3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2
Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
Saya Khairani Hasibuan, Calon Guru Penggerak Angkatan 8 dari SMP Negeri 4 Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.
Tujuan Pembelajaran Khusus:
- CGP dapat menganalisis tentang visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video praktik baik yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan masing-masing tahapan B - A - G - J - A dari tayangan video yang ada.
- CGP dapat mengidentifikasi peran pemimpin pembelajaran dari tayangan video.
- CGP dapat menganalisis modal utama apa saja yang dimanfaatkan contoh video praktik baik ini.
Setelah kita bersama-sama berproses, berlatih melihat, dan mengidentifikasi aset serta kekuatan yang dimiliki daerah bersama rekan lainnya, saatnya kita menganalisis tayangan video praktik baik yang menggambarkan pemanfaatan sumber daya sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran murid. Dalam menganalisis video ini, Bapak dan Ibu CGP kembali mengaitkan pengetahuan mengenai visi, prakarsa perubahan, dan BAGJA yang sudah didiskusikan pada modul 1.3 sebelumnya.
https://youtu.be/YMflitCt1yI?feature=shared
1. Kira-kira apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi?
Setelah memperhatikan video yang terdapat pada tautan you tobe diatas, Saya dapat menyimpulkan visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut mengabdi adalah: "Terwujudnya Murid yang Kreatif, Kolaboratif, Inovatif, Mandiri dan Berakhlak dalam Pembelajaran yang Berpihak pada Murid, Nyaman, dan Menyengkan."
2. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video adalah "Mewujudkan Kelas yang Nyaman dan Menyenangkan untuk Belajar."