Pertumbuhan (Growth) adalah proses peningkatan pada diri seseorang yang bersifat kuantitatif). Sedangkan perkembangan (development) adalah proses penumbuhan kapasitas fungsional atau kemampuan kerja organ-organ tubuh kea rah keaddaan yang makin terorganisir.
Fase pertumbuhan dan perkembangan anak-anak :
 1. Masa sebelum lahir (prenatal period)
2. Â Masa baru lahir (new born)
3. Â Masa bayi (babyhood)
4. Balita
5. Masa kanak-kanak awal (early childhood)
6. Masa kanak-kanak akhir (later childhood)
Fase pertumbuhan remaja :
1. Â Masa remaja awal (10-13 tahun)
2. Â Pertengahan masa remaja (14-17 tahun)
3. Â Masa akhir remaja (18 tahun ke atas)
Teori Vygotsky 1) menekankan pentingnya interaksi sosial dan budaya dalam perkembangan
kognitif anak, 2) Kunci perkembangan kognitif adalah bahasa.
Teori Piaget berfokus pada perkembangan kognitif anak, 2)Bahasa adalah hasil dari perkembangan kognitif
Tahapan teori Piaget:
1. 0-2 : Sensorik
2. Â 2-7 : Praoprasional
3. 7-11 : Oprasional Kongkrit
4. 11-Dewasa : Oprasional formal
Perkembangan Psikomotorik adalah perkembangan mengontrol Gerakan tubuh melalui kegiatan yang terkoordinasi antara saraf dan otak, berkaitan dengan Tindakan dan keterampilan.
Jenis keterampilan motoric:
1. Keterampilan motorik halus
2. keterampilan motorik kasar
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H