Bandar Lampung, 17 Juni 2023.
Sama seperti Lokakarya 5 yang lalu, bertempat di SD Al Azhar Way Halim Bandar Lampung, dilaksanakan Lokakarya 6. Hadir pada kegiatan tersebut yakni Tim BGP Provinsi Lampung, Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung dan Provinsi Lampung, 19 Pengajar Praktik (PP), dan 96 CGP yang masing-masing belajar dalam 7 kelas.
Seperti halnya pada lokakarya sebelumnya, kegiatan Lokakarya 6 diawali dengan acara pembukaan dan briefing singkat oleh Bpk. Haryadi dari BGP Provinsi Lampung. Dalam briefing singkat yang dilaksanakan, Bapak Haryadi menyampaikan harapannya bahwa yang paling pokok dari kegiatan PPGP ini adalah bagaimana para CGP mengaktualisasikan dan mempraktikkannya dalam keseharian, bagaimana pembelajaran berpihak pada siswa, apa yang sudah didapatkan selama PPGP berjalan benar-benar tercermin dan ada aksi nyatanya.
Pada lokakarya 6 ini, saya sendiri tergabung di kelas 6 dan berpasangan dengan rekan PP Agatha Nila Sukma. Kegiatan pembukaan Lokakarya 6 di kelas berlangsung kurang lebih 45 menit. Setelah diadakannya games perkenalan, tepat pukul 09.00 para CGP dan PP memulai aktivitas lokakarya. Saya PP Heri Risdiyanto dengan para CGP 1) Andre Hari Wibowo, SMAN 1 Bandar Lampung; 2) Barbara Nunung Ika Titianti, SMP Xaverius 4 Way Halim; 3) Esti Hariani, SMA Al-Kautsar Bandar Lampung; 4) Veronika Leni Megawati, SLB Growing Hope; 5) Zusuf Amien, SMAN 16 Bandar Lampung, sudah siap sedia mengikuti kegiatan lokakarya.
Aktivitas Pembelajaran di Ruang Kelas Lokakarya 6
Seperti lokakarya sebelumnya, setelah pembukaan secara resmi, kegiatan Lokakarya 6 selanjutnya dilaksanakan di ruang kelas masing-masing sesuai dengan pembagian jadwal. Ada 7 ruang kelas, yang masing-masing kelas rata-rata di huni oleh 10--15 CGP dan 2 atau 3 orang PP.
Agenda kegiatan di Lokakarya 6 yang bertemakan "Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah  " terbagi dalam beberapa kegiatan/sesi, diantaranya:
1. Pembukaan
2. Berbagi Tujuan Program
3. Rencana Pengembangan Sekolah
4. Dimana Saya Sekarang?
5. Ambil Pelajaran Lakukan Perbaikan
6. Rencana Penguatan Kompetensi Diri
7. Tindak Lanjut dan Penutup
Adapun Tujuan yang diharapkan pada Lokakarya 6 Â adalah: 1) Peserta menghasilkan rencana kerja 1 tahun untuk pengembangan sekolah; 2) Peserta dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang mendukung sekolah; dan 3) Peserta dapat Menyusun rencana penguatan kompetensi diri untuk mendukung program sekolah.
Kegiatan awal di kelas I dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh  PP Heri Risdiyanto dengan menyampaikan tujuan sesi, dimana: 1) CGP dapat menciptakan koneksi dengan peserta lainnya dan PP; serta 2) CGP dapat memahami tujuan dan agenda pada lokakarya ini.
Agenda lokakarya selanjutnya memasuki pada kegiatan inti, kami melakukan dulu kesepakatan kelas yang berisi tentang aturan dan kesepakatan dalam ruang kelas yang meliputi kesepakatan dalam waktu, partisipasi, fokus, ketertiban, toleransi, dan kebersihan. Setelah semuanya sepakat, barulah kami belajar dan berdiskusi pada kegiatan inti sesi 1. Produk yang dihasilkan dalam sesi ini, antara lain: 1) Rencana kerja pengembangan sekolah yaitu tahapan J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Ekseskuisi); 2) Hasil Identifikasi kekuatan diri; dan 3) Rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.
Kemudian PP menayangkan slide PPt, bagaimana alur ketentuan Diskusi Hasil Aksi Nyata tahapan J dan A tersebut.
Memasuki sesi 2 yaitu berbagi tujuan pengembagan sekolah dengan tujuan sesi peserta berbagi hasil tujuan program pengembangan sekolah hasil pelibatan warga sekolah dengan kegiatan masing-masing CGP memvisualisasikan tujuan program sekolah kedalam kertas plano, dimana isinya adalah tujuan program sekolah satu tahun kedepan, mimpi CGP satu tahun kedepan. Murid seperti apa yang CGP bayangkan?, Kepala Sekolah dan Guru-gurunya akan seperti apa?; Lingkungan Belajar sekolahnya seperti apa?; Warga Sekolahnya (termasuk orang tua) akan seperti apa?. Para CGP untuk berbagi program ke rekan lainnya yang masing-masing diberi waktu 5 menit sudah termasuk pemberian tanggapan dan tanya jawab. Seluruh CGP antusias dan bersemangat dalam berbagi.
Sesi selanjutnya yaitu Sesi 3 : Menyusun rencana pengembangan yang dipandu oleh PP Agatha Nila Sukma. Tujuan sesi ini adalah: 1) CGP dapat menyusun rencana pengembangan sekolah yang berpihak pada murid (tahapan Jabarkan rencana dan Atur Eksekusi). Aktivitas para CGP adalah 1) Membuat rencana Program Sekolah ; 2) Memberi umpan balik. Tepat pukul 12.00 sd 13.00 para peserta beristirahat untuk melaksanakan shalat zuhur.
Setelah beristirahat, salat, dan makan yang kurang lebih 60 menit peserta melanjutkan dengan sesi 4, Dimana saya sekarang? Tujuan sesi ini, CGP dapat mengidentifikasi kekuatan dirinya yang dapat mendukung program sekolah yang sudah direncanakan. Identifikasi kekuatan diri dengan mengisi LK 1 yang berisi: 1) Kekuatan diri (Apa kompetensi yang menjadi kekuatan diri CGP untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah) dan 2) Pengembangan kompetensi (Apa kompetensi yang masih perlu CGP kuatkan untuk mendukung rencana program pengembangan sekolah CGP?). Secara berpasangan (dua atau 3 orang) CGP berbagi cerita tentang posisi dirinya.
Memasuki sesi 5, yakni Ambil Pelajaran Lakukan Perbaikan, dengan tujuan sesi CGP dapat memetik pembelajaran dari upaya peningkatan kompetensi guru yang selama ini dilakukan. Siklus Rencana aksi dan refleksi dengan alur: 1) Rencana (Langkah-Langkah untuk melakukan perubahan yang kemudian diwujudkan dalam aksi); 2) Aksi (bergerak atau tindakan melakukan sesuatu); 3) Refleksi/Ambil Pelajaran (Proses merenungkan dan memetik pembelajaran terhadap suatu peristiwa atau kegiatan agar dapat dilakukan perbaikan pada masa yang akan datang).
Selanjutnya memasuki sesi 6: Rencana Penguatan Kompetensi Diri yang dipandu oleh PP Heri Risdiyanto, dengan tujuan sesi: CGP merumuskan rencana penguatan kompetensi diri yang mendukung program sekolah. Alur membuat rencana penguatan kompetensi dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Apa kompetensi yang anda kuatkan?
- Apa indikator keberhasilannya (dikatakan berhasil jika?)
- Apa aktivitas yang akan dilakukan?
- Kapan waktu/periode pelaksanaan?
- Apa sumber daya/dukungan yang diperlukan?
- Bagaimana Anda melakukan refleksi terhadap rencana pengembangan diri Anda? Kapan?
Kegiatan tersebut dituangkan dalam Lembar Kerja (LK) 2: Rencana Penguatan Kompetensi Diri. Semua CGP menuangkannya dalam LK 2 tersebut.
Berikutnya pada sesi 7: Tindak lanjut dan Penutup dengan tujuan sesi yaitu: 1) CGP mengevaluasi dan memetik pembelajaran dari pelaksanaan lokakarya; dan 2) CGP mengetahui tindak lanjut kegiatan yang akan datang. Dengan kertas post-it yang dibagikan PP, para CGP menuliskan Hari ini saya belajar...
Setelah sesi 7, PP bersama CGP menyimpulkan dan tindak lanjut kegiatan. PP mengingatkan para CGP mengenai, 1) Program sekolah dicetak ukuran A3 ( berisi maksimal 9 slide); 2) Foto/poster salah satu aksi nyata yang sudah dilakukan. Pilih salah satu yang menurut CGP paling berkesan; 3) Tiap satu kelompok PP pilih 1 orang CGP untuk berbagi pada lokakarya tujuh. PP mengingatkan juga kepada CGP untuk melakukan penilaian kinerja Pengajar Praktik (PP) di LMS masing-masing.
Produk Yang Dihasilkan dan Ketercapaian Tujuan Belajar
Berdasarkan tujuan dari Lokakarya 6 ini, maka produk yang dihasilkan dan ketercapaian tujuan pembelajaran bisa dilihat dari:Â
1) Â Lembar Kerja 1: Identifikasi Posisi diri yang sudah terisi secara lengkap oleh CGP;
2)  Lembar Kerja 2: Rencana Penguatan Kompetensi Diri  yang sudah terisi secara lengkap oleh CGP; dan
3) Â Rencana Kerja 1 tahun untuk pengembangan sekolah yang telah diperbaiki dan mendapat umpan balik masing-masing CGP.
Kesimpulan dan Refleksi Pembelajaran
Hal yang perlukan untuk menciptakan tranformasi ekosistem Pendidikan di sekolah adalah inovasi dalam dunia pendidikan. Langkah awal yang bisa dilakukan bersama adalah melakukan problem solving. Kemampuan awal dalam menemukan masalah dan memecahkan masalah dengan baik. Tiga poin penting dalam melakukan problem solving yaitu: terintegrasi, saling gotong royong, dan kolaborasi sebagai satu kesatuan dalam rangka mengawal kemajuan pendidikan.
Mas Menteri pernah mengatakan bahwa, "Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak". Oleh karenanya, PP Heri Risdiyanto mengamini dan mengajak semua guru khususnya CGP Angkatan 7 Bandar Lampung untuk terus bergerak menciptakan pembelajaran yang berarti dan berpihak pada murid demi kemajuan pendidikan di Kota Bandar Lampung tercinta.Â
Terimakasih, Salam Guru Penggerak!
Tergerak, Bergerak, dan Menggerakkan.
PP Heri Risdiyanto-Khadin Bangsawan
Video pelaksanaan lokakarya 6 dapat dilihat pada tautan berikut!Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI