atau dan lembaga,

-secara khusus tujuan pendidikan  anak usia dini  adalah?

1.agar anak percaya akan adanya tuhan dan mampu beribadah serta mencintai sesama nya

2.agar anak mampu mengelola keterampilan tubuh nya termasuk gerakan motorik kasarar dan motorik halus serta mampu menerima  rasangan sensorik, 

3.anak mampu menggunakan bahasa untuk pemahaman bahasa fasip dan dpat berkomunikasi secara efektif sehingga  dapat untuk berpikir dan belajar,

4.anak mampu berfikir logus, kritis, memeberikan alasan memecahkan masalah dan menemukan hubungan sebab akibat ,

5.anak mampu mengenal lingkungan alam dan lingkungan sosial, peranan msyarakat dan menghargai keragaman sosial dan budaya serta mampu mengembangkan konsep diri yg positif dan control diri, 

6.anak memiliki kepekaan terhadap irama nada berbagai bunyi serta menghargai kreatif dan sbgnya, 

-perhatian atau atensi,(istilah pisikologi) adalah pemrosesan secara sadar sejumlah kecil imformasi yg tersedia imformasi didapatkan dari pengindaraan ingatan maupun proses kognitip lainnya ,proses perhatian membantu ketepat gunaan  penggunaan sumber daya mental yg terbatas yg terkemudian akan membantu kecepatan reaksi terhadap rangsang tertentu, 

A, kapasitas pemrosesan dan atensi selektif 

fakta bahwa kita secara selektif memilih hanya sebagian kecil stimuli dri seluruh stimuli yg ada di sekeliling kita, dapat di contoh kan ketika kita mencari suatu benda dlam ruangan yg gelap lalu kita membawa senter ,dan senter itu hanya terfokus ditengah menyenteri benda benda lainnya tidak di pedulikan dan dibiarkan dlam kegelapan,

-jika bicara tentang atensi mungkin banyak orang yg mengaitkannya dengan kata serapa dri attention ,sebenarnya atensi memang tdk jauh dri kata attention yaitu menjadi perhatian pusat perhatian memperhatikan dan lain lain nya, sehingga dpat di simpulkan jika atensi adalah pemutusan pikiran yg berbentuk jernih pada sejumlah objek atau pemikiran, 

dalam kehidupan sehari hari nya atensi menjadi bagian yg sangat penting bagian seseorang yang untuk mendapat proses segala imformasi ,bayangkan saja jika anda harus fokus terhadap semua informasi yg didapatkan tanpa memprioritaskan  mana yg lebih penting,tentu saja seseorang  akan merasa sekebingungngan ketika melakukan sevuah pekerjaan dengan merespon segala informasi dengan membutuhkan perhatian yg sama, 

-pengertian peresepsi 

menurut bahasa inggris peresepsi yaitu perception yaitu cara pandangnya terhadap sesuatu  atau mengutarakan ,ruch (1967)adalah suatu proses tentang petunjuk indrawi dan pengelaman untuk menggambarkan makna situasi tertentu, jalladuin rakhmat (1998)persepsi adalah suatu tetang obyek ,pristiwa, atau hubungan yang diperoleh menafsirkan pesan, 

semua persepsi dlam pisikologi melibatkan sinyal dlam sistem syaraf ,sinyal ini timbul sebagai akibat dri ransangan fisik dan kimiawi terhadap indra perasa ,minsalnya, indra penglihatan melibatkan cahaya yg menyentuh retina dari mata ,indra perciuman diransang melalui molekul,molekul adalah bau yg tersebar melalui udara dan indra pendengaran melibatkan gelombang suara,persepsi bukanlah  reaksi fasif terhadap sinyal -sinyal ini melainkan lebih cenderung kepada pembentukan pembelajaran, ingatan,harapan,ekspestasi dan perhatian, 

-proses persepsi pembentukan persepsi dalm psikologi diawali dengan suatu objek di dunia nyata ini, yg disebut sebagai stimulas distal ,objek ini lalu meransang organ organ pengindaraan tubuh manusia melalui cahaya suara dan proses fisik lainnya, kemudian organ pengindaraan akan merubah ransangan yg di teima tersebut menjadi aktivitas syaraf melalui suatu proses yg di kenal dengan transduksi, pola aktivitas syaraf yg demikian ini dikenal dengan proximal stimulus ,sinyal sinyal syaraf lalu dikirimkan keotak lalu bgaimana mereka lalu akan di proses, hasil dri proses tersebut yg lalu dikenal sebgai persep, 

-teori persepsi 

1.sebagai persepsi langsung, 

-teori kognitip dari persepsi memiliki asumsi adanya kekurangan dri stimulus yg didapat, denagn demikian ,maka di percaya bahwa rasangan semata tdk cukup menyediakan deskripsi dan gambaran yg unik dri dunia sebelum rasangan ini  dapat diintepretasikan,rasangan harus di perkaya terlebih dahulu dan ini merupakan peranan dari model mental, 

-teori perceptual ecology yg menolak perlunya stimulas untuk di perkaya terlebih dahulu sebagai ganti nya ,gibson menyelidiki informasi apa yg sebenarnya di berikan kepada sistem persepsi ?

-teori gibson sendiri mengansumsikan adanya keberadaan yang stabil ,dan tdk terikat dan stimulus informasi yg permanen dlam pandangan optik ,selanjutnya adalah anggapan dlam sistem visual,dapat mengespolarasi dan mendenteksi informasi ini, dlam teori ini dapat dilihat bahwa ransangan yg diteria merupakan informasi dan bukan suatu sensasi ,

-pradigma yg dubuat oleh gibson membuat iya dan para ahli tentang persepsi dlam pisikologi ini atau dan yg lain lain nya, 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun