Air mineral AQUA adalah merk air minum dalam kemasan yang diproduksi oleh AQUA Grup sejak tahun 1973. Penulis akan menganalisis Komunikasi Visual dalam iklan produk AQUA #AdaAQUA.
Teori Ferdinan De Saussure mengatakan bahwa bahasa adalah suatu sistem tanda dan setiap tanda tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu signifier (penanda) dan signified (petanda). Tanda merupakan suatu kesatuan dalam bentuk Penanda dengan sebuah ide atau petanda. Dengan kata lain penanda adalah bunyi yang bunyi yang bermakna atau coretan yang bermakna. Penanda adalah aspek material dari bahasa, sedangkan Petanda adalah gambaran mental, pikiran atau konsep.
Tanda (sign) : dua orang pria sedang berboncengan masuk keminimarket.
Penanda (signifier) :
Aqua” kemudian temannya menjawab “Nanti Aja”.
Petanda (signified) : dua orang pria sedang berboncengan masuk ke minimarket, kemuadian salah satu pria membuka lemari pendingin dan menawarkan sebotol air sambil berkata “MauTanda (sign) : seorang pria keluar dari pintu market dan menaiki motor.
Penanda (signifier) :
Petanda (signified) : seorang pria keluar dari mini market, kemudian menepuk pundak temannya sambil berkata “Yuk Jalan”.
Tanda (sign) : Dua orang pria berada diatas motor saling bertatapan dan kemudian menjauh.
Penanda (signifier) :
Pertanda (signified) : Dua orang pria sedang berasa di atas motor saling bertatapan dan kemudian menjauh dan terdengar suara “kurang minum menurunkan konsentrasi dan fokus”, lalu pria itu berkata “Ada AQUA?”.
Menurut teori Roland Berthes denotasi merupakan sistem signifikasi (pemaknaan) tahap pertama, sedangkan konotasi tingkat kedua,dan mitos adalah yang terakhir. Denotasi menggunakan makna dari tanda sebagai definisi secara literal yang nyata. Konotasi mengarah pada kondisi Sosial Budaya dan Asosiasi Personal.
Analisis Scene Pertama
Makna denotasi dalam iklan tersebut adalah :
Dua orang sedang berboncengan masuk ke minimarket, kemudian salah satu pria membuka lemari pendingin dan menawarkan sebotol air sambil berkata “Mau Aqua?” , kemudian temannya menjawab “Nanti Aja”.
Makna Konotasi dalam iklan tersebut adalah :
Dua orang pria turun dari motor dan memasuki minimarket untuk berbelanja dan salah satu pria menawarkan minuman.
Makna Mitos dalam iklan tersebut adalah :
Dua orang pria turun dari motor dan memasuki minimarket untuk berbelanja. Lalu mengapa disebut mitos? Yaitu karena seseorang yang masuk minimarket belum tentu berbelanja.
Analisis Scene Kedua
Makna denotasi dalam iklan tersebut adalah :
Seorang pria keluar dari minimarket dan menaiki motor, kemudian menepuk pundak temannya sambil berkata “Yuk Jalan”.
Makna Konotasi dalam iklan tersebut adalah:
Seorang pria keluar sari minimarket.
Makna Mitos dalam iklan tersebut adalah :
Seorang pria keluar dari minimarket dan menaiki motor. Lalu mengapa disebut Mitos? Yaitu karena seorang yang masuk ke minimarker tidak selamanya menaiki motor.
Analisis Scene Terakhir
Makna denotasi dalam iklan tersebut :
Dua orang pria sedang berada diatas motor saling bertatapan dan kemudian menjauh, dan terdengar suara “kurang minum menurunkan konsentrasi dan fokus”, lalu pria itu berkata “Ada Aqua?”.
Makna Konotasi dalam iklan tersebut :
Dua orang pria sedang diatas motor.
Makna mitos dalam iklan tersebut :
Dan terdengan suara “Kurang minum menurunkan konsentrasi dan fokus”. Lalu mengapa disebut mitos? Yaitu karena kurang minum belum tentu menurunkan konsentrasi dan fokus.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H