Mohon tunggu...
Katedrarajawen
Katedrarajawen Mohon Tunggu... Penulis - Anak Kehidupan

Merindukan Pencerahan Hidup Melalui Dalam Keheningan Menulis. ________________________ Saat berkarya, kau adalah seruling yang melalui hatinya bisikan waktu terjelma menjadi musik ... dan berkarya dengan cinta kasih: apakah itu? Itu adalah menenun kain dengan benang yang berasal dari hatimu, bahkan seperti buah hatimu yang akan memakai kain itu [Kahlil Gibran, Sang Nabi]

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Konsisten di Kompasiana

1 Januari 2011   09:10 Diperbarui: 26 Juni 2015   10:04 238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Kompasiana, membuat saya jadi konsisten untuk terus menulis sampai saat ini. Ada kekuatan tersendiri yang saya sendiri tidak tahu.

* Tepat hari pertama tahun 2011, tanpa terasa sudah 409 hari saya bergabung di Kompasiana, sejak 22 Oktober 20109 menjadi anggota. Selama waktu itu, tiada terputus saya menjadi penghuni setia dengan selalu mengunjungi Kompasiana. Setiap hari selalu menulis untuk diterbitkan. Kecuali 28 Oktober 2010, saya tidak bisa menerbitkan tulisan, karena tidak bisa membuka Kompasiana sama sekali. Padahal sudah menulis dua tulisan yang siap diterbitkan.

Banyak suka duka yang telah saya alami. Pujian dan kritikan, bahkan hinaan pernah menghampiri. Menjadi terpopuler dan bahkan terprovokator sudah saya rasakan. Masuk headlines sehari dua kali pernah saya rasakan. Bahkan di "banned" masuk headlines pun sudah saya alami.

Terus terang saya sendiri tidak mengetahui dengan jelas kekuatan apa yang membuat saya mempunyai tenaga ekstra untuk terus menulis tanpa henti sampai hari ini. Semuanya saya curahkan hanya di Kompasiana.

Bila sebelumnya setiap tulisan saya terbitkan dahulu di blog pribadi baru saya pindahkan ke Kompasiana. Saat ini justru terjadi kebalikannya. Tulisan saya terbitkan dahulu baru kemudian saya pindahkan ke blog pribadi. Kompasiana memang sudah menjadi media nomor satu yang selalu saya kunjungi dan memfokuskan diri untuk konsisten menulis. Tanpa hari tanpa Kompasiana. Selalu ada kerinduan yang kuat dan menggebu untuk berinteraksi didalamnya dari waktu ke waktu sampai saat ini.

Pernah mencoba menulis di media lain_Politikana.com_ tetapi hanya sementara. Walaupun tulisan sering masuk headline dan banyak pengunjungnya. Tetap saya merasa nyaman untuk terus menulis di Kompasiana. Bahkan saya membuat satu akun lagi khusus untuk menampung tulisan fiksi_puisi dan prosa_ dan catatan ringan.

Karena kekonsistenan ini, tak heran membuat saya menjadi salah satu penulis teraktif sampai saat ini. Seribu lebih tulisan telah dihasilkan. Sesuatu hal yang tak pernah terpikirkan dan terbayangkan bisa saya lakukan sebelumnya.

Konsisten, saya yakin yang menjadi salah satu sebab saya bisa terus menulis di Kompasiana. Selalu ada keinginan untuk berbagi dengan mencurahkan sepenuhnya pikiran dan hati. Waktu selalu disediakan agar bisa menulis. Sampai ada yang mengira saya adalah bagian_pegawai Kompasiana_ dan mendapatkan bayaran untuk semua yang saya lakukan di Kompasiana. Padahal kenyataannya disini kita semua hanya berkarya tanpa pamrih.

Mungkin sampai saat ini, belum ada hasil yang nyata atas semua kekonsistenan ini. Tetapi yang jelas selalu ada motivasi untuk terus menulis. Apakah ada keinginan menjadikannya sebuah buku? Sampai saat ini, terus terang belum! Lebih kepada menikmati dan sebagai sarana untuk melatih dan introspeksi diri. Bagi saya ini juga termasuk sebuah konsistensi dalam menulis untuk mendapatkan kepuasan. Menulis sepenuh hati dan sepenuh pikiran, apakah mendapatkan penghargaan atau cibiran, bukanlah masalah lagi bagi saya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun