Warga Garut mungkin sudah tidak asing lagi dengan Ramayana Mal Garut. Pusat perbelanjaan yang diresmikan pada tahun 2012 ini membangun perluasannya dan mengganti namanya menjadi Ciplaz (sebagaimana Ramayana dikota lain). Tidak tanggung tanggung, PT Jakarta Intiland selaku pengelola berani menambahkan hotel dan waterpark dan menjadikanannya sebagai mixed use pertama di kota Dodol.
Pada 16 Oktober lalu, penulis (sebagai perwakilan Skyscrapercity Garut) mendapat kesempatan mengikuti acara Gathering Ciplaz Garut bersama influencer Garut yang diadakan PT Jakarta Intiland dan pihak manejemen Ciplaz Garut. Acara ini digelar di studio 2 XXI Ramayana Garut. Disini, pihak manajemen menspill banyak informasi detail terkait Ciplaz Garut.
Perwakilan Jakarta Intiland, bu Silvi mengatakan Hadirnya Ciplaz Garut tidak bisa lepas dari potensi Kabupaten Garut sebagai "Swiss Van Java" dan menjadi tujuan destinasi wisata.
"Kami merasakan bahwa Garut itu adalah rumah kita semua untuk bermain, untuk istirahat, untuk merasakan alamnya dan itu adalat tempat yang sangat indah untuk semua orang"
Menurut bu Silvi juga, perusahaannya sudah beberapa kali menggelar acara refreshing di Garut. Bahkan penulis mendengar kabar bahwa penjualan Ramayana di Garut sangat tinggi. Hal inilah yang membuat Jakarta Intiland memutuskan untuk memgupgrade Ramayana Mal Garut.
Ciplaz Garut mengusung konsep family, lifestyle, vibrance, compact dan nature. Didalamnya akan diisi brand baru baik nasional maupun internasional yang belum pernah ada di Garut. Hingga tulisan ini dibuat, sudah ada beberapa tenant yang akan bergabung seperti Yoshinoya, Marugame Udon, IboX, Hokben, Ta Wan, Miniso, Raa Cha. Bahkan restoran lokal Liwet Asep Stroberi juga berencana membuka cabangnya di lantai GF.
Beberapa tenant Ciplaz Garut sudah diungkap oleh akun instagram @garut.projectsÂ
Mayoritas nama besar diatas biasanya ada di kota kota besar di Indonesia, untuk level kabupaten tentu hal ini sangat istimewa. Nama tenant tersebut sudah cukup familiar bagi warga Garut karena mereka banyak yang rela pergi jauh ke kota tetangga hanya untuk menghabiskan uang di cabang tenant tersebut.
Secara zonning, Mall Ciplaz Garut terbagi ke dalam tiga zona pada masing masing lantai. yakni The Essentials pada lantai LG, The Family Square pada lantai GF, dan The Playfull pada lantai UG. Lantai UG lebih ke kebutuhan esensial seperti supermarket, apotek, kecantikan furniture. Sedangkan lantai LG akan diisi resto ternama, gadget dan optik. Lantai UG diisi fashion, resto kecil, dan hal berbau enterntaiment.
Tidak hanya sebagai tempat berbelanja, Ciplaz Garut juga ingin menjadi rumah bagi komunitas yang ada Garut untuk meneyelenggarakan event maupun berkumpul. Sebagaimana yang diungkapkan bu Silvi :
"Kita dari awal semangat untuk menghadirkan event. Ciplaz ini adalah salah satunya adalah untuk tempat kita ngariung, semua kegiatan masyarakat Garut kita siapkan tempatnya. Tentu kita sangat happy"
Nantinya ada atrium dengan luas sekitar 120-150 meter berkonsep ampitheater. Atrium ini bisa muat 8 kendaraan jika ada pameran otomotif. Selain itu, area mall lama, halaman depan, ballroom hotel hingga area waterpark juga disiapkan sebagai space bagi penyelenggaraan event di Ciplaz Garut. Ciplaz juga akan menyiapkan tempat khusus bagi komunitas maupun perorangan untuk berkreasi mulai dari studio untuk podcast, live streaming medsos, dance studio dan lainnya.
Pemgunjung Ciplaz semakin dimanjakan dengan adanya hotel bintang 5. Tidak main main, brand yang didatangkan yakni Mercure Hotel dari Grup Accors. Hotel ini rencananya akan dilengkapi ballroom, fitness center serta cafe yang menyuguhkan pemandangan perkotaan Garut dari lantai 3. Hotel ini juga akan menjadi andalan bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Garut.
Tepat disamping bangunan mall, akan hadir Tropikana Waterpark. Waterpark ini akan dibuat sebagaimana Tropikana di Tangerang atau Cirebon. Tropikana Water Park bisa menjadi pilihan bagi warga Garut dan sekitarnya untuk menghabiskan waktu liburan maupun akhir pekan.Konsep tropis dengan warna-warna cerah di berbagai sudut akan menjadi daya tarik bagi wahana air ini, serta menjadi spot instagramable karena desainnya yang aesthetic. Dibagian depan juga akan dibuatkan space khusus untuk F&B dengan nama "Paradiso".
Ciplaz Garut lokasinya sangat strategis, ada di jantung perkotaan Garut yang tak jauh dari Alun Alun dan Pengkolan (pusat kota). Ciplaz Garut juga bisa diakses dengan bermacam trayek angkutan umum (angkot) yang mengarah ke Terminal Guntur. Dengan fasilitas yang super lengkap ini, Ciplaz Garut siap menjadi icon baru bagi Kota Dodol sekaligus destinasi wisata baru yang akan memberikan pengalaman berbelanja dan berlibur yang mengesankan bagi para pengunjungnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H