Yuk persiapan mudik jangan lupa cek dan ganti kampas rem kesehatan kendaraan akan terasa jika semua kondisi motor dalam posisi yang fit sistim pengereman pada kendaraan ini adalah terpenting sepertihalnya puasa kita di ajarkan menahan hawa nafsu dari makan dan minumÂ
agar menjadi orang yang semakin peka terhadap sesama dan mampu menjadi orang lebih baik lagi dengan fungsi rem juga sama yaitu menahan laju kendaraan agar mudah kita kendalikan bisa kita gambarkan ketika kendaraan tidak bisa kita kendalikan apa yang terjadi  mungkin hal - hal yang tidak kita inginkan bisa terjadi
oleh sebab itu penting sekali yuk cek area pengereman yang akan kita bahas adalah pengereman pada bagian depan yang sudah kita tahu pastinya ada dua rem depan dan rem belakangÂ
beban kendaraan semua akan tertahan pada area depan sehingga penting sekali performa kendaraan khususnya rem depan jangsampai lost dan terjadi blong lalu apa saja yang perlu di perhatikan mari kita bahas satu persatu pertama harus kita tahu komponen komponen pada sistim pengeremanÂ
1. Kampas remÂ
kampas rem berguna untuk menekan langsung pada area piringan cakram yang ketika tertekan maka otomatis cakram akan melambat oleh karena itu carilah komponen kampas yang baik dan sesuai dengan sepesifikasi kendaraan yang kita punya , jangan tergiur harga yang miring tapi KWÂ
lebih baik kita mengeluarkan sedikit uang extra tapi mendapat kampas rem yang baik kita tidak tahu medan seperti apa ketika pulang kampung semua komponen ketika berada pada kemampuan yang optimal maka pastinya kita akan aman dan terhindar dari hal-hal mara bahaya yg akan di hadapiÂ
kampas rem yang buruk juga akan mengikis pada permukaan cakram sehingga pengereman akan oleng jika di paksakan maka akan terjadi selip bahkan istilahnya rem senin kamis yaitu di tekan senin mobil berhenti hari kamis ngeblong  , apalagi di musim lebaran sudah pasti rem ini sangat di andalkan ketika macet macetanÂ
intinya sangat penting untuk melakukan perawatan berkala jangan sampai menunggu rusak supaya aman dan sampai dengan selamat bisa berkumpul dengan keluargaÂ
2.disbrake / piringanÂ
selain kampas yang baik kita juga harus memperhatikan komponen disbrike komponen ini memang cukup tebal sehingga kita kadang sedikit lalai untuk melakukan pengecekanÂ
pengecekan diantaranya pada sudut run out yaitu kemiringan pada permukaan dis apakah simetris atau tidak jika di ukur hasilnya kurang dari standar bisa di bubut agar senter kembali dengan dial gauge kita bisa mengetahui sudut run out pada dis tapi kalau di bengkel otomatis kita bisa cek di mekaniknyaÂ
tinggal konsultasi dengan mekanik apakah masih aman di gunakan atau perlu di lakukan pembubutan itu sesuai dengan toleransi pada setiap kendaraan hal ini terjadi karena salah satu kampas tidak mendorong sempurna apakah karena menggunakan sperpart KW tau memang ada gangguan lainÂ
seperti roda yang tidak balancing juga bisa menyebabkan run out tidak bagus oleh sebab itu sangat perlu sekali untuk melakukan pengecekan area piringan iniÂ
3.caliper remÂ
tidak akan terjadi pengereman yang baik tanpa adanya caliper rem ini aadalah sebagai tempat atau rumah dari kampas agar bergerak maju mundur dengan baik jika komponen caliper ini bermasalah maka akan terjadi beberapa hal yang di rasakan seperti gredeg pada banÂ
memang jarang terjadi hal demikian tapi dengan bertambahnya usia kendaraan maka hal ini akan sangat berasas pada kendaraan oleh karena itu penting kita melakukan pengecekan area tersebut jangan sampai retak dan kotor karena jika terjadi retak maka akan sangat tidak baik kinerja pada rem tersebut
mungkin ini yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini next akan kita bahas bagaimana melakukan perawatan pada komponen kendaraanÂ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H