Mohon tunggu...
Katarsa ID
Katarsa ID Mohon Tunggu... Konsultan - Content Marketing & Digital Strategy

Reach-Engage-Inspire Content Marketing & Digital Strategy for SME, startup & brands who want to explore digital opportunities & grow their businesses www.katarsa.id

Selanjutnya

Tutup

Money

5 Strategi Instagram Marketing yang Akan Melesatkan Bisnis Anda

8 Juli 2019   16:56 Diperbarui: 8 Juli 2019   17:18 632
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pengguna Instagram terus bertumbuh dari waktu ke waktu, bahkan saat ini ada lebih dari satu miliar pengguna secara global. Besarnya angka pengguna tersebut, tak heran membuat Instagram menjadi salah satu medium pemasaran paling penting dan efektif sekarang ini.

Tentunya kemudian Anda berpikir bagaimana Instagram dapat bekerja untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis. Apa bisa hanya melalui konten berupa foto dan video yang disertai caption atau deskripsi singkat produk?

Di sinilah tepatnya kekuatan strategi content marketing alias konten pemasaran yang mumpuni, agar Anda bisa sukses mendorong calon pembeli untuk menggunakan produk yang Anda jual. Berikut Katarsa.id mengupas 5 strategi pemasaran yang jadi kunci sukses berjualan di Instagram, simak di bawah ini:

1. Gunakan tagar

Hashtag atau tagar kini semakin populer berkat fungsinya yang tidak hanya memberikan citra unik pada produk, tapi juga efektif untuk berbagai macam promosi yang sedang dan dan akan Anda lakukan.

Sebagai contoh, sebuah brand hijab yang besar berkat Instagram, Vanilla Hijab (@vanillahijab), cukup aktif menggunakan daya tarik tagar sebagai pelengkap konten pemasarannya. Pelanggan Vanilla Hijab dapat mengikuti perkembangan serial produk khusus yang dinamakan KISAH, melalui tagar #KisahbyVanilla, yang mendapat tempat di tengah para Instagrammers berkat cerita-cerita di balik #KisahbyVanilla. Tagar tersebut juga semakin efektif saat banyak pelanggan Vanilla Hijab yang sudah memakai produk KISAH, membagikannya di Instagram masing-masing dengan tagar yang sama.

2. Kreatif dengan promosi dan hadiah

Saat sudah banyak yang bertanya-tanya dengan kehadiran produk Anda, jangan ragu untuk memberikan beberapa hadiah atau yang lebih dikenal dengan nama giveaway. Hadiah yang dimaksud bisa berupa produk Anda sendiri.

Selain dapat meningkatkan engagement antara produk dan pelangganmu, cara giveaway juga dapat meningkatkan jumlah followers aktif. Caranya dengan mencantumkan syarat untuk follow akun Instagram-mu terlebih dahulu sebelum menjadi peserta giveaway.

Salah satu penerapan giveaway dari sebuah produk baru dapat dilihat pada produk minuman Hydromamma (@hydromama). Dengan mekanisme giveaway yang cukup sederhana, Hydromamma memanfaatkan keunikan produk barunya dan mempromosikannya lewat kegiatan giveaway sekaligus menjaring lebih banyak pelanggan baru.

3. Ceritakan cerita Anda

Buat produk Anda bercerita dengan konten plus bahasa yang lugas, merupakan cara yang cukup efektif agar pelanggan dapat lebih mudah menerima produk Anda. Cerita di balik terciptanya produk yang berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-sehari dari target pelanggan, dapat menjadi cara untuk menjalin kedekatan atau engagement yang lebih positif. Jadi tidak sekadar berjualan, ada nilai-nilai positif yang dapat dibagikan kepada followers.

Hal ini kerap dilakukan oleh Kopi Kenangan (@kopikenangan.id), yang sering membagikan cerita yang diracik khusus sesuai dengan salah satu nama menu kopinya yaitu Kopi Kenangan Mantan. Dengan tagar #KenanganMantan, akun ini sering membagikan cerita-cerita lucu dari para pelanggan yang gagal move on alias masih sayang dengan mantan kekasihnya.

4. Ambil testimoni dari pelanggan

Setelah sukses memasarkan sejumlah produk, tidak ada salahnya meminta testimoni atau ulasan singkat dari para pelanggan. Contohnya dengan meminta pelanggan untuk membagikan pengalaman mereka menggunakan produk Anda melalui akun Instagram pribadinya. Cara seperti ini dinilai efektif karena menggunakan pengalaman yang nyata dan ulasan yang jujur dari pengguna.

Setelah mendapatkan testimoni, jangan lupa bagikan kembali melalui akun Instagram produk Anda, agar konten pemasaranmu semakin kaya. Label mode perempuan Jenna and Kaia (@jennaandkaia.official), juga sering menggunakan cara ini. Selain dapat menambah konten positif, Anda juga bisa menjalin kedekatan yang lebih dengan pelanggan setia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun