Mohon tunggu...
Khafah Nurfauziah
Khafah Nurfauziah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Accounting Student at UNPAM

Mahasiswi Universitas Pamulang- S1 AKUNTANSI

Selanjutnya

Tutup

Financial

Strategi Pemasaran Content Marketing di Balik Suksesnya Film "Spiderman: No Way Home"

23 Desember 2021   19:46 Diperbarui: 25 Desember 2021   14:34 657
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Oleh 

Khafah Nurfauziah

211011201155_01SAKP008

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

UNIVERSITAS PAMULANG

Perilisan yang bertetapan dengan liburan sekolah dan juga libur natal membuat Film Spider-Man :No Way Home yang rilis pada tanggal  15 Desember 2021 tembus penjualan tiket sebesar Rp.14,26 triliun. Tak hanya menjadi film top 2 Box Office, film ini juga berada di posisi ketiga penjualan pembukaan terbesar sepanjang masa.

Mengutip dari CNBC, Sony menyebutkan bahwa film terbaru spiderman ini akan menghasilkan US$253 juta selama akhir pekan pertama di bioskop, tetapi siapa sangka film ini tembus hingga US$260 juta untuk pekan awal. 

Dengan perkiraan akan melampaui penjualan "End Game". Ternyata menurut Comscore, film "End Game" tetap pemegang film dengan pembukaan terlaris sepanjang masa.

Banyaknya spoiler yang bermunculan di media masa, membuat penonton berbondong-bondong lebih awal kebioskop pada pekan awal perilisan. Sekitar 25 juta orang diperkirakan menonton film ini. "itu lebih banyak kehadiran daripada setiap pertandingan kandang selama musim NFL" ujar Steve Buck, Chief Strategy Officer untuk EntTelligence.

Melihat penjualan tiket setiap film Marvel Studio yang selalu memecahkan rekor perfilman, membuat publik bertanya, bagaimana strategi pemasaran mereka hingga siapapun sangat ingin menonton film spiderman terbaru ini?.

Berdasar data dari statista tahun 2018, Content Marketing menjadi strategi yang paling efektif didunia pemasaran era digital sekarang ini. Seperti yang kita ketahui bahwa dulunya Marvel hanya perusahaan yang hanya memproduksi komik, sekarang menjadi salah satu perusahaan hiburan raksasa, bahkan siapa yang tidak tahu perusahaan Marvel Studio.

Perusahaan ini memiliki strategi pemasaran yang kuat hingga tingginya antusias masyarakat untuk menonton setiap film yang diproduksinya.

Diartikel ini kami sudah merangkumnya. Mari simak penjelasannya!

Apa itu CONTENT MARKETING?

Content Marketing  adalah sebuah strategi pemasaran untuk menyebarkan konten yang  bersifat relevan dan konsisten untuk menarik audiens dan menjadikan konsumen yang menghasilkan keuntungan.

Berikut poin-poin content marketing yang diterapkan oleh Marvel Studio terhadap film yang diproduksinya.

Bangun karakter berbeda melalui konten

Pembangunan karakter oleh marvel akan sulit dikalahkan karena jitunya strategi yang dibuat. Cara mereka bertahan didunia perfilman adalah dengan menciptakan superhero Marvel yang memiliki ciri khas dan karakter berbeda baik ditampilkan dalam komik ataupun layar kaca bioskop.

Dengan produksi karakter hero yang sangat kuat dan terus-menerus. Menjadikan mereka luar biasa disambut oleh rasa bahagia juga penasaran  masyarakat. Tidak hanya produksi karakter tetapi alur yang tidak biasa, menjadikan ikonik tersendiri cerita dari film yang diproduksi Marvel Studio.

Ciptakan cerita yang tidak biasa dan berkesan

Seperti yang dituliskan sebelumnya, film Spiderman: No Way Home termasuk kedalam  genre laga, hero, komedi, ilmiah dan juga petualang. Adanya unsur komedi ditengah petualangan dan juga perkelahian membuat kesan berbeda dan tak terlupakan dihati para penonton.

Seperti yang kita ketahui bahwa mulai dari film pertama hingga film spiderman kali ini, memiliki alur yang berkesinambungan. Dengan demikian penonton akan penasaran dengan alur cerita selanjutnya dan pastinya dengan karakter hero baru yang akan muncul.

Waktu yang pas dan rencana masa depan

Saat memasuki dunia perfilman, Marvel memiliki visi dan misi yang kuat dan luar biasa untuk bisa memproduksi sebuah film dan menampilkan kepada masyarakat. Dalam tanggal penayangan yang selalu tepat dengan waktu lenggang masyarakat membuat film ini laris di dunia perfilman.

Selain tanggal penayangan yang tepat, Marvel memakai cara jitu untuk menambah rasa penasaran penonton dengan menampilkan timeline tentang waktu perilisan film berikutnya, seperti perkiraan tanggal 22 mei 2022 akan rilis " Doctor Strange" menimbulkan pertanyaan apakah ini kelanjutan dari series doctor strange yang lalu atau ada kaitannya dengan film spiderman terbaru ini. 

Dengan demikian Marvel Studio sukses dalam perencanaan dan strategi pemasarannya.

Kesimpulan

Setelah mengetahui bagaimana Content Marketing bekerja pada sebuah film yang sangat digandrungi masyarakat pada penghujung tahun 2021. Kamu bisa menggunakan Content Marketing untuk kesuksesan perusahaan/bisnis mu.

"Tidak semua orang bisa membuat perbedaan. Tetapi, bagi saya, pilihan untuk menjadi kehidupan biasa bukan lagi pilihan"-Spiderman-

Mari lakukan yang terbaik untuk kehidupanmu!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun