Pengguna Instagram terus bertumbuh dari waktu ke waktu, bahkan saat ini ada lebih dari satu miliar pengguna secara global. Besarnya angka pengguna tersebut, tak heran membuat Instagram menjadi salah satu medium pemasaran paling penting dan efektif sekarang ini.
Tentunya kemudian Anda berpikir bagaimana Instagram dapat bekerja untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis. Apa bisa hanya melalui konten berupa foto dan video yang disertai caption atau deskripsi singkat produk?
Di sinilah tepatnya kekuatan strategi content marketing alias konten pemasaran yang mumpuni, agar Anda bisa sukses mendorong calon pembeli untuk menggunakan produk yang Anda jual. Berikut Katarsa.id mengupas 5 strategi pemasaran yang jadi kunci sukses berjualan di Instagram, simak di bawah ini:
1. Gunakan tagar
Hashtag atau tagar kini semakin populer berkat fungsinya yang tidak hanya memberikan citra unik pada produk, tapi juga efektif untuk berbagai macam promosi yang sedang dan dan akan Anda lakukan.
Sebagai contoh, sebuah brand hijab yang besar berkat Instagram, Vanilla Hijab (@vanillahijab), cukup aktif menggunakan daya tarik tagar sebagai pelengkap konten pemasarannya. Pelanggan Vanilla Hijab dapat mengikuti perkembangan serial produk khusus yang dinamakan KISAH, melalui tagar #KisahbyVanilla, yang mendapat tempat di tengah para Instagrammers berkat cerita-cerita di balik #KisahbyVanilla. Tagar tersebut juga semakin efektif saat banyak pelanggan Vanilla Hijab yang sudah memakai produk KISAH, membagikannya di Instagram masing-masing dengan tagar yang sama.
2. Kreatif dengan promosi dan hadiah
Saat sudah banyak yang bertanya-tanya dengan kehadiran produk Anda, jangan ragu untuk memberikan beberapa hadiah atau yang lebih dikenal dengan nama giveaway. Hadiah yang dimaksud bisa berupa produk Anda sendiri.
Selain dapat meningkatkan engagement antara produk dan pelangganmu, cara giveaway juga dapat meningkatkan jumlah followers aktif. Caranya dengan mencantumkan syarat untuk follow akun Instagram-mu terlebih dahulu sebelum menjadi peserta giveaway.