Nama CGP Â Â Â Â : Heri Risdiyanto
Asal            : SDN 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung
Kelompok      : C2
PRAKARSA
PERUBAHAN
                              Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid
TAHAPAN
                    Pertanyaan
Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan
B-uat pertanyaan (Define)
· Praktik baik apa dapat Anda temukan dari mengenal dan menggali potensi murid di sekolah?
· Hal apa yang masih perlu diperbaiki dalam pelaksanaan mengenal kekuatan dan menggali potensi murid?
· Inovasi apa yang dilakukan dalam melaksanakan strategi pengenalan kekuatan dan menggali potensi murid?
- Mengamati kegiatan pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid di sekolah yang sudah dilakukan.
- Mencatat hal baik dalam pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid di sekolah.
- Mencatat hal yang masih perlu perbaikan dalam mengenal dan menggali potensi murid di sekolah.
- Mencatat dan mendesain inovasi perubahan yang dapat dilakukan
A-mbil pelajaran (Discover)
- Siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid di sekolah Anda?
- Bagaimana peran masing-masing pemangku kepentingan dalam mengenal dan menggali potensi murid di sekolah Anda?
- Mengidentifikasi pihak yang terlibat dalam pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid di sekolah.
- Mencatat masing-masing peran dari pemangku kepentingan dalam mengenal dan menggali potensi murid di sekolah.
G-ali mimpi (Dream)
- Bagaimana mekanisme pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid di sekolah Anda yang menyenangkan bagi anak dan berpihak pada anak?
- Apa kebiasaan yang dapat diterapkan dalam mengenal dan menggali potensi murid di sekolah Anda?
- Mendesain bentuk pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid dengan meningkatkan hal yang sudah baik dan memperbaiki yang belum maksimal.
- Mencatat respon atas kebiasaan postif yang diterapkan dalam mengenal dan menggali potensi murid di sekolah.
J-abarkan rencana (Design)
- Seperti apa keterlibatan pemangku kepentingan dalam melakukan perubahan mengenal dan menggali potensi murid?
- Bagaimana cara melakukan perubahan yang positif?
- Bagaiamana respon murid dengan perubahan yang ada?
- Melakukan kolaborasi dengan pemangku kepentingan dalam mendesain kegiatan mengenal dan menggali potensi murid.
- Terus berusaha untuk melakukan hal-hal yang positif dan tidak mengindahkan orang lain yang mencibir.
- Meyakinkan kepada murid dan orang tua agar yang dilakukan adalah hal positif.
A-tur eksekusi (Deliver)
Kegiatan perubahan apa yang dapat dilakukan dalam mengenal dan menggali potensi murid?
- Melaksanakan program perubahan yang telah disusun pada rencana perubahan dengan melibatkan pemangku kepentingan.
Harapan setelah mengeksekusi strategi yang dirancang
Mengenal Kekuatan dan Potensi Murid Biasa
Mengenal Kekuatan dan Potensi Murid Versi Baru
Hanya tim guru yang terlibat dalam pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid.
Melibatkan orang tua dan praktisi di bidang perkembangan anak.
Hasil dari kegiatan mengenal kekuatan dan potensi murid terkadang diabaikan dalam proses pembelajaran kedepannya
Hasil dijadikan tolak ukur dalam menentukan strategi pembelajaran masing-masing murid.
Dokumentasi sebelum, saat, dan sesudah pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid tidak dikelola dengan baik.
Semua dokumentasi akan dikelola dengan baik agar menjadi acuan bagi semua pihak.
Pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid terkesan formalitas saja.
Pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid akan dilakukan dengan sungguh-sungguh.
Tidak ada daftar tilik pertanyaan untuk pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid.
Ada daftar tilik pertanyaan untuk pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H