Di dalam radiator yang kuat terdapat kipas yang berputar normal adalah sebuah gambaran pada sisitim pendingin yang optimal ketika terdapat kerusakan pada area kipas ini maka cukup riskan terjadi overhead pada kendaraan.Â
Kipas radiator atau fan adalah komponen yang memiliki fungsi untuk mengalirkan udara masuk kedalam mesin melalui kisi kisi pada radiator yang selanjutnya akan mendinginkan sirkulasi air pada radiator menuju mesin dan bersirkulasi kembali ke udara luar yang selanjutnya menyerap panas pada kendaraanÂ
Sebagai pemilik kendaraan kita di tuntut mengetahui apa saja fungsi dan cara kerja serta mengetahui apa saja yang mengakibatkan kerusakan pada area pendingin ini.
Yuk kita simak jenis fan atau kipas ada dua jenis yaitu manual fan dan elektrik fan. Mungkin masih bingung dengan kedua fan yah, ok kita pelajari.Â
Satu satu untuk manual fan adalah sistim pendingin fan yang di gerakan oleh poros engkol sedangkan untuk elektrik fan di gerakan langsung oleh motor listrik yang ketika panas berlebih akan otomatis menyala.
Dari gambaran di atas bisa kita sedikit ambil kesimpulan untuk masing masing jenis fan memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing yah dan cara kerjanya untuk elektrik fun dapat disimpulkan mampu mengefisien beban kerja pada mesin karena pully tidadk terbebani oleh fan.
Lalu apa saja yang merusak komponen fan pada radiator?
Visco fan rusakÂ
Apa itu visco adalah komponen di dalam fan yang berfungsi untuk memutar fan dengan kecepatan apabila komponen pada visco ini rusak maka akan trobel , adapun cara kerjanya tergantung pada putaran mesin jika mesin berada pada suhu rendah maka visco akan selip sehingga kipas berpuitar sangat lambatÂ
Dan begitu juga dengan sebaliknya ketika mesin pada suhu tinggi maka putaran akan semakin kencang dan kemungkinan tergelincirnya fan akan sangat bermasalah
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H