Mohon tunggu...
Kennily Kho
Kennily Kho Mohon Tunggu... Akuntan - Kennily Kho

ig : kennilykho

Selanjutnya

Tutup

Financial

Efforts to Increase Public Awareness of The Importance of Financial Management Through Game Application

8 Juli 2020   10:34 Diperbarui: 8 Juli 2020   10:29 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, tingkat kesadaran masyarakat atas pentingnya pengelolaan keuangan juga harus ikut meningkat. 

Dengan menghadirkan aplikasi permainan yang mengajarkan cara pengelolaan keuangan dengan skenario -- skenario nyata, upaya peningkatan kesadaran masyarakat pun akan berjalan dengan pendekatan "belajar menyenangkan". Mengenalkan pengelolaan cash flow sejak dini pastinya akan berdampak positif terhadap perkembangan kaum muda Indonesia.

Financial Health Index (2019) menyatakan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Indonesia atas penting nya perencanaan keuangan masih sangat rendah.

Sedangkan perencanaan keuangan keluarga merupakan faktor yang cukup penting untuk kesejahteraan masyarakat.

Kebutuhan akan edukasi keuangan yang sulit didapat dari pendidikan dasar telah mencapai angka yang cukup tinggi. Maka dari itu, dalam rangka pengedukasian masyarakat --terutama kalangan muda mengenai pengelolaan keuangan maka tim kami merancang aplikasi permainan "How to Get Rich". Tujuan utama kami adalah untuk membuat belajar menjadi menyenangkan.

Tim kami berambisi untuk merancang permainan dengan konsep familiar sehingga mudah untuk dipahami, sekaligus tetap mempromosikan edukasi mengenai pengelolaan keuangan.

Kami berharap kaum muda Indonesia dapat lebih sadar mengenai pentingnya pengelolaan keuangan sejak dini.

Pendekatan penelitian yang kami pilih adalah kajian literatur dan metode pembahasan. Populasi dalam penelitian kami adalah masyarakat Indonesia.

Dasar perancangan aplikasi "How to Get Rich" terinpirasi dari buku Robert T.Kiyosaki berjudul "Rich Dad, Poor Dad" dimana beliau mengajarkan cara -- cara mengelola keuangan sejak dini.

Dalam penelitian, kami berupaya untuk mengenalkan ajaran beliau ke masyarakat yang lebih luas melalui aplikasi permainan "How to Get Rich" ini.

Alat yang digunakan berupa komputer.

Permainan ini terinspirasi dari permainan monopoli klasik, dengan 4 pemain, namun dimulai dengan memilih Goals yang ingin dicapai oleh pemain nya masing -- masing.

Goals merupakan target destinasi yang ingin dituju saat telah sukses --dalam artian kaya.

Setelah itu, masing -- masing pemain diberi Salary (Active Income) sebanyak Rp 4.000.000,- per 3 kesempatan kocok dadu.

Pemain juga dapat meminjam uang untuk memenuhi kebutuhan nya masing -- masing, namun pinjaman tersebut akan dikenai bunga.

Pemain akan mengocok dadu untuk memulai langkah pertama, angka dadu akan membawa pemain ke berbagai macam situasi yang dijalani manusia dalam hidup sehari -- hari, seperti : melahirkan anak, membayar utang, membeli aset, belanja, dan sebagainya.

Pemain juga akan memiliki kesempatan untuk berinvestasi jika Cash Flow telah mencapai Rp 10.000.000,-

Cash Flow dihitung dari mencatat kas masuk dan keluar dari aktivitas -- aktivitas yang tersedia.

Jika pemain telah memutuskan untuk berinvestasi dan jika investasi nya sukses,  maka pemain akan memiliki Passive Income, namun jika gagal, maka pemain akan mengalami Loss on Investment

Pemain akan memenangkan permainan "How to Get Rich" saat telah mencapai Passive Income yang cukup banyak untuk memenuhi Goals mereka masing -- masing.

Pemain akan gagal jika Cash Flow telah mencapai angka Rp 0,- dan terdapat beban yang masih harus dibayar. Maka, pemain akan dinyatakan Bankrupt.

Dengan adanya permainan "How to Get Rich", masyarakat akan lebih sadar mengenai pentingnya pengelolaan uang dan investasi sejak dini. Aplikasi "How to Get Rich" juga mempromosikan metode "belajar menyenangkan" yang akan lebih diterima kalangan banyak dibanding pembelajaran konvensional.

Terimakasih kepada Dekan Universitas Internasional Batam, Fakultas Ekonomi Universitas Internasional Batam, Ketua Program Sarjana Akuntansi, Dosen Mata kuliah Manajemen Teknologi Informasi, Orang Tua, teman, serta semua pihak yang telah membantu proses pengerjaan ujian akhir semester 4 mata kuliah Manajemen Teknologi Informasi sehingga paper ini dapat disajikan dengan sedemikian rupa.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun