Mohon tunggu...
SURYO BUDI TRIAWAN
SURYO BUDI TRIAWAN Mohon Tunggu... Guru - mengalirlah seperti air tapi tetap kuat seperti karang yang menjulang di tengah laut

Teacher, Motivator, Trainer, Writer, Blogger, Fotografer, Father, Pembicara Seminar, dan Workshop Tingkat Nasional. , Learning, dan PTK. Suryo adalah Guru otomotif tkr Hatinya telah jatuh cinta dengan kompasiana pada pandangan pertama, sehingga tiada hari tanpa menulis di kompasiana. Kompasiana telah membawanya memiliki hobi menulis yang dulu tak pernah ditekuninya. "Menulislah di blog Kompasiana Sebelum Tidur". HP. 0877 8968 6800 email : kebonjeruksmk3@gmail.com Kreator: SURYO_EDUCATION Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas. Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

4 Fungsi dari Ban Motor

16 April 2023   20:03 Diperbarui: 17 April 2023   08:11 275
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ban pasti sudah paham yah  berbentuk bulat seperti donat yang memiliki fungsi untuk menggerakan kendaraan dari titik satu ke titik lain lalu apa saja sih fungsi pada ban tersebut yuk kita bahas satu persatu supaya paham 

kapan terakhir kita mengganti ban motor apakah menunggu ban halus dan botak pastinya tidak kan karena pada setiap kendaraan akan memiliki batas usia pemakaian kode umur dan keterangan lain bisa kita lihat lebih detail di area samping kanan kiri pada ban itu sendiri 

yuk cek masa kadaluarsa ban supaya aman dalam mudik apalagi musim penghujan seperti saat ini ban sangat penting fungsinya bagi kendaraan setiap ban memiliki type ban basah dan ban kering yang keperuntukanya di masing masing cuaca dan kondisi 

mari kita bahas fungsi utama pada ban itu sendiri 

1. Menahan beban kendaraan itu sendiri

beban kendaraan sepenuhnya akan di tahan pada komponen ban jika motor pasti otomatis memiliki beban antara 200 kg plus dengan pengendara 300 kg maka ban harus menahan beban gesek pada aspal sebesar 300 kg/n dan memiliki prosentase umur ban 3-5 tahun tergantung pada penggunaan beban statis atau dinamis

jika penggunaan kendaraan tidak terlalu keras dalam artian motor jarak tempuh tidak terlalu berat maka umur ban juga akan otomatis lebih lama di bandingkan dengan jika kendaran berbeban berat 

lalu apa saja perawatan yang harus di perhatikan pada ban itu sendiri yaitu tekanan ban juga sebagai faktor penentu umur pada ban karena ban juga harus memiliki tekanan ban yang sesuai dengan setandar pabrikan 

2. Memindahkan putaran menjadi gerak maju 

ketika kita bicara kendaraan semua gaya berputar yang di hasilkan pada engin yang akan di rubah menjadi gerak rotasi pada ban sehingga kendaraan akan berputar maju seperti fungsinya untuk memindahkan kendaraan itu sendiri dari titik satu ke titik lainya 

putaran terjadi ketika bahan bakar dan udara bertemu di ruang bakar dan mendorong piston naik turun dari titik mati atas ke titik mati bawah gerakan naik turun selanjutnya di rubah oleh poros engkol menjadi gerak rotasi berputar pada sumbunya lalu di teruskan menuju ban oleh rantai penghubung 

3. Mampu meredam getaran

fungsi pada ban juga meredam getaran yang terjadi pada aspal jika kita naik motor dan naik sepeda pasti bisa merasakanya ketika lewat daerah berlubang getaran akan sampai tulang jika kita menggunakan sepeda 

tapi jika pakai motor maka otomatis terbantu getaran oleh shockabsorber nah hampir sama seperti itu kalau mungkin di jelaskan fungsi peredam pada ban 

yaitu meredam guncangan pada aspal dan kendaraan dengan bahan karet  mampu menahan agar lebih lembut bisa kita bayangkan seperti ban kereta yang tidak menggunakan ban maka akan sangat berasa getaran yang terjadi 

4. Mampu menjaga dan merubah  arah kendaraan 

Ban selanjutnya memiliki fungsi untuk merubah arah kendaraan dengan gaya peredaman yang baik sehingga kendaraan dapat berbelok ke kanan dan kekiri sesuai dengan keinginan driver dengan bantuan stang juga yah kalau tidak ada setang juga tidak bisa berbelok sendiri 

kecuali di bulan ramadhan biasanya sering oleng yah ke warteg sendiri wkwkw 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun