Mohon tunggu...
khairun nisa nabila
khairun nisa nabila Mohon Tunggu... Guru - khilairun nisa nabila
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

pejuang sukses

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Apasih perbedaan nya belajar dan pembelajaran dalam pisikologi

4 Oktober 2020   23:25 Diperbarui: 5 Oktober 2020   00:06 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

disini penerapan nya!!! screenshot-2020-1004-213312-5f79dd648ede481d4a353e02.pngteori belajar dlam pisikologi merupakan konsep kerja dlam psikologi yg bersangkutan dengan bagaimana pengetahuan diterap lalu di proses pembelajaran,pengaaruh kognitip emosional dan lingkungan serta pengelaman sebelum nya merupakan faktor faktor yg memainkan peronan penting dalam memahi atau membentuk pandangan global juga merupakan hal-hal yg di peroleh dan pengetahuan serta keahlian dipertahankan dikembangkan 

-teori klasik :plato (428-347 sm) mengajukan pertanyaan tentang bagaimana seorang individu mempelajari sebuah hal baru tentang sebuah topik yg sama sekali asing bagi individu tersebut? 

mungkin ini merupakan pertanyaan yang sepele namun anggap lah otak manusia sebagai sebuah komputer maka pertanyaan diataskan berubah menjadi bagaimana kah sebuah komputer dpat menerima imformasi yang di perlukan untuk belajar maupun pembelajaran di secara individual sumber belajar itu adalah teori pembelajaran sosial yang tinggi dalam mengerjakan impian semua kita,

- teori pengkondisian :

klasik luan paulov adalah (1849-1936)secara tidak sengaja menemukan tentang slah satu jenisnya pembelajaran yaitu pengkondisian klasik luan paulov adalah seseorang ahic fisiologi atau rusia yg menemukan riset tentang sistem pencernaan,riset paulov, bertujuan untuk dapat mengerti dengan lebih mengenai pola pecernaannya, 

-teori pengkondisian instrumental

teori belajar dlam psikologi berikutnya adalah pengkondisian instrumental jenis pembelajaran lainnya memiliki banyak kemiripan dengan jenis pembelajaran dengan pengkondisian klasik seperti diatas disebut sebagai pengkondisian instrumental atau pengkondisian aperant yg berasal dri bahasa inggris mengacu kepada bagaimana suatu organisme beroperasi didalam sebuah lingkungan, oleh sebab itu maka pengkondisian instrumental dri bgaimana cara suatu tsb, 

-dlam kehidupan setiap manusia  tdk pernah terlepas dari aktivitasnya yang di lakukan oleh seseorang yang baik sebagai individu atau bagian dari suatu kelompok pada hakekatnya nya adalah kegiatan belajar hal ini berarti  bahwa belajar tdk pernah di batasi oleh usia, tempat maupun waktu karena perubahan yang menuntut terjadinya aktivitas belajar itu juga tdk pernah berhenti, adalun

-definisi belajar dan pembelajaran 

menurut uu nomor -20- 2003 tentang pendidikan nasional bab ketentuan umum pasal 1 ayat 20 disebutkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik sumber belajar pada lingkungan belajar uu nomor 20 tahun 2003 pasal 1 ayat 20 menurut miarso (2008:30)

defenisi ini mengedikasikan bahwa ada 5 jenis interaksi yg dapat berlangsung dlam proses pembelajaran Lo!!! kira"apa ya yaitu? 

1.interaksi antara pendidik dengan peserta pendidik, 

2.interaksi antara sesama pendidik

3.interaksi antara peserta didik dengan nara sumber, 

4.interaksi  peserta didik bersama pendidik dengan sumber belajar yang sengaja di kembangkan, dan

5.interaksi peserta didik bersama pendidik dengan lingkungan sosial dan alam

-sumber pembelajaran  yaitu ada 6 Lo!!! 

1.pesan message:pesan merupakan sumber belajar yang meliputi pesan formal yaitu pesan yang dikeluarkan oleh lembaga  resmi, seperti, memerintah atau pesan yg di sampaikan guru dlam situasi pembelajaran,dan sebagai nya,pesan nonformal yaitu,yg ada lingkungannya masyarakat luas yg dapat di gunakan sebagai bahan pembelajaran ,misalnya cerita rakyat, legenda, ceramah oleh tokoh masyarakat dan ulama,prasasti,relief relief pada candi kitab"kuno dan peninggalan sejarah lainnya, 

2.orang people:semua orang pada dasarnya dpat berperan sebagai sumber belajar ,naamun secara umum dpat di bagikan secara kelompok ,

-kelompok orang yang di desain khusus sebagai sumber belajar utama yg mendidikkan secara profesional untuk mengajar, sepertinya ,guru, konselor, instruktur,dan wdiyaiswara,termasuk kepala sekolah, laboran teknis sumber belajar, pustaka, dan lain lain nya, 

-adalah org yang memiliki profesi selain berada yang aada di lingkungan pendidikan dan profesi nya tdk terbatas, misalnya, politis, tenaga kesehatan, pertanian arsitek pisikolog, lawyer, polisi pengusaha dan lain"

3.bahan materials:bahan merupakan suatu format yg di gunakan untuk menyimpan pesan pembelajaran ,seperti buku paket, buku teks modul ,program vidio, film, oht, (overhead transparency),program slide, alat peraga dan sebgainya(biasa di sebut softawer) 

4.alat device:benda yg berbentuk fisik sering  disebut  juga dengan perangkat kelas(hardware)alat ini berfungsi untuk menjadikan bahan butir ataas 3,

5.teknik:yg dimaksud teknik cara prosedur yg di gunakan orang dlam memberikan pembelajaran guna tercapai tujuan pembelajaran  ,didlamnya mencakup ceramah ,permainan /simulasinya,tanya jawab,  dan sosiodrama,dan sebagai nya,

6latar setting:latar atau lingkungan yg berada didlam sekolah maupun di lingkungan yg berada di luar sekolah, baik yg sengaja  dirancang maupun yg tdk sengaja di rancang  maupun secara tidak langsung tdk secara khusu untuk disiapkan pembelajaran, 

-problematika pembelajaran :adalah berbagai permasalahan yang mengganggu, menghambat,atau mempersulitkan atau bahkan atau mengakibat kan ke gagalan, dalam mencapai tujuan pembelajaran, secara umum proses pembelajaran dapat di telusuri secara umum dri faktor faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran dan keberhasilan,dan pembelajaran di tentukan oleh 3 faktor,bahan baku,instrumen dan lingkungan ,proses tersebut dapat di gambar kansebagaimana berikutnya, 

pembelajaran pada dasarnya merupakan usaha atau mengubah atau meningkat potensi seseorang calon siswa(raw input)menjadi pribadi baru oky*jadi dengan(raw output)  mdengan kualitas yg terbaru deh, (raw output) dengan kualitas tertentu, pembelajaran dan Mengubah sikap, prilaku dan kemampuan seseorang, dri tdk tahu menjadi tahu,dri menjadi tdk mampu, menjadi mampu ,pembelajaran juga berarti meningkat  potensi  seseorang menjadi sedikit tahu menjadi lebih banyak,tahu bahkan dri kurang baik menjadi lebih baik, melalui proses pembelajaran yang di jalani!!!

istilah belajar merupakan suatu istilah yang memiliki keterkaitan yang sangat erat dan tdk dpat di pisahkan satu sama lain dlam proses pendidikan, pembelajaran merupakan  kegiatan yg sangat baik buat kita semuanya,

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun