Dandy Fahlevi Nurhadi Putra, Cinta Auliya Kusuma Ananda, Salman Rafi, Muhammad Sulthan Yasin, Najwa Khairina Fadhilah, Shabrina Rahmania, Thara Carissa Kameshwara, Azzrial Arfiansyah
S1 Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
NIM: 1. 2310512070; 2. 2310512044; 3. 2310512052; 4. 2310512055; 5. 2310512058; 6. 2310512071; 7. 2310512072; 8. 2310512084
Email: 1 dandyfahlevi@gmail.com ; 2 cintahk2004@gmail.com ; 3 rafisalman96@gmail.com ;Â
 4 sulthanzain28@gmail.com ; 5 fadh.najwa@gmail.com ; 6 shabrinaniaa@gmail.com ; Â
7 thara.carissa26@gmail.com ; 8 azzriala@gmail.comÂ
Abstrak
Pendidikan di era digital menuntut peningkatan dan pemahaman terkait keterampilan software pada pelajar agar mereka dapat bersaing pada era digital dimana teknologi berkembang dengan pesat. Melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), tujuan utama dari kegiatan penyuluhan software skill ini yang ingin kami capai adalah memperkenalkan siswa-siswi kelas 8.4 SMPN 107 Jakarta dengan konsep dasar dari pemrograman sebagai langkah awal untuk memahami dasar-dasar teknologi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat adalah melalui penyuluhan. Dalam kegiatan ini, siswa dan siswi secara aktif terlibat, dimana materi disampaikan melalui serangkaian kegiatan yang interaktif dan menyenangkan sehingga tercipta suasana pembelajaran yang nyaman bagi siswa SMPN 107 Jakarta. Dengan adanya kegiatan PKM ini, diharapkan dapat mendorong minat siswa untuk mengasah software skill lebih lanjut. Hasil dari kegiatan ini adalah menciptakan siswa, terutama siswa kelas 8.4 SMPN 107 Jakarta, yang siap menghadapi tuntutan teknologi saat ini maupun di masa yang akan datang. Siswa dan siswi mampu mengaplikasikan konsep-konsep dasar pemrograman yang akan berguna bagi para siswa terutama yang masih minim pengetahuan atau dasar daripada konsep ilmu pemrograman yang akan berguna bagi para siswa kedepannya.
Â
Kata Kunci: Iptek; Pemrograman; Siswa; Skill; Software;Â