Mohon tunggu...
Khadin Bangsawan
Khadin Bangsawan Mohon Tunggu... Guru - Nil Satis Nisi Optimum

Tidak ada yang lebih baik kecuali menjadi yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Demonstrasi Kontekstual-Menerapkan Inkuiri Apresiatif (Modul1.3) PGP

9 November 2021   06:00 Diperbarui: 15 Maret 2023   19:27 246
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama CGP         : Heri Risdiyanto

Asal                      : SDN 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung

Kelompok           : C2

PRAKARSA

PERUBAHAN

                                                           Strategi Pengenalan Kekuatan dan Potensi Murid

TAHAPAN

                                       Pertanyaan

Daftar tindakan yang perlu dilakukan untuk menjawab pertanyaan

B-uat pertanyaan (Define)

· Praktik baik apa dapat Anda temukan dari mengenal dan menggali potensi murid di sekolah?

· Hal apa yang masih perlu diperbaiki dalam pelaksanaan mengenal kekuatan dan menggali potensi murid?

· Inovasi apa yang dilakukan dalam melaksanakan strategi pengenalan kekuatan dan menggali potensi murid?

  • Mengamati kegiatan pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid di sekolah yang sudah dilakukan.
  • Mencatat hal baik dalam pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid di sekolah.
  • Mencatat hal yang masih perlu perbaikan dalam mengenal dan menggali potensi murid di sekolah.
  • Mencatat dan mendesain inovasi perubahan yang dapat dilakukan

A-mbil pelajaran (Discover)

  • Siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid di sekolah Anda?
  • Bagaimana peran masing-masing pemangku kepentingan dalam mengenal dan menggali potensi murid di sekolah Anda?
  • Mengidentifikasi pihak yang terlibat dalam pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid di sekolah.
  • Mencatat masing-masing peran dari pemangku kepentingan dalam mengenal dan menggali potensi murid di sekolah.

G-ali mimpi (Dream)

  • Bagaimana mekanisme pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid di sekolah Anda yang menyenangkan bagi anak dan berpihak pada anak?
  • Apa kebiasaan yang dapat diterapkan dalam mengenal dan menggali potensi murid di sekolah Anda?
  • Mendesain bentuk pelaksanaan mengenal dan menggali potensi murid dengan meningkatkan hal yang sudah baik dan memperbaiki yang belum maksimal.
  • Mencatat respon atas kebiasaan postif yang diterapkan dalam mengenal dan menggali potensi murid di sekolah.

J-abarkan rencana (Design)

  • Seperti apa keterlibatan pemangku kepentingan dalam melakukan perubahan mengenal dan menggali potensi murid?
  • Bagaimana cara melakukan perubahan yang positif?
  • Bagaiamana respon murid dengan perubahan yang ada?
  • Melakukan kolaborasi dengan pemangku kepentingan dalam mendesain kegiatan mengenal dan menggali potensi murid.
  • Terus berusaha untuk melakukan hal-hal yang positif dan tidak mengindahkan orang lain yang mencibir.
  • Meyakinkan kepada murid dan orang tua agar yang dilakukan adalah hal positif.

A-tur eksekusi (Deliver)

Kegiatan perubahan apa yang dapat dilakukan dalam mengenal dan menggali potensi murid?

  • Melaksanakan program perubahan yang telah disusun pada rencana perubahan dengan melibatkan pemangku kepentingan.

Harapan setelah mengeksekusi strategi yang dirancang

Mengenal Kekuatan dan Potensi Murid Biasa

Mengenal Kekuatan dan Potensi Murid Versi Baru

Hanya tim guru yang terlibat dalam pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid.

Melibatkan orang tua dan praktisi di bidang perkembangan anak.

Hasil dari kegiatan mengenal kekuatan dan potensi murid terkadang diabaikan dalam proses pembelajaran kedepannya

Hasil dijadikan tolak ukur dalam menentukan strategi pembelajaran masing-masing murid.

Dokumentasi sebelum, saat, dan sesudah pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid tidak dikelola dengan baik.

Semua dokumentasi akan dikelola dengan baik agar menjadi acuan bagi semua pihak.

Pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid terkesan formalitas saja.

Pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid akan dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Tidak ada daftar tilik pertanyaan untuk pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid.

Ada daftar tilik pertanyaan untuk pelaksanaan mengenal kekuatan dan potensi murid.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun