Mohon tunggu...
katri susanti
katri susanti Mohon Tunggu... Guru - guru Sekolah Dasar

susan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

PGP Angkatan 2 Kab Bengkalis, Katri Susanti, Pengelolaan Program Berpihak pada Murid

9 November 2021   15:00 Diperbarui: 9 November 2021   15:11 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PGP – ANGKATAN 2 KAB BENGKALIS 

 KATRI SUSANTI  

AKSI NYATA MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID.

PROGRAM POKJAR ALAM

  1. Peristiwa ( Fact)
  • Latar belakang

Pembentukan program sekolah ini didasari oleh visi dan misi sekolah yang bertujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan berbasis pada lingkungan. SDN 14 Mandau merupakan sekolah dengan lingkungan masyarakat yang belum begitu berkembang dalam bidang Teknologi. Keterbatasan budaya tersebut menjadi kekuatan dalam menciptakan program sekolah dengan pembelajaran yang berbasis lingkungan.

Pada awalnya program ini hanya dikembangkan pada guru-guru di sekolah saja dalam rangka mewujudkan sekolah adiwiyata. Namun agar potensi seluruh aset sekolah dapat dengan maksimal terkelola secara baik dan merata maka sangat baik jika dibuat program yang dapat mengeksplor seluruh aset di sekolah secara merata.

Oleh karena itu, program ini dibuat dengan mengidentifikasi seluruh aset sekolah yang dapat dimanfaatkan untuk mencapai pembelajaran yang berpihak pada murid sebagai wujud melatih kepemimpinan pada murid. Kemudian mengajak murid untuk terjun langsung memanfaatkan lingkungan alam yang sekitar sebagai bahan pembelajaran baik di sekolah dan di dirumah.

Program ini melibatkan seluruh warga sekolah, termasuk orang tua dan masyarakat disekitar sekolah agar program ini dapat dimanfaatkan bagi komunitas sekolah dan luar sekolah

  • Alasan Melakukan Aksi Nyata

Program POKJAR Alam ini merupakan pembelajaran yang yang mampu mengeksplor segala potensi yang dimiliki sumber daya sekolah terutama pada murid. Baik mulai dari kepemimpinan, budaya positif, mengenal potensi sekolah dan pemanfaatan sekaligus mendaur ulang kembali bahan-bahan tidak terpakai untuk melindungi alam. Program ini juga diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik dengan pemangku kepentingan seperti komite sekolah, masyarakat, serta Dinas Pendidikan.

  • Tujuan dari program ini adalah:
  1. Mewujudkan visi dan misi sekolah sesuai dengan pembentukan visi misi pada lokakarya 3.
  2. Mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.
  3. Mewujudkan SDN 14 Mandau menjadi sekolah adiwiyata.
  4. Menanamkan jiwa kepemimpinan pada murid.
  5. Meningkatkan potensi aset sekolah secara baik dan merata
  6. Menjadikan sekolah tempat yang belajar yang nyaman dan aman.
  • Hasil Aksi Nyata

Hasil dari Program Pokjar Alam ini adalah terbentuknya Kelompok Belajar (Pokjar) di sekolah yang terdiri dari para murid dan dibina oleh guru pembimbing masing-masing sesuai dengan kesepakatan.

Dari setiap Pokjar mewakili murid lainya di sekolah dalam pembelajaran yang berbasis pada lingkungan alam, mulai dari menjaga lingkungan, memanfaatkan lingkungan sekolah untuk kegiatan, mendaur ulang benda-benda yang tidak berguna menjadi barang yang estetis (indah), serta menciptakan sekolah hijau dan asri.

Adapun Pokjar Alam yang dibentuk adalah :

  1. Pokjar Perkebunan
  2. Pokjar Pertamanan
  3. Pokjar Bio pori / kompos
  4. Pokjar 3R ( Reduce, Reuse, Recycle)
  5. Pokjar Pemilahan Sampah
  6. Pokjar Humas
  7. Pokjar Green Gouse

Dari ketujuh Pokjar tersebut telah berjalan 4 program dan selebihnya masih dalam tahap persiapan.

  • Perasaan ( Feeling)

Program Pokjar Alam ini berisi kegiatan-kegiatan yang berbau dengan lingkungan alam sekitar sekolah. Pembelajaran berbasis lingkungan dapat langsung dirasakan oleh seluruh warga sekolah. Bagi guru ini merupakan cara yang baik dalam melestarikan budaya positif di sekolah, dan berkesinambungan dengan pembelajaran yang berpihak bagi murid di sekolah.

Selama menjalankan program ini Alhamdulillah dari kepala sekolah dan guru memiliki semangat yang tinggi dalam mengeksplor segala potensi mereka. Sedangkan murid –murid merasa sangat senang dengan berbagai kegiatan pembelajaran yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya.

Dengan berjalannya program ini merupakan perasaan yang sangat haru dan senang bagi diri CGP, karena selama pelaksanaan program ini memberikan kesan-kesan yang sangat menyenangkan baik dengan seluruh rekan kerja maupun dengan murid-murid di kelas.

  • Pembelajaran  ( Finding)

Hingga saat ini Program Pokjar Alam telah memberikan manfaat yang banyak kepada sekolah dan kushusnya sangat membantu dalam pembelajaran yang berpihak pada murid. Hal ini dapat dilihat dari adanya pemanfaatan lingkungan sekolah yang tadi masih ada beberapa aset lingkungan yang tidak digunakan setelah adanya program maka berubah menjadi lingkungan yang bermanfaat. Selain itu budaya cinta lingkungan menjadi semakin berkembang dengan baik bagi seluruh warga sekolah maupun masyarakat.

Dalam pembelajaran yang berpihak pada murid terlaksana dengan baik, dimana secara mandiri murid mampu dalam mengelola kekuatan diri dapat tereksplor pada kegiatan-kegiatan alam yang bermakna baik secara kehidupan maupun dalam pembelajaran di sekolah.

  • Masa Depan ( Future)

Program Pokjar Alam ini sangat bermanfaat bagi seluruh sumber daya sekolah. Sehingga kedepannya akan memberikan outcome yang sangat luar biasa baik bagi kemajuan sekolah maupun dalam kehidupan murid di masa akan datang.

Dalam evaluasinya kegiatan ini membutuhkan kerjasama yang baik serta butuh waktu dan proses yang panjang. Diharapkan Program Pokjar Alam dapat bertahan dan berkelanjutan secara konsisten, agar manfaatnya dapat terlihat dengan jelas dan dirasakan secara menyeluruh bagi kemajuan sekolah.

Perbaikan yang dapat dilakukan dalam menghadapi segala rintangan adalah terus melihat potensi yang ada pada aset-aset sekolah yang dapat menunjang kelancaran kegiatan ini.

  • Dokumentasi Kegiatan Pokjar Alam

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun