Berbicara mengenai optimalisasi liga sepak bola, maka kita berbicara mengenai banyak variabel penting. Salah satu variabel yang elementer adalah perihal sponsor.
Suatu liga akan berkembang, jika sponsornya juga berkembang. Sponsor adalah salah satu faktor penting dalam mengelola sebuah liga sepak bola. Dengan adanya sponsor, liga akan memiliki dana yang cukup untuk mengadakan pertandingan dan menyediakan fasilitas yang diperlukan. Selain itu, sponsor juga dapat membantu meningkatkan popularitas liga dengan melakukan promosi melalui berbagai macam media.
Jika Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) sebentar lagi akan menyambut Kongres Luar Biasa (KLB) pada tanggal 16 Februari nanti dengan menjadikan revolusi PSSI sebagai tujuannya, maka revolusi dalam sektor liga dengan membuat pengelolaan sponsor yang lebih baik, harus menjadi tugas utama agar revolusi tersebut bisa dicapai.
Belajar ke EPL
Salah satu liga raksasa di Eropa yang layak untuk kita jadikan rujukan jika hendak belajar bagaimana mengelola liga kita (dalam hal ini adalah sponsor) lebih baik, adalah Liga Inggris atau English Premier League (EPL).
Pengelolaan liga sepak bola di Inggris telah sukses menjadikannya salah satu liga terbaik di dunia. EPL telah mampu menarik perhatian penonton dari seluruh dunia. Â Salah satu strategi yang sangat penting untuk dipelajari adalah pengelolaan liga di Inggris dalam menarik dan mengelola sponsor.
EPL telah berhasil menarik banyak sponsor besar, seperti Nike, EA Sports, dan Budweiser. Hal ini membantu meningkatkan pendapatan liga dan menyediakan dana yang cukup untuk mengadakan pertandingan dan menyediakan fasilitas yang diperlukan.
Hadirnya sponsor-sponsor besar ini, EPL dapat menyediakan fasilitas yang lebih baik seperti lapangan yang lebih baik, pelatih yang lebih berkualitas, dan perlengkapan yang lebih modern. Hal ini akan membantu meningkatkan kualitas pertandingan dan meningkatkan kepuasan penonton.
Tak hanya itu, ragam sponsor ini pulalah yang membantu EPL dalam mengembangkan talenta muda. Banyak sponsor yang menyediakan dana untuk program akademi atau klub sepak bola muda. Hal ini membantu mencari dan mengembangkan talenta-talenta muda berbakat yang akan menjadi pemain berbakat di masa depan.
Untuk itu, penting bagi sepak bola Indonesia, utamanya bagi pihak yang memiliki kaitan langsung dalam hal pengelolaan dan manajemen seperti PSSI, untuk belajar pada pengelolaan EPL. Ini dimaksudkan agar kesuksesan yang telah diraih oleh EPL, bisa kita praktikkan juga di Indonesia.
Dengan mengoptimalkan tata kelola sponsor yang lebih baik, diharapkan hal itu dapan menjadi sokongan bagi perhelatan liga-liga sepak bola yang ada Indonesia bisa meningkatkan mutu dan kualitas, baik dalam sektor pengelolaan, performa dan kualitas pemain, wasit, infrastruktur, dan tentu saja, prestasi di nasional dan internasional.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H