Mohon tunggu...
Khadin Bangsawan
Khadin Bangsawan Mohon Tunggu... Guru - Nil Satis Nisi Optimum

Tidak ada yang lebih baik kecuali menjadi yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ini Nih yang Menjadi Catatan Lokakarya 5, Yuk Disimak!

5 Juni 2023   05:49 Diperbarui: 5 Juni 2023   07:02 6309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bandar Lampung, 03 Juni 2023.

Seperti lokakarya sebelumnya, setelah pembukaan secara resmi, kegiatan Lokakarya 5 selanjutnya dilaksanakan di ruang kelas masing-masing sesuai dengan pembagian jadwal. Ada 7 ruang kelas, yang masing-masing kelas rata-rata di huni oleh  15–16 CGP dan 3 orang PP. Saya sendiri, PP Heri Risdiyanto (Khadin Bangsawan) tergabung di ruang 1 bersama PP Samsuri dan PP Yeni Rahmawati. CGP yang saya bina pun hadir dan mengikuti semua sesi, yakni CGP Andre Hari Wibowo, S.Pd., M.M., seorang Guru PJOK yang penuh prestasi sebagai coach atletik; CGP Barbara Nunung Ika Titianti, S.S., M.M., Guru Bahasa Inggris dari SMP Xaverius 4 Wayhalim yang penuh dedikasi dalam mengembangkan potensi peserta didiknya melalui berbagai kegiatan; CGP Hj. Esti Hariani, S.Sos., M.Pd., Guru Sosiologi di SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, pribadi yang penuh semangat dan selalu menjadi motivator bagi rekan-rekan sejawat dan para CGP lainnya; CGP Veronika Leni Megawati, S.Pd., seorang guru dan juga terapis di SLB Growing Hope, sosok yang penuh kesabaran dan terampil dalam membimbing anak-anak yang berkebutuhan khusus; serta CGP Zusuf Amien, S.Pd., Guru Bahasa Prancis di SMAN 16 Bandar Lampung, seorang guru yang penuh humoris namun selalu serius dalam menjalankan program baiknya di sekolah maupun di komunitas profesinya.

Agenda kegiatan di Lokakarya 5 yang bertemakan “Kolaborasi dalam Pengelolaan Program Yang Berpihak Pada Murid “ terbagi secara garis dalam 5 kegiatan/sesi.

1)    Pembukaan;
2)    Diskusi Hasil Aksi Nyata B (Buat Pertanyaan) dan A (Ambil Pelajaran);
3)    Menyusun Strategi Pelibatan Aktor Dalam Fase Gali Mimpi;
4)    Membuat Rencana Program; dan
5)    Penutupan.

Dokpri
Dokpri

Tujuan Lokakarya

Tujuan yang diharapkan pada Lokakarya 5 adalah: 1) Calon Guru Penggerak mampu memaknai data yang diperoleh dalam tahapan B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) untuk menjadi informasi dalam merancang fase Gali mimpi; 2) Calon Guru Penggerak dapat menentukan aktor-aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi sekaligus menyusun strategi pelibatan aktor tersebut; dan 3) Calon Guru Penggerak dapat mulai membuat perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.

Kegiatan awal di ruang 1 dimulai dengan pembukaan yang dipandu oleh kami bertiga dengan menyampaikan tujuan sesi, dimana: 1) Calon Guru Penggerak dapat menciptakan koneksi dengan peserta lain dan Pengajar Praktik dan 2) Calon Guru Penggerak dapat memahami tujuan dan agenda pada lokakarya ini lalu memberikan Ice Breaking  dan menyampaikan Tujuan Lokakarya 5.

Kegiatan pembukaan dengan durasi waktu 30 menit dilanjutkan dengan perkenalan masing-masing PP dan CGP yang dikemas sedemikian rupa sehingga kegiatan perkenalan bisa menarik.

Agenda lokakarya selanjutnya memasuki pada kegiatan inti, kami melakukan dulu kesepakatan kelas yang berisi tentang aturan dan kesepakatan dalam ruang kelas yang meliputi kesepakatan dalam waktu, partisipasi, fokus, ketertiban, toleransi, dan kebersihan. Setelah semuanya sepakat, barulah kami belajar dan berdiskusi pada kegiatan inti Sesi 2: 1) Calon Guru Penggerak melakukan cek poin hasil aksi nyata B (buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran); 2) Calon Guru Penggerak mendapatkan umpan balik untuk rencana tindak lanjut B dan A; 3) Calon Guru Penggerak menghasilkan rencana tindak lanjut B dan A.

PP Heri Risdiyanto menayangkan slide PPt, bagaimana alur ketentuan Diskusi Hasil Aksi Nyata tahapan B( Buat Pertanyaan) dan A(Ambil Pelajaran). Kelompok di bagi menjadi 4 kelompok dimana dalam kelompok masing-masing para CGP berbagi cerita hasil aksi naya B dan A pada modul 3.3, saling memberikan umpan balik, membuat bahan presentasi dalam diskusi kelompok tersebut. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya yang difasilitasi oleh PP.

Dokpri
Dokpri

Sesi selanjutnya yaitu Sesi 3 : Menyusun strategi pelibatan Aktor dalam Fase Gali Mimpi yang dipandu oleh PP Samsuri. Tujuan sesi ini adalah: 1) Calon Guru Penggerak dapat mengidentifikasi aktor-aktor yang perlu dilibatkan dalam fase gali mimpi; 2) Calon Guru Penggerak dapat menyusun strategi pelibatan aktor tersebut. Kegiatan disesi ini CGP berkelompok menjadi 5 kelompok. Kemudian mendiskusikan aktor siapa saja yang akan dilibatkan dalam gali mimpi, diskusi strategi pelibatan aktor tersebut, membuat bahan presentasi diskusi kelompok. Waktu diskusi adalah selama 30 menit dan sesi pesentasi selama 5 Menit.

Setelah beristirahat kurang lebih 1 jam, kegaiatan aktifitas kelas dilanjutkan dengan sesi 4 yaitu membuat rencana program. Dimana di sesi ini para CGP bekerja secara individu membuat rencana program. Membuat rencana program bagian judul, tujuan, dan latar belakang. Waktu kerja secara individu selama 45 menit. Hasil masing-masing CGP ditulis di kertas plano yang nantinya akan dipamerkan di gallery work.

Dokpri
Dokpri

Sesi 4 ini dipandu oleh PP Heri Risdiyanto. Di gallery work ini para CGP mengawalinya dengan menempelkan rencana program masing-masing individu disekeliling ruangan. Program yang dibuat CGP diantaranya: ARJUNA (Aku Raih Juara Nasional) dari CGP Andre Hari Wibowo; BERITA LIME (Berani Bercerita Lima Menit) dari CGP Barbara Nunung Ika Titianti; HOME STAY dari CGP Esti Hariani; DAYSCATION dari CGP Veronika Leni Megawati; dan MADING MODIS ari CGP Zusuf Amien.

Setelah ada petunjuk dan arahan dari PP, para CGP memulai galery walk, CGP berkeliling membaca rencana program rekan lain sembari membawa post it, dimana di post it tersebut CGP menuliskan pertanyaan kritis atau masukkan tentang program rekan lain kemudian menempelkannya dengan mencantumkan identitas. Setelah melakukan gallery walk kurang lebih 45 menit, para CGP kembali ke kertas plano yang dibuatnya untuk melakukan perbaikan sesuai dengan post-it yang ada di kertas planonya yang berupa pertanyaan atau masukkan tentang program yang dibuatnya. Waktu dalam sesi perbaikan selama 15 menit.

Bersama PP para CGP melakukan review dan penguatan dari aktivitas gallery walk tersebut.

Dokpri
Dokpri

Memasuki sesi akhir yaitu sesi 5/penutupan yang di pandu PP Yeni Rahmawati, yang mana tujuan sesi ini adalah: 1) CGP melakukan refleksi pembelajaran atas lokakarya yang dilalui; 2) CGP mengetahui apa yang perlu disiapkan untuk sesi pendampingan individu selanjutnya. Selanjutnya dalam fefleksi lokakarya 5 menggunakan alur 3P, yaitu 1) Perasaan (Bagaimana perasaan CGP setelah mengikuti sesi lokakarya 5 ini?); 2) Pembelajaran (Apa saja yang telah CGP pelajari di sesi lokakarya ini?); dan 3) Penerapan (Bagaimana CGP menerapkan pembelajaran tersebut di sekolah masing-masing CGP?). Refleksi tersebut dituliskan di post-it dan ditempelkan di kertas plano. Di akhir sesi, 2 perwakilan CGP berbagi apa yang dituliskan secara langsung.

Setelah sesi 5 berakhir, PP mengingatkan untuk para CGP untuk kegiatan PI 6 dimana para CGP akan: 1) Menyebarkan kuesioner survei feedback 360o sesuai peran dan jenjang yang diampu oleh CGP dengan responden kepala sekolah, rekan guru (5 orang), dan perwakilan murid CGP (5 orang); 2) CGP mengisi self evaluation; dan 3) Melakukan diskusi terkait pemetaan aset (pelaksanaan sebelum PI 6 dilakukan). 

Dokpri
Dokpri

Adapun hal-hal yang harus dilakukan CGP pada proses ini diantaranya, adalah:

a. Menentukan jadwal diskusi Pemetaan aset dengan Kepala Sekolah;

b. Mengundang aktor (Kepala sekolah, rekan guru, murid, orang tua, tokoh setempat dan perwakilan gender) yang terlibat dalam diskusi;

c. Membuat notulen hasil diskusi;

d. Mengambil foto kegiatan; dan

e. Mengumpulkan hasil pemetaan.

Dokpri
Dokpri

Produk Yang Dihasilkan dan Ketercapaian Tujuan Belajar

Berdasarkan tujuan dari Lokakarya 5 ini, maka produk yang dihasilkan dan ketercapaian tujuan pembelajaran bisa dilihat dari:

1) Calon guru penggerak mampu memaknai data yang diperoleh dalam tahapan B (Buat pertanyaan) dan A (Ambil pelajaran) untuk menjadi informasi dalam merancang fase Gali mimpi di kegiatan sesi 2;

2) Calon guru penggerak dapat menentukan aktor-aktor yang akan dilibatkan dalam fase gali mimpi sekaligus menyusun strategi pelibatan aktor tersebut di sesi 3; dan

3) Calon guru penggerak dapat mulai membuat perencanaan program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. Bisa dilihat di Galery Walk masing-masing CGP telah membuat rencana program dimana ada judul,tujuan dan latar belakang sesuai dengan penjelasan bagaimana membuat program tersebut.

Dokpri
Dokpri

Kesimpulan dan Refleksi Pembelajaran

Kutipan yang menjadi acuan dan selalu dijalankan oleh PP Heri Risdiyanto adalah Nil Satis Nisi Optimum (Tidak ada yang lebih baik kecuali menjadi yang terbaik). Hal ini pula yang dijadikan dalam simpulan dan refleksi pada proses pembelajaran selama lokakarya. Pembelajaran yang penuh dengan makna untuk menggelorakan semangat para CGP dalam mengimplementasikan praktik baik dan program positif agar para CGP menjadi agen perubahan di sekolahnya msing-masing. Oleh karena itu mari kita maknai pembelajaran di Lokakarya 5 ini dengan sepenuh hati.

Salam dan bahagia selalu.

PP Heri Risdiyanto_Khadin Bangsawan

Video pelaksanaan lokakarya 5 dapat dilihat pada tautan berikut! 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun