kira-kira apa ya???
A. motivasiÂ
istilah motivasi baru di kenal sejak awal abad ke 20 puluh, selama beratus- beratus tahun Lo!!!manusia di pandang sebagai makhluk rasional dan intelek dan memilih tujuan dan menentukan tujuan secara bebas, manusia bebas untuk memilih dengan pilihan yang ada baik maupun buruk,tergantung pada inteleggasi dan pendidikan individu oleh karena nya manusia bertanggung jawab penuh terhadap setiap prilakunya,konsep motivasi terinspirasi dari kesadaran para pakal ilmu terutama pakar filsafat, bahwa tidak semua tingkah laku manusia di kendali kan oleh akal, akan tetapi tidak banyak pembuat manusia yang di lakukan diluar kontrol manusia, sehingga lahir lah sebuah pendapat bahwa manusia sebagai mahluk rasionalistis, ia juga sebagai makhlu mekanistik,Â
B.bakat
bakat atau aptitude merupakan kecakapan yg pontesial yang bersifat khusu yaitu khusus dlam suatu bidang atau kemapuan tertentu,seseorang lebih berbakat dalam bidang bahasa sedanng yg lain dlam bidang matematika yang lain lagi lebihenunjukkan bakat nya dlam bidang pendidikan  anak usia dini yaitu paud dan masih bnyak bakat yang lain lain nya, banyak para ahali menemukan kan bakat defenisi lain bakat, diantara nya adalah menurut W, B, michael bakat merupakan suatu kapasitas atau potensi yang lain nya yang belum di pengaruhi pengelaman atau belajar ,bakat berkenan dengan kemungkinan menguasai sesuatu pola tingkah laku dalam aspek kehidupan tertentu,Â
-
Guillford memberikan defenisi sedikit berbeda menurut nya bakat banyak sekali sebanyak perbuatan atau aktivitas individu,Â
kira"!!!apa yaÂ
-Konsep minat nya:
Merupakan sumber motivasi yang mendorong orang untuk melakukan apa yang mereka inginkan bila mereka bebas memilih ,bila mereka melihat bahwa sesuatu akan meruntungkan, mereka semua merasa berminat ini kemudian mendatangkan  kepuasan berkurang, sebaliknya kesenangan merupakan minat yang sementara, iya berbeda dri minat bukan dlam kualitas melainkan dlam ketetapan (persistence) selama kesenangan itu ada mungkin instentias itu ada,mungkin intestitas dan motivasi yang menyertain sama tinggi dengan minat namu ia segera berkurang dengan kegiatan yang ditimbulkan nya hanya memberi kepuasan hanya sementara minat lebih tetap  (persisten) karena minat memuaskan kebutuhan yang penting dlam kehidupan seseorang (hurlock 1999,)
-apabila seseorang menaruh perhatian nya terhadap sesuatu maka minat akan menjadi  motif yang kuat untuk berhubungan secara lebih aktip dengan sesuatu yang menarik minat nya, minat akan semakin bertambah jika akan di salurkan dalam suatu kegiatan ,keterkaitan dengan kegiatan tersebut akan semakin menumbuh kembangkan minat sesuai pendapat yg di kemukakan hurlock, bahwa semakin sering minat diekspresikan dlam kegiatan maka semakin kuatlah ia,sebaliknya minat akan padam bila tidak disalurkan  karenanya minat  dapat menjadi sebab terjadinya suatu kegiatan dan hasil yg akan di peroleh (hurlock 1999)
-Konse dan teori motivasi :
motivasi sesungguhnya sebagai sumber inspirasi ,mengingat motivasi yang bersumber dari dlam diri ,yakni dlam bentuk inpirasi diriproses inspirasi ini di pelihara sehingga menjadi pergerak bagi seseorang untuk tijuan mereka, bahkan mengatakan bahwa motivasi adalah inti dri bisnis dan motivasi slalu mengacu pada sesuatu dlam organisme motivasi begitu penting selain sebagai sumber inspirasi setiap individu menjadi pergerak individu, dan inti dri setiap individu dlam mencapai tujuan dan bisnisnya, motivasi sebagai keadaan dlam pribadi seseorang yang mendorong ke inginnan individu untuk melakukan kegiatan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan, motivasi juga berarti faktor fakto yg ada dlam diri seseorang yang menggerakkan prilakunya untuk memuhi tujuan tertentu,motivasi juga merupakan slah satu topik yang sering diteliti dlam peilaku organisasi ,juga sebagai proses yang ikut menentukan itentitas arah dan ketekunan individy dlan usaha mencapaikan sasaran,Â
- Teori Teori motivasi:
-istilah motivasi merujuk pada kondisi dasar yang mendorong tindakan ,suatu teori menggap harapan dlam lingkungan sebagai menimbulkan bentuk bentuk  tertentu, tujuan dan tindakan yang mengikuti nya, teori ketiga menggap  persepsi atas tempat bekerjabsebagai menimbulkan bentuk bentu tertentu,potensi yang menimbulkan tindakan ,
ada beberapa org yg terkenal Lo!!!waduh kira "siapa ya???Â
jadi penasaran nih?
baik-teori,hearki
 ini di kemukakan oleh seseorang pisikolog yg bernama abraham maslow pada tahun 1943 teori ini mengemukan 5 kebutuhan hidup manusia berdasarkan hirarkinya yaitu mulai dari kebutuhan yg mendasar hingga kebutuhan yang lebih tinggi ,teori ini kemudian dikenal kan dengan teori maslow hirarki kelima kebutuhan tersebut diantara keduanya,Â
-Pengaruh minat dan motivasi belajar :
-persentasi belajar di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, minat dan motivasi adalah faktor internal yang mempengaruhi persentasi belajaran,seseorang yg minat yang rendah, ketika mengawali suatu kegiatan akan memiliki rasa mlas dan tdk tertarik, untuk melanjutkan dan tampa di imbangi motivasi belajar yang tingggi menyebabkan perhatian menghadap pelajaran akan terganggu,
-Faktor Faktor yg mempengaruhi proses pembelajaran?
Yaitu ada 7 Lo!!!Â
1.faktor kecerdasan :yg dimaksud dengan kecerdasan iyalah kemampuan untuk seseorang org melakukan kegiatan berfikir yg bersifat rumit dan abstrak, tidak kecerdasan tdk masing tdk sama, ada yg tinggi ada yg sedang dan ada yg rendah.Â
2.faktor belajar:adalah semua segi kegiatan belajar,misalnya krang dpat memusatkan perhatian kepada pembelajaran yang sednga di hadapi,Â
3.faktor sikap:banyak pengaruh faktor sikap pada kegiatan dan keberhasilan siswa dlam belajar,Â
4.faktor kegiatan:iayalah faktor yg ada kaitannya dengan kesehatan kesegaran jasmani dan keadaan fisik seseorang,Â
5.faktor emosi dan sosial: faktor emosi seperti tdk senang dan rasa suka dan faktor sosial seperti persaingan dn kerja sama sangat besar pengaruh nya dlam proses pembelajaran,Â
6.faktor lingkungan :iyalah keaadaan dan suasana tempat seseorang belajar,Â
7.faktor guru:kepribadian guru hubungan guru dengan siswa  kemampuan guru dngan belajar dan perhatian guru terhadap kemampuan siswa turut mempengaruhi keberhasilan belajar
-Perbedaan gaya belajar siswa,Â
-perbedaan gaya belajar menjadi pokok bahasan yg hampir slaku ada dlam pembahasan tengtang belajar ,perbedaan gaya belajar anak maupun siswa merupakan sesuatu yg dpat menjelaskan perbedaan perbedaan individu dan kondisi proses pembelajaran yg sama,Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H